Iklan Header

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI Yang Hilang

Tutorial Mengembalikan Keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI Seperti Semula

Tutorial Mengembalikan Keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI Seperti Semula

Kemajuan teknologi pada ponsel sekarang sudah sangat pesat. Sudah banyak sekali terlahir ponsel yang canggih, akan tetapi beberapa pengguna merasa belum puas terhadap setelan keyboard bawaan dari ponsel. Sehingga muncul beberapa cara merubah keyboard bawaan dan masalah yang terjadi saat merubahnya. Jangan khawatir, berikut tutorial mengembalikan keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI seperti semula yang akan berguna.

Beberapa Penyebab Utama Keyboard pada HP Hilang atau Eror

Keyboard atau papan ketik sejatinya memang komponen terpenting dalam ponsel. Tanpanya tentu saja pengguna tidak akan bisa menggunakan HP dengan layak. Lalu apakah penyebab utama hal penting tersebut terkadang bisa hilang, error, bahkan rusak? Berikut ini sedikit kemungkinan penyebabnya.

  1. Kinerja RAM yang Semakin Melambat

Kemungkinan pertama ini jarang dipikirkan pengguna HP dengan kapasitas besar. Namun sayangnya masih ada juga masyarakat yang mempunyai ponsel pintar berkapasitas RAM kecil tetapi kinerja besar. Hal tersebut sangat mungkin menyebabkan keyboard tiba-tiba hilang setelah direstart.

Melambatnya kinerja RAM juga akan sangat berpengaruh dengan besarnya cache. Sepele namun jika menumpuk terlalu lama, membuat ponsel melambat lalu melemahkan sistem lainnya. Terkadang adanya sampah tersebut tidak terlalu terpikirkan oleh pengguna sehingga tiba-tiba menghilangkan keyboard.

  1. Menggunakan Aplikasi Ketiga untuk Tema Keyboard

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, menggunakan aplikasi tema untuk keyboard memang sah-sah saja. Namun, seharusnya pengguna bisa bijak dalam menggunakannya. Pastikan dahulu ruang penyimpanan dan juga kinerja ponsel Anda baik-baik saja sebelum menggunakannya.

Terkadang pengguna memaksakan diri mengunduhnya meskipun tahu ponselnya sudah tidak mampu. Sedangnya kapasitas aplikasi tersebut pastilah besar. Dari situlah RAM akan semakin melemah disebabkan melampaui kemampuan sehingga menghilangkan komponen yang sangat penting.

baca juga : Tutorial Edit Foto Menggunakan PicsArt Untuk Pemula

  1. Keyboard bawaan HP Perlu diperbarui

Penggunaan keyboard bawaan pada HP biasanya selalu ada di setiap merek dan tipe. Contohnya saja Xiaomi yang menggunakan Gboard dan penambahan khusus GIF didalamnya. Kelebihan tersebut memang menjadi ciri khas papan ketik bawaan dari ponsel pintar keluarannya.

Nah, untuk tetap selalu bisa menggunakannya pengguna Xiaomi harus rutin memperbarui Gboard pada Play Store. Terkadang, kelalaian pengguna karena tidak memperbaruinya mengakibatkan keyboard error atau lambat dalam bekerja bahkan hilang. Sebab ketiga ini hanya terjadi di merek HP tertentu yang menyebabkan keyboard xiaomi hilang.

  1. Sistem Ponsel Membutuhkan Pembaruan

Seperti yang sudah masyarakat tahu, bahwa beberapa HP mempunyai kasus keyboard hilang setelah di restart. Kemungkinan penyebabnya adalah memang ponsel tersebut butuh penyetelan ulang. Walaupun mudah, namun sebenarnya banyak pemegang ponsel pintar lebih enggan untuk mereset ulang.

Alasannya memang karena pengguna harus menyisihkan data-data penting sebelum mereset ulang ponsel. Sayangnya, hal tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh beberapa ponsel agar kinerja lebih sempurna termasuk keyboard sebagai komponen utama.

Langkah Tutorial Mengembalikan Keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI Seperti Semula

Terlihat sepele, tetapi sebenarnya keyboard adalah komponen utama dalam menjalankan sistem pintar dari sebuah ponsel. Dari situlah terkadang pengguna mudah melakukan kesalahan kecil sehingga tidak bisa kembali normal. Berikut tutorial mengembalikannya ke semula sesuai kasus dan merek ponselnya.

  1. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula

Pada HP OPPO terkadang setelah restart, keyboard hilang. Tidak sekali dua kali tetapi banyak juga yang bersaksi merasakan hal sama. Namun beberapa tutorial di bawah ini semoga bisa membantu para penggunanya agar lebih mudah mengembalikan keyboardnya tanpa panik. Berikut langkah simple-nya.

  • Masuk ke Setelan atau settings

  • Lalu pilihlah setelan tambahan (Additional Settings)

  • Pilih bahasa dan metode masukan

  • Cari pada kolom papan ketik dan metode masukan (keyboard and input method)

  • Lalu pilih Current Keyboard

  • Ubah menjadi Default Keyboard

Tidak semua tipe HP mengalami hal serupa, namun biasanya kasus keybord oppo hilang dialami oleh hp pengguna. Jika masih belum bisa mengembalikan keyboard sperti semula, langkah akhir bisa direset ulang kembali ke setelan pabrik awal. Jangan lupa sebelumnya untuk pastikan data-data Anda aman terlebih dahulu.

baca juga : Cara Mudah Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Makin Keren!

  1. Cara Mengembalikan Keyboard Samsung Seperti Semula

Aplikasi ketiga untuk penggunaan tema keyboard memang sudah bukan rahasia apalagi untuk pengguna Samsung. Namun ternyata mengunduhnya bisa menjadi boomerang karena mengakibatkan kinerja ponsel tidak baik. Berikut ini beberapa cara mengembalikan keyboard android yang menghilang seperti semula:

  • Buka setelan pada HP atau settings

  • Pilihlah bahasa dan input

  • Lalu pada kolom Keyboard, klik Keyboard pada layar (On-screen Keyboard)

  • Pilih Samsung Keyboard

  • Lalu langsung pilih saja Reset ke Pengaturan Default

  • Setelah itu bisa restart atau mulai kembali HP Samsung

Menggunakan tema pada keyboard sebenarnya boleh-boleh saja, namun lebih baik pastikan dahulu aplikasi yang akan digunakan. Pastikan mengunduh dari Play Store resmi milik Android, sehingga lebih aman juga tidak mengganggu kinerja ponsel Samsung Anda.

  1. Cara Mengembalikan Keyboard HP Vivo Seperti Semula

Seperti yang banyak masyarakat tahu bahwa OPPO dan VIVO mempunyai kasus keyboard sama, yaitu terkadang keyboard vivo hilang setelah restart HP. Sebenarnya cara mengembalikan keyboard yang hilang diatas tidak jauh berbeda dengan poin nomor satu dan berikut ini adalah langkah singkatnya.

  • Masuklah pada menu setelan di HP

  • Pilih menu bahasa dan masukan (Language and input)

  • Klik On-screen Keyboard atau papan ketik pada layar

  • Lalu masuk ke menu On-screen Keyboard

  • Non-aktifkan tambahan-tambahan Keyboard termasuk dari aplikasi ketiga

  • Lalu pastikan keyboard bawaan dari VIVO tetap aktif (Gboard)

  • Setelah itu restart lagi HP VIVO Anda agar lebih sempurna kinerja Keyboardnya

Tidak ubahnya dengan ponsel lain, jika cara di atas tetap tidak membuahkan hasil sebaiknya cobalah untuk mengembalikannya pada setelah pabrik. Bisa jadi penyebab utamanya RAM yang penuh atau memang ponsel tersebut butuh pemulihan keseluruhan.

baca juga : Cara Mudah Ganti Icon Batre dan Sinyal di Android, Biar Makin Keren!

  1. Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula

Ponsel merek Xiaomi adalah salah satu yang tertinggi penggunanya. Selain terkenal kualitas tahan bantingnya, HP tersebut mempunyai kapasitas baterai besar. Namun, buatan manusia tetaplah memiliki kekurangan salah satunya adalah hilangnya keyboard. Berikut cara mudah dalam mengembalikannya.

  • Buka menu Setelan atau Settings pada HP

  • Pilih dan masuk ke dalam menu Setelan Tambahan (Additonal Settings)

  • Lalu klik Bahasa dan masukan (Language and Input)

  • Pilih Keyboard saat ini (Current Keyboard)

  • Nonaktifkan keyboard tambahan dari aplikasi dan pastikan Gboard atau keyboard bawaan tetap aktif

  • Untuk Facemoji Keyboard dari Xiaomi juga tetap diaktifkan jika tetap menginginkannya

  • Setelah itu restart HP Xiaomi Anda

Persoalan papan ketik yang hilang karena beberapa alasan sebenarnya tidak sulit dalam mengembalikannya lagi. Tutorial mengembalikan keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI seperti semula mudah dan sudah ada di dalam setelannya masing-masing.

Beberapa tutorial mengembalikan keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI seperti semula bisa dicoba ketika mengalami problem pada ponsel Anda. Setiap tipe dan merek mempunyai cara masing-masing dalam menyelesaikannya. Kuncinya jangan biarkan mereka bekerja di luar kemampuannya.

Bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang ingin mengembalikan keyboard hp nya menjadi semula tanpa reset pabrik.


Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO, SAMSUNG, VIVO, XIAOMI Yang Hilang"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel