Iklan Header

Perbedaan dari Prosesor Intel Core dan Intel Xeon

Perbedaan dari Prosesor Intel Core dan Intel Xeon

Prosesor atau Unit pemrosesan pusat juga disebut prosesor pusat, prosesor utama atau hanya prosesor, merupakan sebuah chip elektronik yang berfungsi untuk menjalankan instruksi yang diberikan oleh program komputer

Seperti halnya performa CPU yang menjalankan operasi aritmatika, logika, pengontrolan, dan input/output dasar yang ditentukan oleh instruksi program komputer.

Prosesor tentu menjadi hal yang penting dalam sebuah perangkat komputer maupun laptop. Tanpa prosesor, komputer dan laptop tiddak akan berjalan bahkan untuk hidup.

Namun dibalik keberadaannya yang sangat berguna, prosesor memiliki berbagai macam jenis. Ada banyak jenis prosesor yang perlu kamu ketahui seperti Intel Core, Intel Pentium, (Anvanced Micro Processor) AMD, ARM, Cyrix, dan Intel Xeon. 

Namun diantara banyaknya jenis processor kali ini kita akan membahas kedua prosesor saja. Yaitu perbedaan dari prosesor Intel Core dan Intel Xeon.

Perbedaan dari Prosesor Intel Core dan Intel Xeon

 Intel Core

1. Dirancang Untuk Melakukan Overclock

Intecore dirancang untuk dapat melakukan overclock atau membuat kinerja perangkat menjadi kecepatan tinggi. Prosesor ini sudah banyak digunakan pada perangkat laptop lama maupun baru yang memang cocok sekali dengan fitur Overclock.

2. Harga Murah

Harganya yang murah membuat Laptop berspesifikasi intel core banyak dicari. Harga yang relatif murah ini tentu saja sangat membantu kita apalagi untuk orang yang masih sekolah maupun kuliah. Jika hanya membuka aplikasi ringan saja seperti microsoft word maupun excel selama sekolah akan baik-baik saja.

3. Performa Unggul

Selain harganya yang murah, performa dari prosesor satu ini tidak bisa kita remehkan. Kinerja nya yang unggul ini membuat semua laptop menggunakan processor jenis ini. 

Apalagi untuk kamu yang hobi bermain game-game terbaru saat ini dan aplikasi berat untuk dijalankan. Prosesor Intel Core cocok menjadi pilihan kamu.

4. Sudah Integrated GPU

GPU integrated atau lebih dikenal dengan istilah GPU onboard yaitu jenis kartu grafis yang letaknya menyatu pada motherboard laptop atau komputer PC.

Laptop jenis ini kurang cocok digunakan untuk mengerjakan hal-hal berat seperti misalnya merendering video dengan kualitas grafis 3D atau untuk memainkan sebuah Game berat. 

Sebab laptop maupun komputer dengan GPU integrated akan cepat panas jika digunakan untuk menjalankan tugas yang berat. Tentunya panas yang ditumbulkan sangat tidak baik bagi komponen lainnya dalam komputer seperti pada prosesor. 

Prosesor akan menjadi terganggu dan performanya pun dapat menurun jika terlalu sering menahan panas yang dihasilkan oleh gpu. Bahkan bisa memperpendek usia dari prosesor. Jika prosesor rusak, maka tentunya berpengaruh kepada seluruh komponen dalam komputer.

Intel Xeon

1. Menjalankan Aplikasi Berat


Perbedaan pertama datang dari Intel Xeon adalah dapat menjalankan aplikasi berat dengan cepat. Prosesor ini tidak cocok untuk kamu jalankan game-game berat, melainkan lebih cocok untuk kamu kerja. Seperti mengedit foto dan video, mengolah data di microsoft word maupun excel.

2. ECC

ECC atau Error Correction Code ini sudah teraplikasi oleh Intel Xeon. ECC ini berfungsi untuk menghilangkan crash dan membuat sistem lebih stabil saat bekerja. Tentu ini menjadi hal yang bagus sekaligus point keunggulan pada Intel Xeon.

3. Daya Tahan

Daya tahan yang kuat menjadi perbedaan dari prosesor Intel Core dengan Intel Xeon yang bisa kamu pahami. Laptop dengan spesifikasi processor Intel Xeon ini lebih memiliki daya tahan yang kuat untuk kerja berat dengan waktu yang lama.

Itu saja tadi tentang perbedaan dari processor Intel Core dengan Intel Xeon yang bisa kamu simak. Sebenarnya untuk memilih diantara kedua prosesor diatas ialah tergantung pada aktivitas yang ingin kamu lakukan. 

Seperti misal jika ingin lebih bermain game-game berat, kamu bisa memilih Intel Core. Sedangkan untuk menjalankan aplikasi kerjaan seperti editing, menulis data di word/excel, dan lain-lain kamu bisa menggunakan prosesor intel xeon.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan dari Prosesor Intel Core dan Intel Xeon "

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel