Iklan Header

5 Tanda Jika SSD Laptop / PC Kamu Harus Ganti

5 Tanda Jika SSD Laptop / PC Kamu Harus Ganti

Laptop menjadi alat elektronik yang sering digunakan pada saat ini, karena bentuknya yang mudah dibawa kemana saja. Selain laptop, pc juga bisa menjadi pilihan pada saat ini ketika ingin menjalankan software berat dan game-game yang berat. Namun, laptop saat ini sudah sangat canggih sampai bisa menggunakan software dan game-game berat. Komputer memiliki hardisk atau HDD yang merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data komputer.

Baca Juga : Apakah Baterai Laptop Rusak Jika Terus di Charge

Sama halnya dengan laptop, namun laptop memiliki perangkat keras yang berbeda dengan komputer yaitu Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hardisk yaitu sebagai media penyimpanan pada laptop. SSD ini tidak selalu bertahan lama, sehingga kalian harus mengganti SSD jika sering melihat tanda-tanda SSD harus diganti pada laptop. Berikut 5 tanda jika SSD laptop/pc harus diganti : 

  1. Error Bad Block
    Jika di HDD Kalian mengenal istilah "bad sector", maka di SSD juga kalian akan mengerti tentang bad block. Bad Sector adalah kumpulan sektor Hardisk (HDD) yang tidak berfungsi secara optimal. Penyebab bad sector ini biasanya karena adanya software yang mengalami error atau permasalahan dalam sistem operasi pemakaian. Sedangkan bad block adalah dimana laptop mencoba membaca atau menyimpan file, tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama dan akhirnya tidak tersimpan, lalu kemudian sistem menyerah dengan mengeluarkan notifikasi error.
  2. File Tidak Bisa di Read atau di Write
    Akan ada 2 efek yang Kalian temui jika SSD terjangkit bad block :
    - Sistem akan mendeteksi bad block ketika akan write data ke drive dan oleh karena itu ia akan menolak untuk write data.
    - Sistem akan mendeteksi bad block setelah data di write dan oleh karena itu ia akan menolak untuk read data.
  3. File Sistem Membutuhkan Perbaikan
    Jika hal ini terjadi, tampilan laptop kalian biasanya akan menampilkan mode recovery dan harus direcovery. Hal ini bisa terjadi karena bad block atau port konektor SSD.
  4. Crash Ketika Booting
    Ketika laptop/pc Kalian crash ketika proses booting, tetapi bisa bekerja dengan baik setelah dihidupkan beberapa kali, penyebabnya bisa SSD atau Hardisk.
  5. Drive Hanya Bisa Read Tidak Dengan Write
    SSD akan menolak jika kalian ingin menyimpan data. Tetapi kalian masih bisa membaca data didalam SSD tersebut.
SSD atau Hardisk biasanya bertahan 3-4 tahun bahkan bisa sampai 5 tahun tergantung dari pemakaian. Beberapa penyebab seperti overheat karena keseringan dipakai, tidak dibersihkan kipas pada pc maupun laptop yang menyebabkan debu menumpuk bisa menyebabkan SSD rusak dan harus diganti. 

Untuk mengecek apakah laptop atau pc kalian bisa melihat bad sector kalian bisa meng-install app HD Tune di website resmi nya www.hdtune.com lalu kalian bisa melakukan percobaan gratis (free trial) atau bisa membeli untuk selamanya (berbayar). Itu saja mengenai 5 tanda jika SSD laptop/pc harus diganti, semoga dengan informasi diatas bisa membantu kalian mengerti tanda tanda harus ganti baru SSD atau hardisk.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Tanda Jika SSD Laptop / PC Kamu Harus Ganti"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel