Iklan Header

Cara Membuat Lirik Lagu di Android, Mudah dan Praktis

Cara Membuat Lirik Lagu di Android, Mudah dan Praktis

Mendengarkan lagu di ponsel sambil membaca liriknya memang sangat menyenangkan, terutama jika Anda memiliki hobi karaoke. Namun, tidak semua lagu memiliki lirik yang menempel. Sehingga kamu diharuskan membuat lirik lagu sendiri. 

Membuat lirik lagu bisa dilakukan juga lewat android. Lalu, bagaimana cara membuat lirik lagu di android dengan cepat dan mudah? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Lirik Lagu Pada Android Menggunakan Aplikasi

Alternatif pertama untuk membuat lirik lagu di android adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi khusus. Cara ini bisa dipilih apabila Anda tidak bisa sepenuhnya menampilkan lirik lagu di android. 

Simak ulasan berikut ini mengenai cara membuat lirik lagu dengan bantuan aplikasi.

1. Siapkan Lirik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lirik lagu sesuai dengan keinginan. Anda bisa mencari lirik lagu secara lengkap lirik dengan mudah melalui mesin pencari. Caranya adalah dengan membuka mesin pencari, lalu mengetikkan lirik (spasi) judul lagu.

Selanjutnya, Anda akan langsung mendapatkan lirik sesuai judul lagu yang diinginkan secara lengkap. Salin lirik lagu tersebut dan simpan ke menu khusus catatan yang biasanya sudah ada secara otomatis pada ponsel.

2. Instal Aplikasi

Berikutnya, instal aplikasi yang akan digunakan untuk membuat lirik lagu di ponsel android. Nama aplikasinya adalah Star Music Tag Editor yang bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. 

Sebelum itu, pastikan ruang penyimpanan yang ada pada ponsel cukup untuk instal aplikasi.

Instal Star Music Editor merupakan aplikasi khusus untuk membuat lirik lagu di Android dengan pilihan menu yang sederhana. Pada aplikasi ini sudah tersedia form khusus untuk mengedit lirik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

baca juga: Cara Mengetahui Judul dan Lirik Lagu Story WA dengan Musixmatch

3. Input Lirik ke Aplikasi

Cara membuat lirik lagu di android selanjutnya, yaitu buka aplikasi yang sebelumnya sudah diinstal. Berikutnya, langsung saja tempelkan lirik lagu yang sebelumnya sudah Anda salin dari mesin pencari secara lengkap.

Lakukan editing sederhana sesuai dengan fitur yang disediakan aplikasi, mulai dari mengisi judul, album, dan artis. 

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan cover album dengan menambahkan gambar secara otomatis, melalui pencarian web, atau memotretnya langsung.

4. Testing

Tahap terakhir yang harus dilakukan adalah testing untuk memastikan apakah lirik lagu tersebut bisa muncul atau tidak. Caranya adalah langsung saja buka aplikasi pemutar musik yang biasanya Anda gunakan.

Setelah itu, coba putar lagu sesuai dengan yang liriknya sudah disiapkan sebelumnya untuk mengecek apakah sudah berhasil muncul. Apabila sudah berhasil muncul, maka Anda tidak perlu melakukan pengaturan ulang lagi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, gunakan aplikasi pemutar musik dengan pengaturan syncron lirik agar cara ini berhasil. Selain itu, pastikan Anda memilih lirik lagu dengan benar agar tidak mengalami kendala ketika pemutaran.

Cara Membuat Lirik Lagu Pada Android Tanpa Aplikasi

Pembuatan lirik lagu di android juga bisa dilakukan tanpa aplikasi, namun caranya sedikit lebih detail. Seperti cara sebelumnya, pertama Anda harus menyiapkan lirik lagu terlebih dahulu yang bisa ditemukan melalui mesin pencari dan menyalinnya.

Berikutnya, cari gambar yang akan dijadikan sebagai background lirik dan simpan dengan nama sesuai judul lagu. Lalu, pindahkan gambar tersebut ke lokasi penyimpanan file MP3 yang umumnya terdapat pada music default.

Tahap berikutnya, buatlah file baru yang diberi nama sesuai dengan judul MP3 dan diakhiri .lrc sebagai formatnya. 

Tahapan cara membuat lirik lagu di Android tanpa aplikasi yang terakhir, yaitu langsung saja pindahkan ketiga file dalam folder baru. Lalu, Anda bisa langsung mencobanya di music player.

Itu saja tadi tentang cara membuat lirik lagu di android yang mudah dan praktis bisa kamu coba. Bagikan juga informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang ingin membuat lirik lagu di android.


Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Lirik Lagu di Android, Mudah dan Praktis"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel