Iklan Header

Tutorial Mengatasi Kesalahan Parse Saat Memasang Apk

Cara Mengatasi Kesalahan Parse Saat Memasang Apk

Saat memasang aplikasi, pernahkah Anda mendapatkan pesan kesalahan yang isinya aplikasi gagal dipasang? Pesan kesalahan semacam ini disebut dengan parse. Intinya kesalahan parse adalah kejadian gagalnya sebuah aplikasi saat dipasang pada perangkat.

Tentu ini akan menyusahkan kita terutama saat sedang membutuhkan aplikasi yang harus di install tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi kesalahan parse saat memasang Apk? Silahkan Anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Kesalahan Parse Saat Memasang Apk

1. Perbarui Perangkat Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kesalahan parse ketika memasang aplikasi yaitu dengan memperbarui perangkat. 

Perlu Anda ketahui, kegagalan dalam memasang aplikasi mungkin disebabkan karena perangkat Anda telah lama tidak diupdate.

Untuk itu, perbarui perangkat Anda terlebih dulu. Setelah itu, pasang lagi aplikasi yang tadi. Jika benar kesalahan parse karena perangkat telah lama, maka aplikasi akan berhasil terpasang.

baca juga: 3 Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti dan Penyebabnya

2. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Penyebab lain mengapa muncul pesan kesalahan saat memasang aplikasi mungkin karena Aplikasi tersebut tidak lengkap atau rusak. Supaya aplikasi bisa terpasang sempurna, Anda harus menghapusnya terlebih dahulu dan menginstalnya ulang.

Apabila aplikasi yang Anda download dari Google PlayStore dan AppStore tetap tidak bisa terpasang, silahkan mengunduhnya melalui browser. 

Akan tetapi, Anda harus pastikan bahwa aplikasi yang diunduh berasal dari sumber asli dan terpercaya.

3. Ubah Izin yang Ada di HP

Perlu Anda ketahui, beberapa HP telah di setting untuk menonaktifkan izin aplikasi demi menjaga keamanan perangkat. Jika aplikasi yang Anda unduh berasal dari sumber yang tidak dikenal, maka terjadi kesalahan parse.

Namun, jika aplikasi tersebut tetap ingin Anda gunakan meskipun dari sumber yang tidak dikenal, silahkan aktifkan izin aplikasinya. 

Setelah aplikasi berhasil terunduh dan terpasang, ubah kembali izin tersebut menjadi non aktif lagi.

4. Hidupkan USB Debugging

Beberapa orang yang pernah mendapatkan pesan kesalahan mengatakan bahwa cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan menghidupkan debugging USB.

Cara ini mungkin tidak begitu valid, namun Anda bisa mencobanya karena siapa tahu bisa berhasil.

5. Matikan Perangkat Lunak Antivirus

Setiap perangkat lunak pasti dilengkapi dengan antivirus. Hal ini sebagai salah satu upaya agar perangkat aman dari segala macam virus yang berbahaya. 

Namun, antivirus tersebut terkadang menganggap bahwa file baru yang berasal dari penginstalan aplikasi merupakan virus.

Oleh sebab itu, aplikasi yang Anda install biasanya tidak dapat terpasang karena antivirus menghentikan proses pemasangannya. 

Jadi, apabila aplikasi yang Anda install bisa dipastikan keamanannya, silahkan matikan antivirus tersebut untuk sementara waktu.

Setelah antivirus dimatikan, Anda bisa memasang lagi aplikasi yang gagal terpasang tadi. Selanjutnya, hidupkan lagi antivirus tersebut supaya perangkat Anda tidak kebobolan aplikasi berbahaya.

6. Kembalikan HP ke Setelan Pabrik

Apabila semua cara yang telah dijelaskan di atas tidak dapat mengatasi permasalahan Anda, ada cara yang dijamin ampuh, yaitu mengembalikan HP ke setelan pabrik. 

Sebagian besar orang pasti merasa keberatan menggunakan cara ini karena semua file di perangkat akan hilang.

Akan tetapi, mengatasi kesalahan parse menggunakan cara yang satu ini memang terbukti ampuh. Jika Anda bersedia mengembalikan HP ke setelan pabrik supaya pesan kesalahan tidak muncul, backup semua data yang ada di HP terlebih dahulu.

Mengembalikan HP ke setelan pabrik akan membuat kondisi HP tampak seperti baru. Namun, yang perlu diperhatikan, HP yang sering dikembalikan ke setelan pabrik akan menjadi lemot. 

Meskipun ruang penyimpanan kosong, namun kinerja perangkat pun akan berkurang. Semua cara mengatasi kesalahan parse saat memasang Apk di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Untuk itu, sebelum menerapkan cara-cara di atas, pikirkan dulu secara matang, khususnya jika yang ingin Anda terapkan adalah mengembalikan HP ke setelan pabrik.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Mengatasi Kesalahan Parse Saat Memasang Apk"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel