Iklan Header

Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan CMD

Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan CMD

Pernahkah Anda melihat sebuah masalah di laptop atau komputer (PC) yang menampilkan layar berwarna biru saja? Pasti bingung menyelesaikannya. Ada berbagai tipe windows yaitu windows 7, windows 8, windows 10, hingga 13.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bluescreen pada windows 10 dengan CMD? Pahami juga beberapa penyebab agar tidak bingung. Apa penyebab terjadinya Blue Screen?

Penyebab Terjadinya Blue Screen

Sebelum melangkah lebih jauh pada langkah-langkahnya, Anda juga harus tau sebenarnya apa penyebab dari blue screen pada windows itu sendiri, sehingga nantinya bisa dihindari penyebabnya secara mudah tanpa harus mengalami kerusakan makin parah terlebih dahulu.

Ternyata, blue screen terjadi karena adanya sistem operasi Windows yang mengalami kesalahan, sehingga sistem tersebut dipaksa untuk berhenti. 

Bukan hanya itu, penyebab terjadinya blue screen pada alat elektronik juga banyak, maka untuk memperbaikinya harus diketahui dulu masalahnya. Biasanya, sistem mengalami masalah yang cukup kritis, sehingga tidak dapat dipulihkan. 

Ini menyebabkan fungsi sistem yang berhenti, sehingga akan membuat penggunanya merasa kesulitan ketika akan menggunakannya. Salah satu cara mudah untuk memperbaiki biasanya di restart ulang.

baca juga: Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 Terus-Menerus

Namun, jika restart masih tidak bekerja dan mampu mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk menggunakan aplikasi cmd yang sudah tersedia di dalam perangkat elektronik. 

Ini akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam memakainya, sebab sudah ada banyak sekali referensinya di internet secara lengkap.

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 10 dengan CMD

Jika Anda mendapati masalah blue screen pada windows, jangan langsung panik. Ketahui berbagai penyebabnya terlebih dahulu agar solusinya bisa ditemukan secara tepat. 

Tidak perlu install aplikasi lain yang malah lebih membahayakan, cobalah untuk menggunakan CMD dalam menghilangkan blue screen yang sering terjadi terus-menerus. Begini caranya:

1. Buka Aplikasi CMD atau Sejenisnya

CMD merupakan kepanjangan dari Command Prompt. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi ini, karena biasanya sudah tersedia langsung di perangkat digital. Cara mencarinya, klik “windows pada keyboard atau layar, kemudian pilih “search/cari”.

Setelah itu, ketikkan keyword “cmd”. Nantinya, sistem akan membantu Anda mengarahkan ke aplikasi tersebut untuk bisa segera digunakan. Warna aplikasinya hitam putih dan tulisannya sudah jelas, tidak perlu bingung lagi dalam mencarinya nanti.

2. Run as Administration

Langkah kedua, setelah menemukan aplikasi cmd tersebut, Anda klik kanan pada mousepad, lalu pilih “run as administration”. Biasanya, setelah klik kanan, akan menemukan beberapa urutan perintah yang harus sistem jalankan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Setelah sistem menunjukkan bar atau kolom yang berkaitan dengan aplikasi, Anda bisa langsung menekan tombol “yes”. Nantinya akan muncul box “user account control”. Di situ, pengguna perlu mengetikkan beberapa kode sesuai masalah yang sedang dihadapi secara benar.

3. Ketik Perintah “scannow”

Berikutnya, ketikkan perintah cmd atau sfc scannow, lalu tekan enter. Sistem akan membaca perintah Anda secara cepat dengan menampilkan beberapa problem yang sedang dihadapi untuk melihat apakah masalah tersebut bisa diatasi atau tidak. Biasanya, tidak membutuhkan waktu lama.

Setelah semua proses selesai, jangan langsung memakai laptop atau pc komputer secara langsung. Restart lah terlebih dahulu agar windows dapat kembali bekerja setelah dilakukan pemulihan. Dijamin, cara ini akan memberikan Anda solusi dalam menyelesaikan error tersebut.

Itu tadi informasi tentang cara mengatasi blue screen pada windows 10 dengan CMD. Tidak perlu melakukan pengunduhan berbagai aplikasi yang nantinya akan memberikan dampak lebih buruk pada device Anda. Selain itu, janganlah panik terlebih dahulu, karena itu semua dapat terselesaikan.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Blue Screen Windows 10 Dengan CMD"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel