Iklan Header

Fitur Gmail Tersembunyi Yang Berguna

Fitur Gmail Tersembunyi Yang Berguna

Gmail saat ini menjadi aplikasi mengirim pesan berupa berkas terpopuler. Bagaimana tidak, bahkan semua perusahaan maupun toko sudah mewajibkan menggunakan gmail dalam mengirim segala berkas. Mulai berkas dari foto, video, file lamaran kerja, maupun format lainnya. Tidak heran mengapa Google Mail atau Gmail menjadi populer dengan pengguna aktif yang tembus sampai 1,5 miliar.

Tidak banyak orang mengetahui fitur tersembunyi pada Gmail ini. Padahal beberapa fitur tersembunyi ini ternyata sangat berguna dan mampu meningkatkan kinerja semakin efektif. Berikut fitur Gmail tersembunyi yang berguna :

Fitur Gmail Tersembunyi Yang Berguna

1. Undo Send
Gmail memiliki fitur Undo Send yang bisa menarik kembali email yang sudah kamu kirimkan. Hal ini cocok sekali untuk kamu yang suka sedikit ceroboh, atau mungkin ketekan kirim padahal file belum siap dikirim. Gmail memiliki opsi tenggat waktu dalam hal ini, yaitu dari 5 hingga 30 detik menu Undo Send ini muncul. 

Untuk cara mengaktifkannya kamu hanya perlu memilih durasi pada setting - General - Undo Send. Dengan begitu kamu tidak perlu mencari tombo undo send, karena ini akan muncul sesaat kamu mengirimkan mail.

2. Snooze Email
Snooze merupakan sebuah fitur baru gmail yang kinerjanya mirip seperti alarm. Kamu bisa menyembunyikan email tertentu sampai kamu siap membacanya. Cara mengaktifkannya adalah dengan menyeleksi email, klik ikon tiga titik di toolbar dan kamu bisa memilih seberapa lama kamu ingin menyembunyikan email tersebut dan muncul lagi di inbox.


3. Password
Tidak jauh dari fitur sebelumnya yaitu "Confidential Mode". Jika kamu ingin menambahkan keamanan ekstra pada email, kamu bisa menambahkan password untuk membukanya. 

Cara mengaktifkannya pilih "SMS Passcode" dibawah "Require Passcode". Lalu nantinya gmail akan aka mengirimkan password melalui sms kepada penerima sehingga hanya dirinya yang bisa membuka email yang kamu kirim.

4. Menghapus Email Otomatis
Fitur ini bekerja seperti media sosial instagram dan snapchat. Bedanya, kamu bisa menyetel sendiri berapa lama waktu bertahan email tersebut sebelum dihapus secara otomatis. 

Cara mengaktifkannya dengan klik ikon jam kecil dengan gembok dibagian kanan bawah yang berbunyi "Turn Confidential mode on/off". Kamu bisa mengatur lamanya email bertahan mulai sehari sampai 5 tahun.

5. Menjadwalkan Email Otomatis
Kamu bisa mengatur kapan ingin mengirim email kepada orang lain dengan fitur scheduling. Caranya mudah, setelah menuliskan email selanjutnya klik panah dibawah disebelah tombol send kemudian klik "schedule send".  Disana kamu bisa memilih waktu dan tanggal pengiriman email secara otomatis. Dengan begitu, kamu bisa mengirim email tepat dengan waktu yang diberikan.

6. Smart Reply
Smart Reply adalah prediksi yang muncul saat kamu membalas email tertentu. Gmail mendasarkan prediksi tersebut pada gaya bahasa yang kamu gunakan sebelumnya. Kamu juga bisa melihat prediksi kata-kata yang serupa ketika mengetik email. Fitur yang mirip seperti autocorrect dan bisa kamu coba.

Itu saja tadi tentang Fitur Gmail Tersembunyi Yang Berguna yang bisa kamu coba. Sehingga kamu bisa lebih meningkatkan performa dengan fitur tersembunyi diatas.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Fitur Gmail Tersembunyi Yang Berguna"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel