Iklan Header

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS

Perkembangan era digital yang paling terasa yaitu perkembangan teknologi smartphone. Dengan kehadiran smartphone ini, sudah banyak hal-hal yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari seperti salah satunya untuk berkomunikasi.

Tidak hanya itu saja, smartphone juga bisa kamu gunakan untuk memesan tiket kendaraan jarak jauh, memesan makanan, membayar tagihan, membaca berita, mengelola berkas, dan komunikasi mengirim pesan sms.

Namun berbeda dengan era tahun 2009, kini semua orang lebih menggunakan aplikasi chatting. Aplikasi chatting ini antara lain seperti WhatsApp, Line, WeChat, dan masih banyak lainnya. Beberapa aplikasi ini menjadi populer karena kita bisa mengirim pesan tanpa memerlukan pulsa, yakni hanya kuota internet saja.

SMS atau Short Message Service adalah layanan pesan teks yang memungkinkan pengguna ponsel untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat hingga 160 karakter atau lebih melalui pulsa. 

Layanan ini banyak digunakan sebagai alternatif panggilan suara karena lebih murah dan lebih cepat. SMS juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke beberapa orang secara bersamaan. 

Pesan SMS dapat digunakan untuk mengirim pesan singkat, seperti untuk mengirim pesan ucapan selamat, menegaskan janji temu atau bahkan hanya untuk mengatakan "hai".

Meskipun begitu, terkadang ada juga pengguna yang masih memilih menggunakan SMS untuk mengirim pesan. Apalagi jika pengguna tersebut dalam keadaan tidak memiliki kuota dan internet data, jadi bisa mengandalkan sms ini.

Tidak selamanya berjalan mulus, terkadang ada juga pengguna yang mengalami masalah saat ingin mengirim sms. Masalah tersebut seperti hp smartphone tidak bisa kirim sms.

Tentu hal ini akan membuat kita kesal, disaat lagi genting nya untuk mengirim kabar tetapi malah tidak bisa kirim sms. Tetapi jangan khawatir, karena dilansir dari Thelastsurvivors, kini kamu bisa mengatasi hp yang tidak bisa kirim sms dengan mudah.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS

  1. Pastikan bahwa ponsel Anda memiliki sinyal yang kuat dan bahwa Anda memiliki sinyal untuk mengirim SMS. Karena pada dasarnya sinyal tidak hanya digunakan untuk internet saja, melainkan untuk mengirim pesan dan menelpon juga membutuhkan sinyal.

  2. Periksa pengaturan SMS di ponsel Anda untuk memastikan bahwa pengaturan jaringan SMS dan nomor pusat pesan sudah benar. Nomor pusat pesan biasanya dapat ditemukan di bawah pengaturan SMS.

  3. Coba matikan ponsel Anda selama beberapa detik, lalu hidupkan kembali. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah sementara pada ponsel.

  4. Pastikan bahwa tidak ada pembatasan panggilan atau blokir yang diaktifkan di ponsel Anda yang mencegah Anda mengirim SMS. Periksa juga daftar nomor yang diblokir di ponsel Anda dan pastikan nomor penerima tidak termasuk di dalamnya.

  5. Jika masalah masih berlanjut, coba untuk mereset pengaturan jaringan di ponsel Anda. Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan jaringan.

  6. Jika semua cara di atas belum berhasil, coba hubungi operator jaringan seperti Indosat, Telkomsel, XL, Three, Axis Anda untuk memeriksa apakah ada masalah di jaringan mereka atau ada masalah dengan kartu SIM Anda. Mereka juga dapat membantu Anda mengatasi masalah dengan ponsel Anda.

  7. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda harus dapat memperbaiki masalah pada ponsel Anda dan mulai kembali mengirim SMS.

  8. Aktifkan Izin Aplikasi Pesan, apabila Anda selalu gagal dalam mengirim sms, kemungkinan terdapat izin di aplikasi nonaktif. Oleh sebab itu, Anda mesti mengaktifkan perizinan tersebut agar SMS dapat terkirim.

    Caranya, silahkan masuk ke Pengaturan/Setting > aplikasi > cari aplikasi pesan > masuk ke menu izin> aktifkan seluruh perizinan yang tersedia.
    Sesudah itu, silahkan Anda kirim SMS ulang, maka pesan bakal cepat terkirim lantaran semua izin sudah diaktifkan.

  9. Cek Saldo Pulsa, silahkan Anda cek juga pulsa milik Anda. Mungkin untuk beberapa dari Anda menganggap hal ini hanya sekedar sepele. Namun, untuk mengirim SMS ke nomor lain maka kartu SIM harus punya sisa pulsa yang mencukupi. 

    Apabila pulsa Anda habis atau tidak mencukupi, maka sudah tentu SMS tidak akan bisa terkirim atau gagal. Berbeda dengan penggunaan aplikasi chatting yang lebih mengandalkan kuota internet data, sms justru menggunakan saldo pulsa kamu. Cara cek pulsa pada masing-masing operator tidak sama. Sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan provider yang Anda pakai.

  10. Masa Aktif Kartu, Masa aktif kartu juga sangat mempengaruhi layanan yang bisa diperoleh penggunanya. Walaupun sisa pulsa di SIM card masih ada, namun jika masa aktif kartu tersebut telah habis maka tetap saja Anda tidak bisa kirim pesan. Tidak hanya kirim pesan saja, jika masa aktif kartu kamu habis maka kamu tidak akan bisa nelpon atau mengaktifkan paket internet.

10 Cara mengatasi hp tidak bisa kirim sms diatas bisa kamu praktekkan jika hp smartphone kamu mengalami masalah tersebut. 

Intinya jika kamu tidak bisa mengirim sms, pasti ada penyebabnya seperti sinyal yang tidak ada, pengaturan sms dimatikan, membatasi panggilan, perizinan pesan, tidak memiliki saldo pulsa, dan masa aktif kartu yang melawati batas.

Namun jika masih tidak bisa diperbaiki, maka solusi terbaik yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan aplikasi chatting pada hp smartphone kamu. Berikut ini rekomendasi aplikasi chatting yang bisa kamu gunakan pada hp smartphone kamu.

  1. WhatsApp: Selain mengirim pesan teks dan panggilan suara gratis, WhatsApp juga memungkinkan Anda mengirim SMS gratis ke kontak Anda yang menggunakan aplikasi ini.

  2. Facebook Messenger: Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan panggilan suara gratis, serta mengirim SMS gratis ke kontak Facebook.

  3. Line : Aplikasi yang tidak jauh berbeda dengan whatsapp, pengguna dapat mengirim pesan teks ataupun pesan suara menggunakan aplikasi chatting Line. Aplikasi chatting line ini cukup terkenal karena fitur Stiker nya yang lucu-lucu.

    Selain sebagai aplikasi pesan dan panggilan, LINE juga memiliki fitur terkait sosial media, seperti Timeline, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, dan tulisan dengan teman dan pengikut. LINE juga menyediakan fitur-fitur bisnis, seperti Official Account, yang memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pengguna LINE secara langsung.

  4. Telegram: Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan panggilan suara gratis, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks ke nomor telepon yang tidak terdaftar di Telegram.

  5. WeChat : Aplikasi chatting wechat sempat merajai sebagai aplikasi populer, namun posisinya tergantikan oleh whatsapp. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi whatsapp, bahkan logo dari aplikasi wechat pun sangat mirip seperti whatsapp. Kamu tetap bisa mengirim pesan ataupun panggilan telpon pada aplikasi chatting ini.

Itu saja tadi tentang cara mengatasi hp tidak bisa kirim sms yang bisa kamu coba diatas.

Bagikan juga informasi diatas kepada teman, kerabat, dan saudara kamu yang mengalami masalah diatas dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel