Iklan Header

Cara Memperbaiki Kipas Laptop Berisik Suaranya dan Cepat Panas

 

Cara Memperbaiki Kipas Laptop Berisik Suaranya dan Cepat Panas

Laptop maupun komputer pada cpu memiliki kipas yang berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin dari dalam. Walau kipas nya tidak terlalu besar, tetapi membantu vga mesin kamu tetap terasa dingin atau untuk menghindari panas yang berlebihan atau overheat pada laptop kamu. Namun beberapa hal terjadi secara tidak normal seperti kipas laptop yang berisik suaranya, bahkan membuat laptop kamu menjadi panas. Berikut penjelasan lengkapnya 

Cara Memperbaiki Kipas Laptop Berisik Suaranya Cepat Panas

Ada beberapa cara yang sudah dirangkum oleh JelajahAndroid untuk kamu lakukan yang berguna untuk memperbaiki kipas laptop yang kencang suaranya. Laptop mati ketika digunakan saat bermain game merupakan pertanda dari laptop yang overheat (panas berlebihan) atau pendingin seperti Thermal Paste pada processor laptop kamu tidak sempurna. Thermal Paste merupakan sebuah gel yang bergfungsi sebagai pendingin mesin laptop kamu selain kipas, dan ini juga sudah saya bahas di 3 Ciri Thermal Paste Laptop Kamu Sudah Harus Diganti.

Penyebab

Penyebabnya ialah ketika kamu bermain game atau membuka tab browser yang sangat banyak, artinya kamu sedang mendorong CPU untuk menghasilkan banyak pekerjaan dan menjadi panas. Jika modul pendingin seperti kipas dan heat sink yang tersumbat dengan debu, laptop akan cepat panas dan kemudia akan otomatis ter-shutdown.

Solusi

Solusinya ialah pastikan heat sink laptop kamu bersih dari debu, bersihkan debu yang menempel pada fan atau heatsink menggunakan kuas cat atau mesin kompresor. Membersihkan menggunakan korek kuping juga bisa kamu lakukan walaupun proses pembersihan akan berjalan lebih lama. Pastikan tidak ada debu yang menempel pada fan atau kipas tersebut, karena itulah yang menyebabkan laptop cepat panas.

Itu saja tadi pembahasan tentang Cara Memperbaiki Kipas Laptop Berisik Suaranya Cepat Panas yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa pergi ke tempat service laptop. Pastikan membersihkan laptop dengan rutin, sehingga kualitas hidup laptop kamu akan lebih panjang. Dengan cara diatas kamu bisa menghemat uang tanpa pergi ke tempat service laptop. Bagikan informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang menggunakan laptop dan kipasnya berisik cepat panas.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kipas Laptop Berisik Suaranya dan Cepat Panas"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel