Iklan Header

6 Cara dan Penyebab Browser Terbuka Sendiri di PC & Android

6 Cara dan Penyebab Browser Terbuka Sendiri di PC & Android

Menggunakan internet merupakan hal yang selalu kita lakukan kapan pun. Mulai dari bidang pendidikan yang saat ini menggunakan sistem belajar jarak jauh atau daring online, ngantor dari rumah, dan lain-lain. Berseluncur di dunia maya atau bisa disebut dengan browsing sudah menjadi kebiasaan kita diwaktu senggang. Karena internet merupakan tempat ilmu pelajaran yang sangat luas untuk bisa kita jelajahi tanpa batas. Untuk berseluncur atau browsing di dunia maya tersebut kalian membutuhkan sebuah browser. Browser adalah sebuah aplikasi langkah pertama yang kalian butuhkan untuk berseluncur di internet pada platform PC ataupun Android. Namun pernahkah browser kamu terbuka dengan sendirinya pada PC atau Android kalian? Jika iya, maka kalian tinggal ikuti 7 langkah berikut dibawah ini :

  1. System Restore atau Reset Pabrik
    Yang pertama ada system restore, cara ini adalah yang paling mudah kita lakukan karena kita tidak perlu memerlukan aplikasi tambahan apapun. Fungsi dari system restore ini ialah untuk mengembalikan kondisi awal saat baru (bersih) atau kondisi terakhir  kali dicadangkan. Pastikan Kalian sudah melakukan pencadangan data sebelum melakukan cara yang satu ini.
  2. Memasang Aplikasi Anti Malware
    Yang kedua yaitu memasang aplikasi anti malware. Dikutip dari Wikipedia, malware merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer ataupun jaringan komputer. Salah satu jenis malware yang terkenal dan diwaspadai adalah virus komputer. 
  3. Menghapus Ekstensi
    Kamu bisa menghapus ektensi dan add-on yang tidak penting dan terpakai di browser kamu. Karena hal itu merupakan rentan terhadap penyerangan malware. Cara ini bisa kamu lakukan dengan broswer Google Chrome dan juga Mozilla Firefox pada Android maupun PC, dengan cara pergi menuju setting → advanced setting → delete add-ons lalu kamu bisa memilih add-on yang tidak terpakai dan tidak berguna untuk dihapus.
  4. Uninstall
    Cara keempat ini merupakan yang paling mudah, karena jika kalian memiliki browser yang tidak dipakai kalian bisa meng-uninstall aplikasi tersebut. Hal itu juga akan melegakan RAM (Random Acces Memory) dan penyimpanan pada PC dan Android.
  5. Bersihkan Dengan Aplikasi 
    Cara kelima, kalian bisa meng-install aplikasi pembersih sampah. Untuk android, kalian bisa membuka playstore lalu mencoba aplikasi bernama Clean Master dan untuk platform PC kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih CCleaner. Kedua aplikasi tersebut bisa membersihkan semua ekstensi yang tidak terpakai dan mengganggu.
  6. Matikan Manual Start Up
    Cara keenam, kalian bisa mematikan mode "start up" pada browser seperti Google Chrome dan Mozila Firefox. Dimana tujuan dari start up ini adalah untuk mematikan pemulaian otomatis dari browser yang terbuka dengan sendirinya.
Diantara penyebab browser yang suka kebuka sendiri, yang wajib diwaspadai adalah virus komputer jenis malware.
Baca Juga : Mengenal Browser Paling Aman, Tor Browser Android  
Berikut beberapa tanda jika pc atau android kamu sudah terindikasi oleh virus malware :
  • Iklan jenis pop-up atau browser tab baru terbuka secara otomatis dan tidak mau tertutup.
  • Halaman pada beranda mesin telusur Google Chrome atau Mozilla Firefox  selalu berubah tanpa izin Anda Ekstensi Chrome atau toolbar yang tidak diinginkan terus muncul.
  • Pada saat melakukan browsing diarahkan ke halaman atau iklan yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  • Peringatan tentang virus atau perangkat yang terinfeksi pada Windows maupun Android.
Di masa mendatang, hindari meng-install software atau aplikasi yang tidak diinginkan dan hanya mendownload file atau membuka situs yang Anda yakini aman. Browser terbuka sendiri memang hal yang sangat menjengkelkan, maka dari itu saya sudah menulis 4 cara mengatasi browser yang sering terbuka sendiri pada pc dan android. Kalian bisa membagikan informasi ini kepada teman ataupun saudara yang mungkin membutuhkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Cara dan Penyebab Browser Terbuka Sendiri di PC & Android"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel