Iklan Header

Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial

Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial

Kita semua tidak bisa jauh dari namanya media sosial. Setiap orang bahkan hampir  memiliki akun sosial media nya sendiri agar tetap eksis mengikuti tren yang ada. Berbicara tentang medsos atau media sosial tentu memiliki dampak positif dan negatifnya tersendiri yang tergantung kepada penggunanya. 

Medsos memiliki dampak positif jika kamu gunakan dengan bijak seperti untuk membangun koneksi pertemanan, mempromosikan barang dan jasa hingga membantumu mendapat informasi terkini yang berada di seluruh dunia. Namun, di balik itu medsos juga memiliki dampak buruk jika kamu sampai Kamu kecanduan bermain medsos hingga membuatmu tidak percaya diri ketika melihat kehidupan orang lain yang mewah di dunia maya. 

Tetapi tenang saja, berikut ini ada tips privasi aman saat menggunakan sosial media:

Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial

Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial

1. Jaga Informasi Yang Bersifat Pribadi di Sosial Media

Ini merupakan salah satu hal yang penting kamu lakukan dengan menjaga keamanannya. Terutama bagi kamu yang gemar sekali menggunakan sosial media. Beri pengawasan yang lebih kepada informasi pribadi seperti biodata diri nama lengkap, nomor hp, nomor rekening, bahkan sampai alamat tempat tinggal kamu saat ini.

2. Bijak Dalam Memilih Teman di Sosial Media

Agar kamu bisa menjadi seseorang yang baik, kamu harus memulai dari memilih teman yang baik terlebih dahulu. Jika kamu memiliki tema yang pola pikir dan hobi sejalan atau bahkan kamu bisa mengikuti komunitas yang kamu minati.

Kamu bisa memilih akun-akun komunitas pada sosial media untuk membantu kamu mencari koneksi memilih teman yang baik didalam komunitas.


3. Memilih Postingan Yang Layak 

Kamu perlu mempertimbangkan mana hal yang layak untuk dikonsumsi oleh publik atau tidak. Meskipun sudah tersedia fitur privasi, kamu tetap harus mempertimbangkan hal ini. Ada beberapa hal yang tidak harus dipublish pada media sosial kamu seperti masalah pribadi ataupun kehidupan pribadi.

4. Jaga Etika Komunikasi dalam Bersosial Media

Jangan sampai jari-jari kamu mengetik hal yang tidak sopan saat berkomentar, karena itu bisa menyakiti perasaan orang lain. Hindari perkataan kasar atau berbau unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan. Jadi, belajarlah untuk menghargai orang lain dan pastikan kamu sudah menggunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi.

5. Tetap Waspada Terhadap Jenis Penipuan

Orang yang kamu lihat di dunia maya bisa saja berbeda dari apa yang mereka publish atau pasang pada medsos nya. Sehingga hal itu membuat orang lain mudah percaya. Maka dari itu hati-hati saat menerima tawaran maupun ajakan melalui orang yang tidak kamu kenal melalui sosial media.

Itu saja tadi tentang Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial yang bisa kamu terapkan saat ini agar lebih aman dalam berseluncur di semua medsos.


Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Privasi Aman Saat Menggunakan Media Sosial"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel