Iklan Header

Cara Memasang SSD Pada Laptop Dan Komputer

Cara Memasang SSD Pada Laptop Dan Komputer

Seperti yang kita ketahui, SSD atau Solid-state drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit. 

Berfungsi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer layaknya sebuah RAM. 

Kedudukan SSD pada laptop dan komputer sangat penting untuk performa dari sistem kinerja. Layaknya seperti RAM yang menyimpan seluruh proses program yang berjalan, begitupun SSD yang juga memiliki fungsi yang sama.

Cara Memasang SSD Pada Laptop dan Komputer

Ternyata banyak dari pengguna laptop maupun komputer yang masih belum tau bagaimana cara pasa SSD sendiri pada perangkat komputer dan laptop kamu. Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti tutorial memasang SSD berikut ini:

1. Siapkan SSD Yang Ingin Dipasang


Hal pertama yang perlu kamu siapkan ialah SSD yang ingin dipasang pada laptop dan komputer kamu. Selanjutnya kamu bisa memasang Heatsink pada SSD.

Beberapa merk dari SSD yang tersedia antara lain Western Digital SSD, Vivan SSD Portable, WD Green SSD, Seagate Expansion SSD Eksternal, Seagate Barrel SSD, dan merk SSD lainnya.

2. Pastikan Sisi-Sisi SSD Sesuai Dengan Slot Motherboard


Hal kedua, pastikan sisi-sisi SSD sesuai dengan slot pada motherboard komputer atau laptop kamu. Hal ini bertujuan sehingga SSD bisa terpasang dengan ukuran slot yang pas. 

Ada beberapa kasus dimana SSD sudah dibeli, tetapi ukuran slot pada laptop tidak cocok. Hal ini terjadi karena kamu tidak memastikan ukuran sisi pada SSD.

3. Pasang SSD


Ditahap ketiga, kamu bisa langsung memasang SSD dengan slot motherboard. Jangan lupa untuk memasang baut pada SSD setelah dipasang agar terhindar dari lepasnya SSD pada slot motherboard.

Setelah dipasang, pastikan kembali baut sudah terpasang dengan baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti SSD tidak terbaca pada komputer dan laptop.

Ukuran kapasitas dari SSD sangatlah beragam yaitu berkisar antara 128-256 GB jika laptop kamu keluaran standard. Maksudnya, kamu bisa menambah kapasitas SSD hingga lebih dari 256 GB.

Harga SSD menyesuaikan dari besar kapasitas pada SSD tersebut. Sebagai contoh jika ingin SSD harga murah kamu bisa membeli yang berkapasitas 128gb. Sebaliknya jika kamu memiliki simpanan yang lebih, kamu bisa memilih SSD sebesar 256 GB.

Itu saja tadi tentang tutorial cara memasang SSD pada laptop dan komputer yang bisa kamu coba sehingga kamu bisa memasang SSD laptop sendiri tanpa bantuan orang lain.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang SSD Pada Laptop Dan Komputer"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel