Iklan Header

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri Pada HP Mudah

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri yang Efektif


Hotspot merupakan salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet kepada pengguna lain di kondisi tertentu. 

Namun, terkadang tiba-tiba hotspot mati sendiri saat digunakan. Untuk solusinya, berikut cara mengatasi hotspot mati sendiri yang bisa diterapkan.

Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri yang Efektif

1. Masuk ke Menu Settings HP

Langkah pertama untuk mengatasi hotspot yang tiba-tiba mati yaitu melalui menu settings lalu cari menu tersebut di HP Anda. 

"Settings" umumnya ditandai dengan ikon roda bergigi berwarna biru. Jika HP Anda menggunakan bahasa Indonesia, menu ini dinamai dengan pengaturan.

baca juga: Cara Mengatasi Data Seluler Yang Tidak Muncul di HP

2. Ketuk Opsi More

Setelah pengaturan terbuka, di dalamnya ada banyak menu untuk mensetting HP. Menu yang ada dalam pengaturan misalnya seperti WiFI, Bluetooth, Dual SIM Card Settings, Call Settings, Data Usage, More, Home, Display dan lain sebagainya.

Menu-menu yang ada dalam pengaturan sangat banyak macamnya. Namun, di antara sekian banyak menu tersebut, Anda bisa pilih More. Menu More letaknya sedikit ke bawah, tepatnya di bawah menu Bluetooth.

3. Ketuk Opsi Tethering & Hotspot Portable

More merupakan salah satu menu yang di dalamnya berisi pengaturan khusus koneksi internet. Dalam menu ini juga pengaturan khusus untuk mengatur hotspot pribadi tersedia.

Menu dalam opsi More, di antaranya seperti Mode Pesawat, VPN, Tethering & Hotspot Portable dan lain sebagainya. Pada tahap yang satu ini, silahkan Anda klik opsi Tethering & Hotspot Portable.

4. Pilih Menu WiFi Hotspot

Setelah Tethering & Hotspot Portable dibuka, cara mengatasi hotspot mati sendiri selanjutnya yaitu menekan menu WiFi Hotspot. 

Perlu Anda ketahui, Tethering & Hotspot Portable merupakan menu yang di dalamnya khusus mengatur koneksi HP dengan perangkat lainnya.

Untuk itu, Tethering & Hotspot Portable menyediakan menu seperti WiFi Hotspot, USB Tethering, Bluetooth Tethering dan Hotspot & Tethering Settings. 

Karena Anda ingin mengatasi hotspot yang tiba-tiba mati sendiri, silahkan pilih menu WiFi Hotspot.

Di beberapa HP, menu yang ada di pengaturan mungkin tersedia dengan bahasa yang berbeda. Pada beberapa HP, WiFi Hotspot disebut juga dengan Hotspot Pribadi.

5. Pilih Opsi Always

Langkah terakhir untuk mengatasi hotspot yang mati sendiri yaitu dengan mengetuk opsi always. Opsi ini akan Anda temukan pada pop up yang muncul di layar setelah menu WiFi Hotspot ditekan.

Pop up yang muncul berisi 3 pilihan, diantaranya always, turn off when idle for 5 min, dan turn off when idle for 10 min. Supaya hotspot tetap menyala dan tidak mati tiba-tiba, Anda harus memilih always. Setelah always diaktifkan, hotspot akan tetap aktif.

Akan tetapi, Anda harus melakukan cara manual jika ingin menutup hotspot tersebut. Pasalnya, fitur turn off when idle for 5 min dan 10 min tidak menyala. Jadi, Anda harus kembali membuka pengaturan ini jika ingin mematikan hotspot pribadi.

Namun, sekali lagi di beberapa merk HP, opsi ini tampil dengan bahasa dan opsi yang berbeda. Beberapa merk HP tidak menggunakan pembatasan waktu, melainkan besaran kuota yang digunakan.

Pembatasan data tersebut tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari 10 MB hingga tidak terbatas. 

Jika Anda tidak mau hotspot mati tiba-tiba karena pembatasan data, maka pilih tidak terbatas supaya perangkat lain yang terhubung bisa bebas menggunakannya.

Kehadiran fitur hotspot pribadi membawa manfaat bagi banyak orang, terlebih bagi mereka yang sangat membutuhkannya dalam keadaan mendesak. 

Supaya misi Anda berbagi jaringan internet berjalan lancar, terapkan cara mengatasi hotspot mati sendiri di atas.

Itu saja tadi tentang cara mengatasi hospot yang suka mati sendiri pada hp Anda, bisa Anda coba bersama teman atau saudara yang memiliki masalah sama pada smartphone Anda.


Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Hotspot Mati Sendiri Pada HP Mudah"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel