Iklan Header

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Tersedia di Playstore

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Tersedia di Playstore

Mungkin kamu pernah mengalami ingin menginstall aplikasi akan tetapi tidak tersedia pada playstore di hp kamu. Sedangkan di playstore hp orang lain malah tersedia, sedangkan di hp kamu aplikasi tersebut tidak tersedia pada playstore.

Seperti yang kita tahu, playstore merupakan sebuah tempat mengunduh aplikasi atau game yang dikhususkan untuk pengguna android. Sebagai aplikasi bawaan, tentu playstore menjadi tempat yang sangat aman untuk mengunduh berbagai macam aplikasi.

Playstore memiliki keamanan yang tinggi, sehingga sudah dipastikan aman dan terhindar dari virus berbahaya. Tidak heran jika semua pengguna lebih memilih mengunduh dari playstore daripada tempain lain.

Namun tidak selamanya mengunduh aplikasi melalui Playstore berjalan dengan lancar. Ada kalanya masalah seperti aplikasi yang tidak tersedia saat ingin menginstall aplikasi seperti mobile banking maupun game semacam Genshin Impact, League of Legends Wild Rift, dan Mobile Legends.

Namun jangan khawatir, berikut cara mengatasi aplikasi yang tidak tersedia di playstore.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Tersedia di Playstore

Jujur saja, terkadang hal ini terjadi pada hp saya. Karena hp yang saya gunakan saat ini masihlah model jadul yaitu Xiaomi Redmi 3S. Tentu banyak aplikasi yang tidak bisa saya install melalui Playstore.

Bukan hanya tidak bisa, bahkan aplikasi yang ingin diinstall tidak tersedia pada hp android. Lalu apa yang harus dilakukan ketika ini terjadi?

1. Mengunduh dan Menginstall Manual Tanpa Playstore


Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi selain dari playstore. Kamu bisa mengunduh mentahan "APK" yang digunakan saat menginstall nanti. 

Format "Apk" merupakan sebuah format yang dikhususkan pada instalasi aplikasi. Kamu bisa menggunakan segala jenis browser, lalu ketik di kolom search aplikasi apa yang ingin di unduh lalu tambahkan kata "apk" diakhir kalimat seperti contoh "Paypal Menyimpan Uang Apk".

Pastikan bahwa format pada file yang kamu unduh itu berakhiran ".apk". Karena android hanya bisa menginstall pada file berformat tersebut.

2. Menurunkan Versi Aplikasi


Cara mengatasi aplikasi yang tidak tersedia kedua, kamu bisa menurunkan versi aplikasi yang ingin di-install. Beberapa faktor aplikasi tidak tersedia bisa saja versi terbaru menginginkan spesifikasi requirement yang tinggi. 

Sedangkan hp kamu dianggap tidak layak/tidak kuat untuk dipakai saat menjalankan aplikasi tersebut. Cara yang perlu kamu lakukan ialah dengan menggunakan browser, lalu ketika seperti contoh "Paypal Menyimpan Uang Apk oldest version".

Yang artinya kamu mencari aplikasi Paypal dengan versi aplikasi yang lama. Namun sayangnya tidak semua aplikasi bisa digunakan oleh cara kedua ini.

Terkadang ada beberapa apikasi yang mengharuskan pengguna nya untuk melakukan pembaruan versi demi keamanan dan fitur terbaru. 

Tetapi jika aplikasi semacam aplikasi edit foto Picsay Pro yang tidak memerlukan data, itu bisa kamu lakukan dengan menurunkan versi aplikasi Picsay Pro tersebut.

3.  Menggunakan Alternative Playstore


Perlu kamu ketahui, sebenarnya ada aplikasi yang mirip seperti playstore yang bisa kamu coba untuk mengatasi aplikasi yang tidak tersedia di Playstore. Seperti contoh Apptoide yang menyajikan beragam aplikasi dan game.

Fitur unggulan dari market Apptoide yaitu kamu bisa melakukan pause pada unduhan dan melanjutkan unduhan kembali kapanpun kamu mau. Tentu itu menjadi hal yang sangat berguna mengingat playstore tidak memiliki fitur tersebut.

Tetapi untuk masalah keamanan perlu diragukan karena memang itu bukan resmi bawaan pada aplikasi. Kamu juga harus lebih teliti atau mengantisipasi dengan mengsintall antivirus sebelum memasang aplikasi.

Itu saja tadi cara mengatasi aplikasi yang tidak tersedia di playstore yang bisa kamu coba. Bagikan juga pada teman atau saudara kamu yang memiliki masalah aplikasi tidak ada di playstore ini.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Tersedia di Playstore"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel