Iklan Header

Cara Mengembalikan Chat Messenger yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Chat Messenger yang Terhapus di Android

Messenger merupakan fitur pesan pribadi yang dimiliki Facebook. Fitur chatting ini bisa digunakan untuk mengirim pesan suara, foto dan video. Messenger menjadi aplikasi yang dikhususkan untuk facebook. 

Berbeda dengan instagram ketika ingin mengirim pesan maka bisa langsung ke direct messenger, sedangkan facebook kamu harus mengunduh aplikasi terpisah lainnya yaitu Messenger Facebook untuk chatting saling kirim pesan.

Namun terdapat masalah yang dikeluhkan oleh pengguna aplikasi Messenger, bagaimana cara mengembalikan chat Messenger yang terhapus di android? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

baca juga: Cara Mudah Mematikan Obrolan di Facebook Lite

Cara Mengembalikan Chat Messenger yang Terhapus di Android

1. Buka Browser

Langkah pertama untuk mengembalikan chat Messenger yang terhapus yaitu dengan membuka browser. Browser yang Anda buka bebas, bisa Chrome, Firefox, Google dan lain sebagainya. Membuka browser ini dimaksudkan untuk mengakses akun Facebook yang Anda miliki.

2. Buka Akun Facebook

Setelah browser dibuka, selanjutnya ketik Facebook di kolom pencarian. Pilih alamat resmi Facebook dan buka laman tersebut. Setelah masuk pada halaman Facebook, perhatikan dulu web addressnya.

Jika web yang Anda masuki tulisannya facebook.com, ganti dengan www.facebook.com. Penambahan www di bagian depan ini dimaksudkan agar halaman Facebook yang Anda buka menyediakan fitur pengaturan.

3. Buka Settingan Atau Pengaturan Facebook

Langkah selanjutnya untuk mengembalikan chat Messenger yang terhapus yaitu buka menu pengaturan yang ada di Facebook. Menu tersebut bisa Anda akses melalui ikon panah ke bawah yang terletak di bagian pojok kanan.

Saat ikon tersebut Anda klik, akan ada sederet menu yang tersedia. Di antara menu-menu yang ada, klik Pengaturan.

4. Salin Data Facebook

Dalam menu pengaturan, Anda bisa melakukan segala hal untuk memanajemen akun yang dimiliki. Jika ingin mengembalikan chat Messenger yang terhapus, maka pilih opsi Informasi Facebook Anda yang ada dalam menu Pengaturan tersebut.

Setelah itu, cara mengembalikan chat Messenger yang terhapus di android selanjutnya yaitu menyalin semua data yang ada di Facebook. Untuk mengunduh salinan data Facebook, klik saja opsi Unduh Informasi Anda.

5. Pilih File Pesan

Meskipun opsi Unduh Informasi Anda sudah ditekan, namun data yang ada di Facebook belum bisa dimiliki. Anda harus melewati satu langkah lagi untuk mendapatkan data tersebut. Langkah yang dimaksud yaitu memilih file apa yang ingin diunduh.

Dalam menu Unduh Informasi Anda menyediakan beberapa pilihan data yang bisa diunduh. Pada langkah yang satu ini, Anda klik file pesan karena tujuannya adalah mengembalikan chat Messenger yang terhapus. Setelah file pesan dipilih, jangan hilangkan tanda centang yang ada.

6. Buat File

Langkah berikutnya yaitu silahkan membuat file. Setelah memilih jenis file yang akan diunduh, selanjutnya akan muncul opsi Buat File. Silahkan klik opsi tersebut dan tunggu sampai proses pengunduhan selesai. Lamanya proses pengunduhan tergantung jaringan internet yang tersedia.

Jika proses pengunduhan selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi. Klik notifikasi tersebut untuk melanjutkan proses berikutnya. File yang diunduh umumnya berbentuk ekstensi. Untuk itu, Anda harus memiliki winRAR terlebih dulu supaya bisa mengekstraknya.

7. Buka File Messenger

Apabila folder unduhan sudah berhasil di ekstract, selanjutnya Anda buka file Messengernya. Dalam file Messenger tersebut, Anda bisa melihat semua riwayat pesan yang pernah dilakukan. Akan tetapi, file Messenger ini tampil dengan format html.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Html Viewer, file tersebut tidak dapat terbaca. Untuk itu, silahkan unduh aplikasi Html Viewer melalui Google PlayStore atau AppStore yang Anda miliki. Setelah aplikasi tersebut berhasil diinstall, buka kembali file Messenger yang tadi.

Walaupun aplikasi chatting baru sekarang sudah banyak bermunculan, namun Messenger tetap saja menjadi pilihan paling menarik. Untuk itu, cara mengembalikan chat Messenger yang terhapus di android di atas bisa menjadi salah satu informasi yang cukup penting bagi Anda.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Chat Messenger yang Terhapus di Android"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel