Iklan Header

Cara Mengatasi Penyimpanan Drive C Laptop/Komputer Penuh

Cara Mengatasi Penyimpanan Drive C Laptop/Komputer Penuh

Mungkin ada sebagian dari kamu yang mengalami hal kejadian penyimpanan pada drive c penuh. Tentu ini akan menyebabkan sistem menjadi terganggu performanya. 

Selain mengganggu performa pada laptop komputer kamu, tentu kamu akan kesulitan dalam menyimpan file. Sepeti yang kita ketahui, aplikasi-aplikasi saat ini membutuhkan penyimpanan yang tidak sedikit. 

Contohnya saja aplikasi untuk edit video yaitu Adobe Premiere Pro ketika hasil editan akan yang akan dirender mencapai 2-3 GB untuk mendapat kualitas video yang bagus.

Namun jangan khawatir, berikut cara mengatasi storage atau penyimpanan driver c laptop/komputer penuh yang bisa kamu coba untuk meluaskan penyimpanan yang penuh.

Cara Mengatasi Penyimpanan Drive C Laptop/Komputer Penuh

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara supaya drive C: gak cepet penuh meskipun kita merasa hanya memiliki sedikit aplikasi yang terinstall. Tentu hal seperti ini sering terjadi kepada pengguna laptop maupun komputer.
  1. Buka setting (Windows Key + i) lalu navigasi ke system - storage.

  2. Lalu akan muncul panel disebelah kanan, selanjutnya pilih partisi sistem (biasanya C:). Kemudian scroll kebawah untuk menemukan opsi Temporary Files. 

  3. Tunggu beberapa saat ketika sistem sedang menghitung jenis file yang ada dalam partisi tersebut.

  4. Setelah memasuki halaman pengaturan temporary file, beri tanda centang pada opsi temporary iles dan klik opsi "Remove Files" untuk memulai proses penghapusan file.

  5. Menghapus file tidak penting berhasil, silahkan cek penyimpanan milik mu dan lihat sekarang banyak penyimpanan kosong yang tersedia.
Dengan banyak penyimpanan kosong yang tersedia, akan membuat kinerja pada laptop/komputer semakin maksimal. Kamu juga tidak perlu ragu untuk menyimpan atau mengunduh file-file baru lainnya.

Cara Mengatasi Penyimpanan Drive C Laptop/Komputer Penuh Dengan Aplikasi Wish Disk Cleane


Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan aplikasi Wish Disk Cleaner. Jadi kamu tidak perlu repot-repot masuk ke setting dan lain-lain. 

di WDC itu bkn cma temporary file tapi semua history browser, recycle bin, akan bersih bahkan sampai ke bagian  bad sector HDD juga bisa di mininalisir penyimpanan ruang milik kamu. 

Dan juga kalau pengen Disk C nya tidak penuh ya jangan tempatkan file di bagian dokumen, picture, download, videos. Tetapi taruh lah file di partisi selain sistem, umumnya di Disk D, E atau F, biar tidak mengganggu kinerja pada sistem dan mengantisipasi risiko hilangnya data setelah melakukan install ulang. 

Ini juga menjadi alasan mengapa tukang service saat install ulang bikin data kita hilang, karena dia format partisi atau delete partisi untuk memasukkan windows baru. 

Padahal kalau tidak di format atau delete partisi di jamin data aman karena datanya masuk ke windows old jadi bisa di backup atau cadangkan.

Itu saja tadi tentang cara mengatasi penyimpanan drive C laptop/komputer penuh. Bagikan kepada teman atau saudara kamu juga yang mengalami kejadian serupa seperti ini.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Penyimpanan Drive C Laptop/Komputer Penuh"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel