Iklan Header

Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Tampil Keren!

Cara Mudah Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Makin Keren!

 Apa kamu bosan dengan tampilan icon batre dan sinyal pada android kamu saat ini? tenang saja, karena kamu bisa menggantinya dengan yang lebih menarik dengan pembahasan cara mudah ganti icon batre dan sinyal di android biar makin keren.

Tampilan pada batre maupun sinyal memang terkesan itu-itu saja. Baik dari hp satu dan yang lainnya pasti memiliki kesamaan tampilan pada batre maupun sinyal yang dimiliki hp tersebut. Pada dasarnya cara mengganti tampilan android setelah di root sangat mudah untuk kamu lakukan.

Sebagian orang ingin mengganti tampilan tersebut dengan tampilan yang lebih menarik bahkan dibuat menjadi animasi. Oleh karena itu, kita bisa mengganti icon sinyal dan batre tersebut pada hp android kamu sekalipun kamu merupakan pemula. Berikut cara ganti icon batre dan sinyal di android : 

Pada dasarnya, cara mengganti icon sinyal dan batre memiliki 2 metode yaitu mengganti dengan Otomatis dan Manual.

1. Metode Otomatis

Hal yang pertama ialah syarat bahwa hp android kamu sudah di root. Karena nantinya kita akan memakai aplikasi Exposed Installer yang memiliki syarat bahwa ponsel sudah di root. 

Aplikasi Exposed Installer ini sering digunakan karena mudah dipakai untuk mengganti icon batre dan sinyal pada hp android kamu.

baca juga : Cara Root dan Downgrade HP Android OPPO A37F untuk Pemula

Selain Exposed Installer, kamu juga memerlukan aplikasi tambahan seperti Ex-Themer untuk memilih beragam jenis icon untuk nanti diterapkan pada hp kamu. Setelah kedua aplikasi diatas di install, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini:

  • Buka aplikasi Ex-Themer, lalu pilih "status bar mods"
  • Selanjutnya untuk mengubah icon batre pilih menu "battery tweaks, lalu centang pada menu "activate battery themer mods" lalu pilih menu "choose theme" untuk memilih mana tema yang akan menjadi icon baru dari batre.
  • Selanjutnya jika ingin mengganti icon pada sinyal, kamu bisa pilih "signal bar tweaks" lalu centang "the theme signal bars" lalu pilih "choose theme" untuk memilih tema icon yang akan merubah icon sinyal milik kamu.
  • Proses pergantian selesai, selanjutnya melakukan restart pada hp android kamu.
Setelah beberapa saat melakukan restart pada ponsel, icon sinyal dan batre akan berubah sesuai tema yang kamu pilih tadi. Tema icon yang tersedia ada 5, yaitu Mata biru, Hello Kitty, Gold Wings, Traffic Light, dan terakhir Tulang Ikan.

2. Metode Manual

Selain melakukan dengan metode otomatis, kita bisa menggunakan metode manual.

Metode manual ini sedikit berbeda dengan yang otomatis, dan kita tetap memerlukan aplikasi tambahan yaitu Root Explorer yang berfungsi untuk mengakses file system. 

Untuk menggunakan metode ganti icon batre sinyal manual ini memerlukan akses root pada hp. Berikut caranya:
  • Install aplikasi Root Explorer melalui playstore.
  • Selanjutnya buka aplikasi Root Explorer, lalu masuk ke folder root.
  • Selanjutnya masuk ke pilihan system lalu pilih Priv-App.
  • Lalu cari file yang bernama SystemUI.apk lalu pindahkan ke kartu SD sehingga mempermudah pada saat proses perubahan icon sinyal dan batre.
  • Setelah dipindahkan, silahkan kamu pencet file SystemUI.apk tadi lalu tekan sehingga akan keluar menu "extract", lalu pilih.
  • Setelah berhasil ter-extract, masuk kembali kedalam file tadi, lokasinya berada di SpeedSoftware - pilih Extracted - SystemUI.
  • Nah sekarang kalian bisa mengubah icon sinyal dan batre pada hp android kamu, kamu bisa mencari desain nya melalui google.
  • Jika sudah selesai, klik kembali lalu tahan folden SystemUI dan akan muncul berbagai pilihan, lalu klik "zip this folder".
  • Format file SystemUI.zip bisa kalian rubah menjadi semula yaitu SystemUI.apk.
  • Jika sudah, pindahkan file tersebut ke folder root - system - priv-app, lalu ubah perizinan nya menjadi rw-r-r.
  • Reboot hp android kamu dan selamat icon batre dan sinyal sudah terganti.
3. Menggunakan Metode Aplikasi Flat Style Bar Indicator

Seperti metode otomatis, cara ini memerlukan aplikasi tambahan seperti Xposed Installer dan aplikasi Flat Style Bar Indicator versi pro maupun yang gratis. 

Jika ingin merubah banyak tampilan status bar dibutuhkan versi pro, tetapi jika ingin gratis tetap bisa kamu lakukan. Cara ini harus dilakukan dalam keadaan hp android di root. Berikut caranya: 
  • Langkah pertama, silahkan install aplikasi Xposed Installer
  • Lalu Install aplikasi Flat Style Bar Indicator
  • lalu buka aplikasi Xposed Installer, pilih "modules" dan pada bagian Flat Style Bar Indicator dicentang. Jika sudah, lalu pilih "framework" dan pilih install, nanti akan muncul pop-up untuk restart hp android kamu.
  • Setelah hp menyala lalu buka aplikasi Flat Style Bar Indicator, lalu akan banyak menu pilihan. Pilih menu "battery" jika ingin mengganti icon batre kamu, lalu pilih menu "data" jika ingin merubah icon sinyal hp kamu.
  • Saat semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk reboot hp android kamu.
  • Selamat, icon batre dan sinyal sudah terganti.
Itu saja tadi tentang Cara Mudah Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Makin Keren. Bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang ingin mengganti status bar nya supaya terlihat lebih keren dan menarik.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Tampil Keren!"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel