Iklan Header

Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator

Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator

Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator

Saat ini bermain game sudah menjadi hal yang diperlukan setiap orang. Dengan game, orang bisa melupakan sejenak hal buruk yang terjadi dan bahkan bisa menghibur diri dengan bermain game seperti ps2 di android.

Saat ini kamu bisa memainkan game melalui hp android dimanapun dan kapanpun. Tidak seperti jaman dulu, yang ketika ingin memainkan game ps1 dan ps2 maka harus mempunyai benda fisik terlebih dahulu. Tetapi kini dengan smartphone genggam yang kamu miliki sekarang, kamu bisa memainkan beragam jenis Game PPSSPP dan Game PS2 di android kamu secara offline tanpa lag.

Main PS2 di Android Secara Offline Tanpa Ngelag

Dengan menggunakan bantuan tambahan emulator, kamu bisa main ps2 tanpa lag sedikitpun. Berikut cara main ps2 di android offline :


1. Siapkan Device Dengan Spesifikasi Mumpuni


Syarat pertama yang harus kamu siapkan ialah memiliki spesifikasi device hp yang agak tinggi untuk mengantisipasi terjadinya lag pada saat menjalankan emulator. Kamu membutuhkan setidaknya perangkat kelas atas agar mendapatkan performa yang lancar tanpa lag. 

Kami merekomendasikan setidaknya perangkat yang setara dengan Snapdragon 845 dengan minimal ram sebesar 2gb sampai 3gb. Ini berarti 4 core besar (level Cortex-A75), dan jika Kamu hanya memiliki dua core besar (misalnya SoC seri Snapdragon 700, Kamu tidak boleh mengaktifkan fitur VU multi-utas, dan akibatnya kinerja yang akan menurun). Perangkat dengan GPU Mali atau PowerVR akan menjalankan aplikasi, tetapi kinerjanya akan lebih rendah daripada GPU Adreno. 

Jika Kamu ingin menggunakan aplikasi pada perangkat yang lebih lambat seperti spek android dibawah GPU Adreno dan Ram 1gb, Kamu dapat mencobanya akan tetapi permainan akan berjalan lambat (lagging), terutama pada judul permainan yang lebih berat seperti The Warriors dan Grand Theft Auto. 

Kamu dapat mencoba melakukan underclocking CPU dengan menyetel laju cycle rate ke angka negatif, dan cycle rate melompat ke angka positif di pengaturan Sistem, tetapi ini akan menyebabkan game paling lambat secara internal, atau paling buruk macet atau crash.


2. Siapkan Emulator PS2 AetherSX2

Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai emulator PS2 AetherSX2 merupakan emulator playstation 2 yang bisa kamu mainkan di android secara offline. AetherSX2 ini baru rilis pada 28 Desember 2021 dan mendapat apresiasi kepada para pecinta game karena kualitas dari emulator ps2 ini yang dapat menjalanka game ps2 tanpa macet-macet. Berbeda dengan Dolphin Emulator yang digunakan untuk bermain nintendo. 

Kamu bisa instal apk melalui website resmi yaitu www.aetherSX2.com atau kami merekomendasikan mengunduh melalui play store dan appstore langsung untuk mendapatkan versi terbaru dari emulator ini. Apakah emulator ini berbayar? Emulator ini gratis dan tidak ada pemungutan biaya apapun seperti emulator ps2 lainnya yaitu Damon Emulator.


3. Siapkan Game PS2


Setelah emulator dan device sudah siap, saatnya kamu menyiapkan game ps2 yang akan dimainkan. Sudah banyak website yang menyediakan game-game ps2 di android yang bisa kamu unduh secara gratis. Daftar kumpulan website unduh game ps2 yang bisa kamu kunjungi : 

  • Emuparadise.me
  • Coolrom.com
  • DownloadRoms.io
  • GamesTorrents.nu
  • LoveRoms.online
  • RomsMania.cc
  • RomHustler.org

Banyak sekali game ps2 yang tersedia bisa kamu unduh melalui website diatas untuk segera dimainkan di android. Kamu akan menemukan jenis game offline ps2 genre aksi, petualangan, tembak-tembakan seperti Naruto Shippuden, Basara 2 Heroes, Bully, Grand Theft Auto San Andreas, Bully, Dragon Ball Heroes, Black, Yugioh, Harvest Moon, Nascar Rumble Racing, Most Wanted, Mortal Kombat, Resident Evil (re4), SiMS, Captain Tsubasa, Smackdown, Lego Batman, Winning Eleven, Downhill, God of War, Pes, Nfs Underground, Guitar Hero dan lain-lain.


4. Jalankan Game Melalui Emulator


Setelah semua sudah siap. saatnya menjalankan game yang sudah kamu unduh. Yaitu dengan masuk keadalam emulator ps2, selanjutnya klik "import" pada file game ps2 yang sudah kamu miliki. Format dari game haruslah berupa .iso dan .cso untuk bisa dibaca pada emulator ps2 ini.

Setelah selesai mengimpor, kamu bisa mengatur terlebih dahulu pada kontrol dari emulator untuk menyesuaikan kontrol kamu.

Game PS2 Lag Saat Dimainkan, Bagaimana Cara Meningkatkan Performa?

Tiap game memiliki permintaan spesifikasi yang berbeda-beda, jadi kamu bisa memainkan game yang dirasa kuat pada spesifikasi android yang Kamu miliki, Kamu dapat mencoba memainkan game ps2 tersebut lalu melakukan underclocking CPU dengan mengatur kecepatan cycle rate ke angka negatif, dan cycle rate melompat ke angka positif pada pengaturan Sistem, tetapi ini akan menyebabkan game berjalan lambat secara internal, atau paling buruk terjadinya force crash atau penutupan paksa pada emulator.

Tutorial Meningkatkan Performa Emulator PS2

  • Pastikan fitur dari fastmem diaktifkan, terletak pada setting atau pengaturan Sistem. 
  • Aktifkan juga Multi-Threaded VU1 pada pengaturan Sistem. Ini akan mengurangi lag yang terjadi pada android jika perangkat Anda tidak memiliki minimum tiga core CPU mumpuni. 
  • Gunakan perender Vulkan jika Anda memiliki GPU Adreno. Perhatikan bahwa beberapa game akan ber-kinerja lebih baik dengan bantuan OpenGL, dan mungkin lag itu disebabkan karena tidak dirender dengan benar oleh  Vulkan. Sedangkan GPU Mali belum dilakukan uji coba dengan perender Vulkan oleh pihak pengembang. GPU Adreno sangat disarankan untuk memainkan ps2 di android tanpa ngelag.
  • Underclock CPU yang ditiru dengan mengatur tingkat cycle rate ke angka negatif, dan cycle rate skip ke angka positif di pengaturan Sistem. 
  • Untuk beberapa game, mengaktifkan opsi konversi "Preload Textures" dan "GPU Palette" yang terletak pada pengaturan Grafik sehingga dapat meningkatkan kinerja dari emulator. 
  • Jika lag terjadi karena pada sudut kamera (angle), ini mungkin karena unduhan pada GS yang sangat lambat pada GPU seluler. Anda dapat mencoba menonaktifkan "Hardware Readbacks" di opsi Grafik, tetapi ini dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti glitch.

Itu saja tadi tentang Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator yang bisa kamu coba pake secara gratis. Bisakah menggunakan stik ps? Kamu juga bisa memasang stik untuk tampil pada layar sehingga pengalaman bermain akan menjadi menyenangkan. Banyak caranya seperti membeli converter usb untuk colokan joystick, atau bisa membeli langsung joystick yang sudah support ke hp android.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Main PS2 di Android Offline Tanpa Lag dan Emulator"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel