Iklan Header

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Tua yang Praktis dan Mudah

 

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Tua yang Praktis dan Mudah

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Tua yang Praktis dan Mudah

Semua barang elektronik mempunyai waktu daya hidupnya masing-masing, namun  kinerja mereka akan melemah jika sudah dipakai selama 5-10 tahun lebih termasuk  pada laptop. Laptop tua bisa menjadi penyebab mengapa laptop kamu lemot bahkan setelah membersihkan memori. Nah berikut 10 cara meningkatkan performa laptop tua dapat dicoba untuk membuat semua kinerja lebih cepat lagi dan fresh tentunya.

baca juga : 4 Browser Ringan Buat PC Kamu Yang Low End (Kentang)

10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Tua

Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan oleh semua orang, karena bahan yang diperlukan banyak di pasaran. Mencoba bukanlah hal yang salah, maka dari itu jika kalian merasa laptop sudah tua dan performa datanya menurun kalian bisa menggunakan cara-cara di bawah ini :

  1. Cek Recycle Bin dan Hapus Semua Filenya

Pada semua laptop atau komputer akan selalu memiliki recycle bin, yang berguna sebagai penampung beberapa file yang telah dihapus. File yang sudah kamu hapus tidak akan hilang selamanya, melainkan akan bertahan di recycle bin ini selama 30 hari sebelum terhapus selamanya. Nah, tidak kalian sadari biasanya keberadaan sampah tersebut membuat performanya melambat, sehingga menghapusnya sedikit mengurangi beban berat kinerjanya.

  1. Ganti Kapasitas RAM pada Laptop

Tidak hanya ponsel yang mempunyai RAM, sebelum keluar smartphone dengan kapasitas kinerja mumpuni, laptop sudah berdiri lebih dulu menggunakan Ram. RAM sendiri adalah Random Access Memory, untuk penyimpanan data sehingga kinerja perangkat Anda lebih cepat. Laptop memiliki slot RAM paling sedikit ada 2 dan kalian bisa memanfaatkan hal ini dengan menambah kapasitas RAM. Untuk harga RAM tergantung dari kapasitas yang ingin ditambah.

  1. Menghapus Aplikasi atau Program tidak Penting

Aplikasi atau program pada laptop mempunyai kapasitas besar sehingga menumpuknya alih-alih koleksi malah membuat performa laptop menjadi kacau karena mengingat umurnya sudah tua. Jangan dipaksakan mereka seperti ketika baru pertama beli, semakin kesini pembaruan aplikasinya akan lebih besar ukurannya. Kamu bisa menghapus beberapa aplikasi atau program yang tidak penting untuk meningkatkan performa laptop kamu.

  1. Mengganti Hardisk menjadi SSD

Beberapa laptop dan komputer tua tentunya masih menggunakan material lama sebagai transfer data, yaitu hardisk dengan cara kerjanya yang masih menyerupai disket. Coba gantilah menjadi SSD, merupakan Solid State Drive yang lebih modern karena mempunyai kinerja mirip MicroSD, USB Flashdisk dan RAM yang membuat transfer data menjadi lebih cepat.

  1. Memasang  Aplikasi Anti Virus

Virus merupakan penyakit lama pada komputer atau laptop dengan software Windows yang rentan. Berbeda dengan IOs, yang sudah proteksi dirinya dari virus. Menumpuknya virus pada laptop apalagi sudah berusia tentunya mengurangi kinerja sehingga dengan memasang anti virus bisa memproteksi dan menghapusnya. Banyak antivirus gratis yang bagus seperti Avira, Avast, dan lain-lain yang bisa kamu coba pada laptop kamu yang tua.

  1. Merubah Pengaturan Virtual Memory

Perannya sama seperti RAM, hanya tidak lebih besar. Namun mengatur ulang kemungkinan bisa membuat kinerja laptop tua kalian lebih fresh atau cepat. Pengaturan terletak di control panel, ubahlah menjadi custom size dari Automatically manage paging file size for all drives.

  1. Memanfaatkan Disk Cleanup

Disk cleanup berfungsi membantu dalam membersihkan file dengan sifat sementara di dalam hardisk, jika pada ponsel seperti cache data. Caranya sangat mudah, coba klik kanan di drive lalu masuk ke dalam properties dan pilihlah Disk Cleanup. Langkah init juga bisa dilakukan rutin untuk berbagai model laptop. Sehingga laptop memiliki peningkatan performa.

  1. Menggunakan Hibernate Mode

Mempunyai fungsi menyimpan sebagian memory ketika sedang dalam keadaan dimatikan, dampaknya akan membuatnya lebih segar kembali. Langkah yang satu ini menjadi fasilitas lain di sebuah program laptop yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang awam dalam hal teknologi. Menggunakan hibernate mode ini bisa mengirit pemakaian pada RAM laptop kamu.

  1. Rutinkan Melakukan Defrag

Melakukan Defrag secara rajin pada hardisk akan membantunya bekerja lebih handal. Caranya kalian hanya perlu klik kanan, lalu pilihlah properties, lanjut Defragment Now, selanjutnya tunggulah hingga selesai. Mudah namun terkadang terabaikan, setidaknya cara ini bisa kalian coba untuk meningkatkan performa laptop kamu.

  1. Hentikan Program yang Masih Berjalan di Startup

Startup windows merupakan wadah bagi beberapa program yang sedang Anda buka atau berjalan pada memori. Dengan menghentikan semuanya, dijamin laptop akan kembali segar dan berjalan sesuai keinginan ketika akan memulai menggunakan laptop.

Lakukanlah 10 cara meningkatkan performa laptop tua di atas dari yang termudah, artinya cobalah beberapa cara sederhana tanpa harus membeli dan mengganti sehingga mengurangi penggunaan biaya. Selagi masih dapat diatasi tanpa biaya mengapa harus melangkah ke cara berbayar. Bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara yang masih menggunakan laptop tua.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Meningkatkan Performa Laptop Tua yang Praktis dan Mudah"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel