Iklan Header

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Sebelum membahas lebih dalam
cara membuat bot WhatsApp, sudah sewajarnya mengetahui apa itu kegunaannya dan bagaimana kerjanya. 

Hal tersebut untuk memudahkan beberapa pemula yang ingin menggunakan fitur bot wa ini namun belum tahu apa itu sebenarnya, oleh sebab itu simak penjelasan berikut.

Cara Buat Bot di WhatsApp Bisnis yang Mudah dan Sederhana

Sebelum memasuki langkah-langkah, apakah kamu tau apa itu bot WhatsApp? 

Sebenarnya bot WhatsApp ini telah banyak digunakan oleh pelaku usaha karena memang mudah dipakai serta menghemat waktu. Singkatnya teknologi ini diciptakan untuk membantu pengguna seperti contoh Bot WhatsApp Menulis, Bot Nulis Selain Telegram.


Jika Anda pernah mendapatkan chat otomatis dari salah satu akun WhatsApp bisnis, nah itulah contoh sederhana dari bot untuk aplikasi pesan singkat tersebut.


Sedangkan langkah membuatnya pun belum semua pelaku usaha mengetahui, dan berikut ini cara membuat bot wa yang singkat dan sederhana.

  1. Mendaftarkan API WhatsApp Business Menggunakan Kontak Bisnis

Sebelum Anda membuat bot WA, sudah seharusnya mendaftarkan dahulu WhatsApp Business API. 


API adalah singkatan dari Application Program Interface, yang berguna dalam membuat akun WhatsApp untuk bisnis lebih efisien sehingga mudah ke tahap berikutnya.


Pengguna disarankan untuk mendaftarkan terlebih dahulu akun bisnis WhatsApp ke program verifikasi. 


Namun ada beberapa hal yang harus dimiliki agar bisa lolos tahap tersebut. Berikut ini poin-poin syarat mengajukan verifikasi wa untuk sebuah usaha untuk memiliki Bot WhatsApp.

  • Surat Izin Usaha

  • Akta Pendirian Usaha

  • Surat Keterangan Pajak

  • Laporan Rekening Bank, dan masih banyak lagi

Pengajuan verifikasi pertama ini akan masuk ke dalam Facebook dan proses persetujuannya juga dilakukan oleh pihak facebook. 


Jika dilihat cara buat bot chat WhatsApp pertama ini agak sulit, namun jika melakukannya langsung tidak serumit seperti penjelasan pertama ini.

  1. Merencanakan Percakapan yang Akan Digunakan Nantinya

Langkah kedua dalam melakukan cara buat bot WhatsApp mudah ini adalah merencanakan percakapannya. Pada dasarnya bot WA sendiri merupakan sebuah program yang akan membalas sendiri atau balas otomatis, Jadi Anda harus mendesain bentuk percakapannya. 


Berbeda jika kamu membuat bot telegram belajar seperti Bot Brainly Whatsapp dan Telegram Untuk Belajar, maka kamu harus menyiapkan banyak jawaban dari soal-soal seputar sekolah.


Hal yang harus digarisbawahi ketika mendesain adalah pada tujuan pembuatan chatbot, jenis percakapan, serta respon dari chatbot itu sendiri. 


Meskipun terlihat sangat mustahil, tetapi memang fungsi dasar dari bot WA sendiri memang self reply sehingga sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis.

  1. Memasukkan Rancangan Percakapan Yang Sudah Didesain

Setelah rancangan sudah jadi dan sepakat menggunakan percakapan yang kamu desain tersebut, sudah saatnya Anda memasukkan rancangan tersebut. 


Begitu hasilnya disetujui, maka kamu langsung bisa menggunakan bot chat wa ini pada akun yang didaftarkan pertama kali untuk membalas semua kebutuhan penggunanya.


Tanpa adanya rancangan, tentunya bot wa tidak akan berjalan secara maksimal, sehingga mendesainnya terlebih dahulu sangatlah diperlukan, Oleh sebab itulah dimasukkannya ke dalam proses langkah yang bertujuan sehingga dapat maksimal hasilnya.

Bukan untuk Pemula : Cara Membuat Bot WhatsApp dengan Node.js

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Melihat langkah cara-cara berikut ini sepertinya hanya bisa dilakukan oleh ahli dalam coding, namun menggunakannya menjadi cara membuat bot WhatsApp gratis sehingga layak dicoba. 


Langkah-langkah di bawah ini semoga bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan chatbot WA memudahkan bisnis.

  1. Menginstall Node-js untuk Memulai Menciptakan Bot WhatsApp

Langkah pertama dalam pre-coding adalah install Node.js, yaitu semacam program yang menyediakan beragam software hingga aplikasi-aplikasi lainnya. 


Oleh sebab itu, dengan menggunakan Node.js ini diharapkan bisa memunculkan bot WhatsApp di Android maupun gadget sesuai keinginan Anda.


Selain menggunakan Node.js, pengguna juga bisa menginstall Sulla dan menggunakan Kode Editor (VS Code Recommended). Namun biasanya beberapa pengguna selalu mengandalkan Node.js karena dianggap paling mudah dalam menghasilkan chatbot atau bot WhatsApp di gadget atau lainnya.

  1. Coding Time yang Harus Dilakukan oleh Programmer

Mungkin untuk menjelaskan kode-kode dibawah ini harus dilakukan oleh ahli dalam coding karena memang tidak akan mudah jika tidak tahu dasar-dasarnya. 


Kode yang digunakan kemungkinan akan otomatis ter-program pada installan langkah pertama, berikut beberapa langkah coding-nya.

  • Instansiasi Klien, buat file app.js dan tambahkan kode sebagai berikut :

Const sulla = require(“sulla”);

Async function main( ){Const Client = await sulla.create( );}


  • Mengirim Pesan, pada proses ini digunakan untuk mengirimkan id penerima, lalu id tersebut tersusun atas kode negara, nomor HP, dan akhiran “@c.us”. Berikut contoh kodenya :

Const sulla = require(“sulla”);

Async function main( ){ Const Client = await sulla.create( );}

Client.sendtext(“6281326799799@c.us”, “Medium.com”);}


  • Menerima Pesan, metode ini membutuhkan fungsi callback untuk handle pesan masuk. Semua data pengirim seperti id, nama, dan pesan disimpan pada variable message. Berikut kodenya.

Const sulla = require(“sulla”);

Async function main( ){ Const Client = await sulla.create( );}

Client.sendtext(“6281326799799@c.us”, “Medium.com”);}

Client.onMessage((message) => {Client.sendmessage(message.sender.id, “Reply : “ + message.content);});}


  1. Membuat Pesan Respon dari Coding pada Poin di Atas

Pada langkah ini karena bot chat WhatsApp sangat sederhana sehingga harus dijelaskan secara teori. Hal tersebut disebabkan belum dilengkapi oleh kemampuan memahami tulisan dan membaca pikiran. Misalkan saja bot menerima pesan “Selamat Siang” maka balasannya harus “siang juga”.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahasa program, cara membuat bot WhatsApp menggunakan node.js bisa menghubungi programmer agar lebih maksimal. 


Dijelaskan langkahnya seperti apapun akan sulit memahaminya jika belum pernah mengetahui dasar-dasar coding pada teknologi canggih semacam ini.

Cara Membuat Bot WhatsApp dengan PHP dengan Teori Sederhana

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Sama seperti pada cara sebelumnya menggunakan coding, namun untuk langkah ini akan diusahakan memberikan teori
WhatsApp bot sederhana sehingga mudah dipahami. 

Hal tersebut karena memang sulit dijelaskan secara bahasa pemprograman, mengingat tidak semua programmer yang membaca tulisan ini, berikut langkahnya.

  1. Menyiapkan Tugas untuk Bot WhatsApp Kedepannya

Langkah pertama ini Anda sebagai pengguna akan menugaskan bot untuk menjawab setiap WA yang berisi pesan rekening agar selanjutnya akan dibalas dengan menginformasikan nomor rekening. 


Hal tersebut tentunya berkaitan erat pada penggunaannya di WhatsApp bisnis untuk konsumennya.


Nomor rekening ini hanya satu dari berbagai jenis perintah yang biasa digunakan dalam bot untuk WhatsApp, karena mengingat tugasnya untuk membantu pengusaha menjawab pesan secara otomatis. 


Sedangkan pertanyaan umum konsumen sangat banyak, menyiapkan langkah pertama menjadi poin terpenting.

  1. Membuat File Callhooks.php untuk Memaksimalkan Fungsinya

Sudah saatnya tahap coding, coding merupakan metode membuat bot WhatsApp menggunakan php. Buatlah file callhooks.php di folder yang dapat diakses melalui URL domain Anda. 


Misalkan saja menggunakan cPanel, letakkan di root dir domain/subdomain. Contohnya domain utama diletakkan pada public_html.


Dengan membuat langkah di atas saat diakses akan menjadi https://jelajahandroid.com/callhooks.php, jika masih belum paham disarankan menggunakan seorang programmer sehingga mendapatkan hasilnya lebih maksimal daripada mencoba sendiri.

  1. Mengatur Callback URL Pada Konfigurasi WhatsApp

Untuk buat bot di WhatsApp business secara gratis memang sulit jika dilakukan oleh pengguna yang tidak paham bahasa program. Nah untuk langkah ketiga Anda harus mengatur callback agar hasil callhooks.php tadi dipanggil setiap kali ada pesan, hal tersebut alasan mengapa harus mengaturkan callback-nya.


Apa saja yang perlu diisikan ke dalamnya, Anda bisa menemukannya di pengaturan produk WA. Setelah mengisinya klik saja "simpan konfigurasi" lalu restart whatsapp  tersebut agar pengaturan menjadi maksimal. 


Untuk hasil lebih maksimal, disarankan menggunakan seorang jasa programmer karena ini tidak mudah.

Cara Membuat Bot WhatsApp dengan Python dan Chat-API

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Semakin menjamurnya bisnis online membuat beberapa pelakunya memutar otak untuk memudahkan dirinya dan konsumen dalam berkomunikasi. Oleh sebab itu hadirnya bot WhatsApp yang secara otomatis akan menjawab pesan. 

Berikut langkah cara membuat bot wa menggunakan python dan chat-API.

  1. Menghubungkan Akun WhatsApp Bisnis Anda dan Chat-API

Langkah pertama untuk dapat mengakses layanan bot, pertama-tama Anda harus menghubungkan akun WhatsApp dengan Chat-API. Buatlah akun baru di website Chat-API, lalu web tersebut akan memberikan sebuah QR Code. 


Langkah selanjutnya scan code tersebut "go to settings next WhatsApp Web". Setelah masuk ke WhatsApp Web langsung scan QR Code, namun Anda membutuhkan WebHook URL untuk menyimpan data JSON yang berisikan chat masuk dan pemberitahuan. 


Oleh karena itu, bisa menggunakan Flask Server yang berfungsi agar seiring jalannya bot dapat sekaligus menyimpan informasi chat pengguna.

  1. Membuat Perintah pada Bot WhatsApp dengan File Python

Cara kedua buatlah file python baru dan berikan nama wabot.py. Untuk membuat Bot WhatsApp ini, Anda akan membutuhkan beberapa library, yaitu json, request, dan datetime, masing-masing akan dijelaskan melalui beberapa poin di bawah ini secara sederhana sehingga mudah dipahami.

  • JSON mempunyai kegunaan untuk menyimpan data dari server.

  • Request, berguna sebagai pengakses API website yang sudah dibuat sebelumnya.

  • Datetime, memiliki fungsi untuk melakukan segala operasi yang akan berkaitan dengan waktu tertentu.

Dengan melihat langkah kedua ini dan mengetahui kegunaan setiap library yang dibutuhkan, akan lebih memudahkan pengguna dalam membuat bot di gb WhatsApp


Setelah lolos di langkah kedua, bisa langsung lanjut ke cara selanjutnya dalam membuat robot penjawab pesan secara gratis.

  1. Membuat Kelas Konstruktor Berdasarkan Library

Konstruktor secara default akan menerima data-data yang dimasukkan ke dalam library JSON berisikan informasi chat masuk. Untuk mendapatkan service-api, Anda harus mengirimkan request, fungsi send-request sendiri ini akan menerima dua parameter, yaitu method dan data.


Method akan berisikan jenis-jenisnya yaitu fungsi GET atau POST, sedangkan data berisi informasi pesan yang disajikan dalam format JSON. 


Kegunaan dari send_request sendiri akan mengembalikan informasi chat kepada WhatsApp. Selain itu kamu bisa membuat welcome message hingga auto-reply sehingga bot whatsapp sempurna.

  1. Membuat Server

Cara selanjutnya dalam membuat bot whastapp menggunakan python adalah membuat server. Anda akan menggunakan framework flask lalu buat app.py kemudian menuliskan kode-kode yang berkaitan dengan langkah sebelumnya. Oleh sebab itu lah disarankan menggunakan programmer.


Dengan menggunakan seorang programmer, di cara terakhir ini Anda bisa langsung dengan maksimal menggunakan bot. 


Namun jika tanpa bantuan tentunya akan membutuhkan waktu lama mengingat cara ini memang membutuhkan coding sehingga tidak mudah memahaminya secara awam.

Cara Membuat Bot WhatsApp dengan Termux yang Mudah

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Melihat lagi ke atas tidak mudah membuat bot WhatsApp yang dilakukan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Mengingat prosesnya harus menggunakan coding. 

Hal tersebut membutuhkan programmer untuk memudahkan langkahnya dan berikut cara membuatnya dengan termux.

  1. Cara Membuat Bot WhatsApp Termux

Tentu saja untuk menggunakan cara pertama ini Anda harus menginstal termux di smartphone, sehingga nantinya bisa mendapatkan bot WhatsApp di iphone juga Android. 


Dengan memasukkan website github "git clone" berikut ini https://github.com/fdciabdul/termux-WhatsApp-bot. Setelah itu masuk ke folder WhatsApp.


Folder tersebut berisi cd termux-WhatsApp-bot lalu kamu bisa jalankan dengan menggunakan perintah sh, yaitu bash install.sh


Anda cukup mengikuti langkah tersebut lalu Sesuaikan juga dengan pengaturan termasuk perintah termux pada bot.

Membuat Bot WhatsApp tanpa Aplikasi yang Mudah dan Cepat

Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)

Nah sampai pada
cara membuat bot WhatsApp tanpa aplikasi yang lebih mudah dan cepat prosesnya tanpa adanya coding


Pembuatannya ini dapat dilakukan secara bebas, dieksplorasi melalui kontak ataupun grup whatsapp. Hal tersebut tentunya menjadi poin utama ketika menggunakan cara ini.


Langkah pertama tentunya Anda harus mengunduh dulu WhatsApp Bot, lalu bisa langsung masuk ke dalam langkah  berikutnya, Perlu diketahui dengan menggunakan cara ini pengguna bisa sekaligus buat bot WhatsApp grup gratis dan berikut beberapa langkahnya.

  • Klik tombol hijau + di pojok kanan bawah.

  • Lalu pilih semua.

  • Pada bagian balas pesan, isi pesan selamat datang yang diinginkan oleh pengguna. Disesuaikan dengan bisnis atau usaha Anda.

  • Jika sudah terisi semua, klik tanda centang di bawah.

  • Selesai.


Setelah itu Anda bisa melanjutkan mengatur cara kerja otomatis pada mesin bot yang ingin Anda miliki, termasuk bot di grup WhatsApp juga bisa diatur menggunakan cara tersebut. 


Untuk informasi tambahan, aplikasi tersebut bisa ditemukan melalui Google Play Store atau App Store.


Saran terkait cara membuat bot WhatsApp yang sudah dijelaskan di atas, pertama memang harus menggunakan programmer seperti sudah dijelaskan sebelumnya.


Untuk menjelaskan secara teori saja sulit apalagi melakukannya tanpa mempunyai dasar coding.


Jika ingin mencobanya sendiri juga tidak masalah, karena pada dasarnya informasi sangat luas sehingga cara membuat bot WhatsApp bisa dicari melalui berbagai tahapan. 


Selain tidak menyulitkan, tentunya hal ini akan memudahkan para pengguna whatsapp dalam mengelola. Itu saja tadi tentang Cara Membuat Bot WhatsApp dengan tutorial lengkap yang bisa kamu gunakan untuk membangun bisnis sendiri dengan bantuan bot whatsapp.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bot WhatsApp (Tutorial Lengkap)"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel