Iklan Header

Bahaya dan Resiko Root Pada Ponsel Android


Siapa yang sering oprek ponsel nya? buat kamu yang udah sering otak-atik (oprek) hp nya pasti udah tidak asing lagi sama yang namanya "Root", karena memang diperlukan sekali untuk membongkar sistem akar di ponsel kamu. Apa itu Root? 

Root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem folder. 

Pada dasarnya root memiliki kelebihan untuk bisa mengakses folder akar penyimpanan pada android, namun kekurangan pada root ini juga sangatlah fatal. Berikut bahaya dan resiko root pada android :

Bahaya Ketika Root HP/Android Kamu

1. Saat Proses Root


Sebelum kamu memulai rooting, pastikan kamu harus tau dulu apa yang akan dilakukan dan apa yang akan terjadi setelah melakukan root. Nyatanya pada saat proses Rooting ini akan membuat kalian merasa antara takut dan berani. Kenapa?

Karena jika terjadi gagal root dalam suatu proses, android/ponsel kamu akan mengalami Bootlop. Apa itu Bootloop? Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem android. Ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.


2.Virus



Saat kamu bisa membongkar system file maupun memberi akses ke system (root), ternyata setelah sobat melakukan Root android/ponsel kamu rentan sekali untuk dimasuki virus. 

Kenapa ? karena dengan melakukan proses root, berarti kamu sudah mengizinkan system terbuka dan virus bisa saja masuk melalui situs ataupun aplikasi yang sobat kunjungi. Maka berhati-hati lah dalam melakukan unduhan aplikasi manapun.

Sebaiknya jika mengunduh aplikasi apapun lewat playstore atau appstore saja, karena sudah terjamin kemanan dari aplikasi tersebut.


3.GARANSI HANGUS



Apa yang terjadi kalo ponsel kamu masih punya garansi trus dilakukan root? tentu saja garansi pada hp kamu akan hangus. Akibatnya kalau hp mengalami masalah/rusak, kamu harus membayar menggunakan uang sendiri. 

Bukan cuma itu saja, jika dijual kembali, harga nya pun akan sangat berbeda jauh karena garansi yang tidak tersedia.

Itu saja tentang bahaya dan resiko gagal root pada android yang bisa kamu ketahui. Perlu dipikirkan kembali jika ingin melakukan perizinan rooting ada hp android kamu.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Bahaya dan Resiko Root Pada Ponsel Android"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel