Iklan Header

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di HP Android

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di HP Android

Saat melakukan panggilan, pernahkah Anda mengalami call ended atau panggilan diakhiri? Permasalahan ini mungkin pernah dialami beberapa orang. Untuk itu, berikut cara mengatasi panggilan diakhiri di HP Android yang bisa Anda praktekkan.

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di HP Android

1. Menonaktifkan Data Roaming

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi panggilan diakhiri yaitu dengan menonaktifkan data roaming. Untuk melakukannya, silahkan Anda buka pengaturan panggilan yang ada di HP android.

Setelah itu, pilih jaringan seluler dan lihat pada bagian data roamingnya. Apabila data roaming dalam keadaan aktif, maka segera ubah statusnya menjadi nonaktifnya. 

Cara menonaktifkan data roaming ini cukup mudah. Cukup geser tombol bulat berwarna biru ke sebelah kiri sampai berwarna abu-abu.

Selain itu, Anda juga perlu melihat status Bluetoothnya. Pastikan bahwa Bluetooth juga dalam keadaan off atau mati. 

Hal ini untuk mengantisipasi, siapa tahu penyebab panggilan diakhiri adalah karena Bluetooth dan data roaming dalam keadaan hidup.

baca juga: Cara Mengatasi Data Seluler Yang Tidak Muncul di HP

2. Nonaktifkan FDN

Cara kedua untuk mengatasi panggilan diakhiri yaitu dengan menonaktifkan FDN. Silahkan buka menu Telepon yang ada di HP. Setelah itu, cari pengaturan panggilan. Letak pengaturan ini umumnya berbeda-beda di setiap android.

Biasanya, menu tersebut terletak di ikon titik tiga atau garis tiga yang ada di bagian pojok layar. Setelah menu tersebut Anda temukan, selanjutnya klik Advanced Settings.

Kemudian, klik Fixed Dialing Number dan pilih provider yang Anda gunakan untuk telepon. Terakhir, ubah status FDN menjadi nonaktif.

3. Ubah Jaringan Prioritas

Mengatasi panggilan yang tiba-tiba diakhiri bisa Anda lakukan dengan banyak cara. Cara mengatasi panggilan diakhiri di HP android yang ketiga yaitu dengan mengubah jaringan prioritasnya. 

Namun, sebelum itu, pastikan nomor Anda masih aktif dan memiliki pulsa yang cukup.

Kemudian, buka pengaturan panggilan dan klik menu Jaringan. Setelah itu, Anda cari menu Saluran. Pada bagian tipe jaringan prioritas, jika yang digunakan masih Prioritas LTE, segera Anda ganti menjadi Prioritas 3G/2G.

Namun, jika Anda tidak mau ribet, jaringan prioritas bisa diubah menggunakan kode dial yang tersedia. Caranya, buka menu Telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Panggil kode dial tersebut dan ganti jaringannya menjadi WCDMA Only.

4. Hapus Data Panggilan

Panggilan diakhiri mungkin saja terjadi karena riwayat panggilan Anda terlalu penuh. Untuk itu, hapus semua data panggilan yang pernah Anda lakukan. Caranya, pergi ke menu Pengaturan. Setelah itu, klik menu Apps dan cari menu Panggilan.

Di bagian tersebut, silahkan cari menu Clear Data. Klik menu tersebut untuk menghapus semua data panggilan yang ada di HP. 

Setelah semua data terhapus, selanjutnya restart HP Anda dan coba lakukan panggilan. Jika tidak berhasil, berarti penyebabnya bukan karena riwayat panggilan penuh.

5. Registrasi Ulang

Penyebab panggilan diakhiri mungkin karena kartu yang Anda gunakan mengalami masalah, misalnya rusak atau dulu belum diregistrasi. 

Untuk memastikannya, coba pindahkan kartu yang Anda gunakan ke HP yang lain. Jika tetap tidak bisa, berarti kartu tersebut rusak.

Namun, jika kartu bisa digunakan, coba lakukan registrasi ulang. Caranya, kirim pesan registrasi sesuai format yang disediakan ke nomor 4444.

6. Hubungi Pusat Panggilan

Apabila registrasi ulang tidak membuahkan hasil, silahkan hubungi pusat panggilan. Ceritakan masalah yang Anda alami sejelas-jelasnya agar pihak operator bisa membantu mencari jalan keluarnya.

Untuk menerapkan cara mengatasi panggilan diakhiri di HP android, sebaiknya ketahui dulu apa penyebabnya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mencari tau bagaimana cara mengatasinya. 

Itu saja tadi tentang tutorial cara mengatasi panggilan diakhiri di hp android yang bisa kamu coba. Bagikan juga informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang kesulitan mengatasi panggilan selalu diakhiri oleh lawan bicara.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri di HP Android"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel