Iklan Header

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Tapi Hidup dan Menyala

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Tapi Hidup dan Menyala

Penyebab dari layar HP blank hitam maupun putih tetapi kondisi HP hidup yang dimaksud bukan karena habis kena air ataupun akibat kerusakan fisik seperti jatuh terbentur dan sebagainya.

Tetapi layar HP blank disebabkan oleh sistem operasi yang mengalami masalah. Penyebab layar HP blank hitam maupun putih ya biasanya karena terlalu berlebihan menjalankan aplikasi yang berat sehingga HP jadi panas dan overheating.

Dan penyebab layar hang bahkan Blank yang disebabkan overheating karena menggunakan HP sambil ngecharge. Selanjutnya update sistem operasi atau OS pembaruan yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Serakah dalam menggunakan aplikasi HP seperti contoh kebanyakan aplikasi yang dibuka atau sering bongkar pasang aplikasi akan mengakibatkan RAM menjadi kewalahan.

Kinerja dan kapasitas IC MMC penuh dan sesak yang membuat Android akhirnya menjadi blank. Bisa terjadi blank hitam maupun putih termasuk juga ketika terlalu banyak membuka menggunakan aplikasi secara bersamaan atau biasa disebut over multitasking.

Jika disamakan dengan otak manusia, hp android kamu terlalu menjadi banyak diberi beban pikiran hingga akhirnya layar hp menjadi hitam tapi hidup menyala.

baca juga : Berikut 6 Cara Atasi HP Mati Sendiri Padahal Baterai Penuh Lengkap

Kondisi kesehatan baterai yang mulai lemah itu bisa juga jadi penyebab layar HP ngeblank karena suplai daya listrik menjadi tidak stabil. Perangkat dan komponen-komponennya tidak mendapat asupan daya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Tapi Hidup dan Menyala

Refresh sistem Android atau mengistirahatkan HP agar jadi segar kembali caranya tekan tombol power tahan beberapa detik sampai muncul menu boot pilih yang power off, lalu copot baterai, sim card dan memory card.

Diamkan sekitar 10 menit, setelah itu pasang lagi komponen yang tadi dilepas dan hidupkan HP kembali. Hapus file tidak penting dan file sampah, caranya dengan membuka menu setelan atau setting, pilih menu penyimpanan atau storage.

Pilih data dan cache lalu klik tombol Ok pada halaman konfirmasi penghapusan. Jika tidak bisa menghapus cache dari menu setelan karena HP ngeblank hitam maupun putih, kamu bisa melakukan penghapusan cache di Recovery mode.

Caranya tekan bersamaan dan tahan tombol power dan volume lalu lepas. Jika sudah masuk ke recovery mode, gunakan tombol volume untuk naik turun cari menu sedangkan tombol power untuk eksekusi.

Selanjutnya cari menu "Wipe Cache" kemudian klik menu "Wipe Cache Partition" lalu tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan partition cache selesai.

Lalu klik menu reboot untuk kembali ke perangkat normal. Apabila cara diatas tidak mampu mengatasi masalah layar HP yang ngeblank hitam maupun putih tetapi HP hidup, maka lakukan reset HP di recovery mode.

Cara masuk ke recovery mode sama seperti tadi namun menu yang dipilih adalah "wipe data atau factory reset". Hai kemudian pilih menu "yes delete all user data" dan tunggu hingga proses reset selesai.

Lalu klik menu reboot untuk kembali ke perangkat seperti sedia kala. Dan jika proses reset Android masih belum bisa mengatasi layar blank hitam maupun putih ya bisa dipastikan terjadi kerusakan pada komponen perangkat dan harus dicek fisik oleh yang ahli dibidangnya.

Kamu bisa menuju ke gerai toko resmi untuk mengklaim garansi, sehingga kerusakan yang terjadi bisa teratasi dengan ahlinya. Jika garansi kamu hidup, maka kamu tentu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Itu saja tadi cara mengatasi layar hp blank hitam/putih tapi hidup menyala yang bisa kamu coba. Bagikan juga informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang memiliki permasalahan pada hp yang sama.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam/Putih Tapi Hidup dan Menyala"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel