Iklan Header

Cara Mudah Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak

Cara Mudah Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak

Cara Mudah Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak

Ada beberapa cara mudah mengetahui baterai laptop rusak atau tidak yang bisa Anda lakukan. Kerusakan ini dapat disebabkan dari berbagai faktor terutama dalam pemakaian laptop itu sendiri. Kebiasaan penggunaan yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab utama mengapa baterai laptop rusak.

Cara Mudah Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak

Baterai laptop sendiri memiliki jenis dan tipenya masing-masing untuk menyesuaikan spesifikasi perangkatnya. Hal ini membuat penggunaan dan pengisian dayanya memerlukan waktu berbeda. Sayangnya banyak pengguna kurang memperhatikan sehingga rentan mengalami kerusakan kepada baterai.

1. Melihat Bentuk Fisik Baterai Laptop

Secara umum, melihat bentuk fisik baterai laptop menjadi cara mudah mengetahui baterai laptop rusak atau tidak. Sayangnya peluang mengetahuinya memang sangat kecil meski beberapa kasus menunjukkan jika kondisinya sudah menggelembung seperti pada ponsel.

Anda dapat bertanya kepada orang yang lebih ahli atau tukang service laptop untuk melihat bentuk fisiknya langsung. Biasanya mereka akan mengetahui apakah masih bisa diperbaiki atau bahkan tidak sama sekali. Penyebab dari kerusakan seperti ini biasanya charger lupa dicabut ketika sudah penuh.

baca juga : Begini Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10

2. Mengecek Daya Baterai Selama Penggunaan

Cara ini juga menjadi yang paling umum bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya. Normalnya, baterai laptop digunakan dalam waktu tertentu begitupun selama charging selama beberapa jam. Tanda-tanda kerusakan akan diketahui apabila pengguna merasa jika persentase daya mudah sekali berkurang.

Kondisi ini sangat jelas menunjukkan jika baterai laptop mengalami penurunan kualitas. Pengguna yang terus memaksa menggunakannya terus menerus hanya akan memperparah kerusakannya. Terkadang ada beberapa pengguna mengalami perangkatnya tiba-tiba mati tanpa pemberitahuan.

3. Mengecek Pengisian Daya Baterai yang Tidak Bertambah

Hal ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya yang menjadi pertanda bahwa baterai laptop sudah mengalami penurunan kualitas. Anda akan mendapati jika persentase pertambahan daya tidak mampu mencapai 100%. Banyak juga diantara pengguna menjumpai bahwa di-charge hanya kurang dari 50%..

Masalah ini biasanya bisa diatasi dengan mencabut baterai dan memasangnya kembali. Namun cara ini juga tidak selalu efektif untuk menyelesaikan kerusakan tersebut. Penyebab utamanya ialah karena masa charging yang sudah menunjukkan persentase 100% namun belum dicabut oleh penggunanya.

4. Mengecek Penambahan Persentase Baterai saat Pengisian Daya

Bagi Anda yang menjumpai persentase baterai tidak mau bertambah ketika di-charge, tentu saja hal ini sudah menandakan bahwa ada kerusakan di dalam laptop. Satu-satunya cara bisa dilakukan yakni dengan membawanya kepada tukang service karena umumnya disebabkan oleh sistem internal.

Biasanya pengguna mencoba untuk melepas baterai terlebih dahulu baru kemudian di-charge kembali. Cara ini biasanya efektif guna menambah persentase dayanya. Namun juga berpengaruh langsung pada penggunaannya yang kurang maksimal. Lebih baik jika langsung dibawa ke tempat service.

5. Melihat Indikator pada Menu Baterai

Cara mudah mengetahui baterai laptop rusak atau tidak berikutnya dengan melihat menu di Windows Bar. Biasanya akan muncul ikon berupa lambang silang berwarna merah sebagai pertanda adanya kerusakan. Hal ini umumnya berlaku apabila laptop tidak bisa di-charge.

Biasanya juga diperlihatkan notifikasi bertuliskan “replacing your battery” atau “battery not detected:. Pengisian daya yang kurang maksimal karena terjadi kerusakan bisa Anda lihat dengan pemberitahuan dari Windows. Umumnya akan dimunculkan tulisan “not charging” pada indikator.

Kelima cara mudah mengetahui baterai laptop rusak atau tidak di atas bisa Anda coba agar dapat mengecek lebih cepat. Kerusakan ini biasanya kurang disadari oleh penggunanya sehingga hanya akan memperparah kondisi kesehatan baterai. Alangkah lebih baik jika segera dibawa ke tempat service untuk diperbaiki. 

Itu saja penjelasan tentang baterai laptop, kamu bisa bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang menggunakan laptop sehingga mereka akan tahu cara mengetahui baterai laptop rusak atau tidak.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Baterai Laptop Rusak atau Tidak"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel