Iklan Header

Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana?

Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana?

Graphics menjadi hal yang penting diketahui untuk kamu yang menggeluti teknologi. Didalam perangkat graphics komputer terdapat Application Programming Interface atau yang disingkat sebagai API. Fungsi dari API ini ialah sebagai pilar penting dalam menangani graphics pada komputer. Beberapa hal seperti bermain game dan multitasking membutuhkan fungsi dari API ini. API sendiri memiliki 2 macam jenis, yaitu DirectX dan OpenGL.

Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana?

Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana?

Persaingan antara dua graphics tidak menemui akhir. Pada dasarnya OpenGL menawarkan graphics dengan prosedur programming. Sedangkan DirectX menawarkan programming windows dengan program Component Object Model. Hal ini tidak jauh berbeda karena Windows dulunya juga memproduksi OpenGL pada awal-awal pembuatan graphics.

Game-game terbaru saat ini sering menggunakan DirectX sebagai standar yang digunakan. Hal ini dilakukan karena selaku developer pembuat game merasa tidak untuk terbebani dengan pilihan graphics, jadinya memilih DirectX sebagai standar pembuatan game.


OpenGL adalah API rendering grafis 2d/3d yang berbasis fungsional. DirectX adalah kumpulan API berorientasi objek yang mencakup fungsionalitas untuk memutar suara/musik, (DirectSound) mendapatkan input mouse/keyboard/joystick (DirectInput) dan merender grafik 2d/3d (Direct3D).

DirectX bisa merepotkan jika Kamu tidak nyaman dengan kelas dan petunjuk yang diberikan. Graphics DirectX hanya untuk Windows saja. Graphics OpenGL bersifat lintas platform dan tidak terlalu rumit untuk dilakukan. Jika Kamu baru mengenal gamedev, saya sarankan untuk mengunduh OpenGL dengan petunjuk (library) yang bagus. SFML, SDL, maupun OgreEngine semuanya merupakan  berbasis OpenGL dan memiliki banyak fitur yang tidak akan Kamu miliki di OpenGL. OpenGL lebih cepat dan lebih baik, tetapi lebih sulit untuk digunakan. DirectX lebih mudah digunakan dan juga dapat menangani input, tetapi tidak sebaik library lain yang dapat digunakan dengan OpenGL.

Itu saja tadi tentang Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana? Apa kalian sudah menyimpulkan lebih bagus mana antara Graphics DirectX dan OpenGL? Setiap graphics memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan kalian bisa menentukan nya setelah membaca pembahasan diatas.


Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Graphics DirectX dan OpenGL, Lebih Bagus Mana?"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel