Iklan Header

Arti Istilah Jual Beli iPhone (iCloud, IMEI, iBOX, OEM)

Arti Istilah Jual Beli iPhone (iCloud, IMEI, iBOX, OEM)

Arti Istilah Jual Beli iPhone (iCloud, IMEI, iBOX, OEM)

Khusus untuk mereka yang awam dalam dunia jual beli iPhone di marketplace khususnya yang berhubungan dengan istilah-istilah dari seller dan juga buyer  tentang produk iPhone yang mereka jual. 

Kalau zaman dulu ketika di fjb atau forum jual beli Kaskus ada istilah-istilah seperti "boleh nawar tapi jangan Afgan" artinya HPnya boleh nawar tapi jangan sadis. Nah sekarang marketplace makin banyak istilah-istilah pasar seperti itu masih tetap ada dan tidak hilang.

Artikel ini mau menjelaskan satu persatu istilah-istilah yang biasanya disematkan di sebuah produk iPhone bekas. tujuan video ini tidak lain untuk kalian yang awam bisa mengerti apa yang dimaksud oleh penjual. Dan nantinya bisa memberikan penilaian kepada barang yang ingin di beli. Apakah barang tersebut layak beli atau tidak. 

Arti Istilah Jual Beli iPhone (iCloud, IMEI, iBOX)

Oke mari kita mulai yang pertama Dulu Deh yang biasanya tertera di judul yaitu "fullset" nah ini artinya seller menjual iPhone ini lengkap dengan aksesorisnya boleh dari dus buku, kepala, dan kabel charger dan bahkan terkadang dapat sticker Apple. 

Tetapi jangan mengira semua aksesoris ini asli lho ya, kalau memang dapat yang asli udah dipastikan kalian mendapatkan harta karun. 

Original Equipment Manufacture (OEM)

Yang beredar di market biasanya fullset OEM atau fullset aksesoris OEM nah ini artinya barang fullset dengan aksesoris OEM. Apa itu OEM, OEM adalah singkatan dari original equipment manufacture yang artinya aksesoris ini original dari Apple tetapi diproduksi oleh pihak ketiga atau punya jalur distribusi yang berbeda. Para selebritis biasanya menggunakan istilah OEM padahal produknya KW atau palsu. 


"OEM" itu original dan "KW" itu palsu, saran terbaiknya yaitu  jangan terlalu berharap dengan aksesoris-aksesoris iPhone ini apalagi untuk charger dan kabel. Jangan mengambil resiko, mendingan pilih seller yang mencantumkan deskripsi fullset Oem. 

Batangan iPhone

Istilah yang berikutnya yaitu "batangan" nah batasnya berarti kelengkapan unit nya hanya HPnya aja atau iphonenya aja tanpa aksesoris dan lain-lain. Oke yang kedua ini istilah "ex-inter" nah ini adalah kependekan dari x atau Hai internasional iPhone ini adalah unit luar negeri yang dibawa ke Indonesia untuk dijual lagi. 

Dan  istilah Inter ini bukan cuma berlaku untuk iPhone bekas, iPhone baru juga bisa dikatakan dan Biasanya ini berhubungan dengan garansi mana yang berlaku dan dimana kita Bisa mengklaim garansi kita. Dan ini cuma berlaku untuk iPhone dengan masa garansi yang masih berlaku dengan ada garansi internet dan garansi iBox. 


Garansi iBox lebih mudah untuk diklaim karena statusnya garansi resmi Indonesia dan kalau ada apa-apa tinggal bawa saja ke iBox. Sementara garansi internet lebih sedikit ribet seperti yang dialami oleh para pengguna.

Silent Camera

Yang ketiga istilah "silent camera" secara definisi ini simpel untuk dimengerti. Kamera ya berarti kameranya tidak mengeluarkan suara pada saat memotret, tapi artinya apa memang ada iPhone dengan kamera yang tidak mengeluarkan suara? jawabannya ada, yaitu iPhone versi Jepang dan Korea yang kameranya tidak silent dan mengeluarkan suara pada saat memotret, dan ini berhubungan dengan regulasi di kedua negara tersebut yang melindungi privasi warganya jadi nggak bisa tuh memotret-memotret orang sembarangan udah paham ya "silent camera" berarti unit yang dijual bukan unit Jepang atau Korea.

iCloud

Yang keempat ada istilah "iCloud kosong, iCloud aman, atau bebas riset",nah iCloud kosong artinya iPhone yang dijual bisa kalian reset lalu disambungkan dengan Apple ID milik kalian, sehingga IPhone bisa dipakai sebagaimana mestinya memang ada. 

iPhone yang icloudnya terisi dan tidak bisa direset biasanya itu iPhone curian sebagaimana kita ketahui sebuah akun akan selalu konek dengan satu Apple ID untuk mengakses iCloud dan fitur-fitur keamanan seperti find my Iphone saat iPhone dicuri Apple ID dari pemilik lama masih terkoneksikan dengan iPhone tersebut dan iPhone pun tidak bisa diakses dan tidak bisa direset. 

Beda halnya apabila pemilik lama memang ingin menjual iphonenya tersebut pasti sebelum dijual terlebih dahulu ia akan sign out dari iCloud dan menonaktifkan find my iPhone sehingga pemilik baru bisa mereset iPhone tersebut dan menggunakannya secara bebas. 

Jadi misal kalau mau beli iPhone second pastikan icloudnya kosong dan iphonenya bisa direset kalau gak bisa kemungkinan besar itu iphone curian dan  jangan dibeli.

IMEI

Istilah yang kelima ada "IMEI tembus" nah ini artinya adalah serangkaian nomor seri yang berfungsi untuk mengidentifikasi kalau produk tersebut asli dan semua data terkait unit produk tersebut seperti model unit itu mulai dari klasifikasi, tanggal aktivasi, dan masa garansinya itu semua bisa dicek dan dikonfirmasi melalui sebuah website resmi. 

IMEI tembus disini berarti pada saat IMEI produk dimasukkan ke website resmi Apple tersebut data yang keluar cocok dengan unit yang kita pegang dan itu bisa jadi bukti kalau unit yang kita beli adalah unit yang original.

istilah yang harus dimengerti pada saat kita membaca deskripsi dari seller iPhone second. Selain itu ada pula istilah-istilah yang pernah dibahas juga secara detail  misalnya "BH 90-90" persen yang berarti batre help dari iPhone tersebut 90-95 persen lalu Trio tool hijau yang berarti pada saat dilakukan pengecekan melalui software trio tools, skor yang keluar menunjukkan angka 100 yang berwarna hijau dan berarti belum ada part dari iPhone tersebut yang diganti. 

Dan selalu ingat bahwa baterai health dan Trio tools tidak bisa dijadikan acuan karena bisa dimanipulasi. Itu saja tadi tentang arti isitilah jual beli iPhone seperti iCloud, Imei, iBox, OEM)

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Arti Istilah Jual Beli iPhone (iCloud, IMEI, iBOX, OEM)"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel