Iklan Header

5 Cara dan Penyebab Kamera Laptop Webcam Tidak Berfungsi

5 Cara dan Penyebab Kamera Laptop Webcam Tidak Berfungsi

Kamera menjadi hal yang penting untuk sebagian orang dan bahkan karena  kamera, kita bisa bertemu tatap muka dengan jarak jauh. Tidak hanya kamera genggam, kini fitur kamera sudah merambah ke smartphone dan laptop yang bisa disebut sebagai webcam. Di situasi saat ini, kita diharuskan melakukan sesuatu secara daring, seperti saat meeting, belajar, dan kegiatan lain yang mencegah berkerumunan.

baca juga : 3 Ciri-Ciri Thermal Paste Laptop Kamu Sudah Harus Ganti

Namun masalah yang terjadi bagi sebagian orang adalah kamera laptop nya yang tidak berfungsi dengan baik yang menyebabkan pekerjaan menjadi terganggu. Jangan khawatir, berikut 5 Cara dan Penyebab kamera laptop rusak ini bisa terjadi karena hal-hal berikut :

  1. Install Ulang Driver Kamera Laptop
    Setiap hardware pada laptop memiliki driver, seperti speaker, mouse, keyboard, dan lain-lain. Sama halnya dengan kamera yang memiliki driver yang tertanam pada laptop. Kamu bisa meng-install ulang driver kamera pada laptop kamu untuk memperbaiki kamera laptop yang rusak atau tidak berfungsi. Jangan lupa pastikan sudah sesuai dengan tipe laptop yang dipakai sekaligus versi windows kamu.

  2. Melalui Device Manager
    Kamu bisa mengupdate driver dengan pergi ke device manager dengan cara klik kanan pada mouse + pilih properties, selanjutnya klik "device manager". Selanjutnya pilih menu "camera" dan klik "update driver software". Selanjutnya kamu akan menunggu dan nantinya driver kamera pada laptop kamu akan otomatis terupdate.

  3. Pasang Cam Tambahan
    Jika kamera laptop kamu masih tidak berfungsi, kamu bisa menambah cam tambahan yang bisa kamu beli di toko elektronik atau online shop yang berkisar dari harga 75rb sampai 150rb untuk kualitas baik yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga bisa membeli dengan kualitas yang sangat baik tetapi dengan harga sampai 500rb.

  4. Install Ulang Laptop
    Jika ketiga cara diatas masih tidak bekerja, kamu bisa melakukan install ulang pada laptop kamu. Install ulang laptop ini bertujuan untuk mengganti sistem agar kamera aktif, tetapi dengan catatan bahwa "driver kamera" harus sudah terpasang pada laptop sebelumnya.

  5. Service Laptop
    Cara kelima, jika kita tidak bisa memperbaiki kamera laptop sendiri, kamu bisa melakukan service laptop di toko elektronik maupun tempat merk laptop kamu seperti Acer Centre dan lain-lain. Cara kelima ini bertujuan mencari tahu penyebab dari mengapa kamera laptop kamu tidak berfungsi dengan baik. Bisa saja kamu harus mengganti komponen laptop kamu.
Itu saja tadi tentang 5 Cara dan Penyebab Kamera Laptop Tidak Berfungsi dengan baik yang bisa kamu lakukan secara mandiri sebelum pergi ke tempat service laptop. Tetapi jika masih tidak berfungsi, dengan terpaksa kamu harus memberikan kepada ahlinya. Bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara yang memiliki kamera laptop yang tidak nyala.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Cara dan Penyebab Kamera Laptop Webcam Tidak Berfungsi"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel