Iklan Header

Begini 5 Penyebab & Cara Menghidupkan Smartphone Android Yang Mati

 



Handphone merupakan sebuah teknologi canggih yang pada saat ini memang menjadi sarana memenuhi kebutuhan setiap aktivitas manusia. Namun tahukan bagaimana cara menghidupkan HP Android yang mati secara tiba-tiba? Jika belum simak artikel berikut ini.

Baca juga : Begini Cara Mengatasi Android Realme 3 Kamu Lemot

Cara Menghidupkan HP Android Yang Mati

Banyak sekali faktor yang menjadikan handphone kesayangan tiba-tiba mengalami error bahkan layar mati total tidak bisa dihidupkan. Namun janganlah panik terlebih dahulu sebaiknya ikuti saja tutorial singkat cara menghidupkan HP mati sebelum dibawa ke tukang servis.


  1. Lakukan Pengecasan Smartphone

Ketika handphone kesayangan tiba-tiba mengalami mati total, maka janganlah khawatir terlebih dahulu karena bisa jadi itu karena baterainya habis. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecasan pada hp sampai benar-benar dayanya terisi secara penuh.

Biasanya penyebab handphone mati dan tidak bisa nyala karena sering dimainkan sampai kapasitas dayanya habis 0 persen. Perbuatan seperti ini sangatlah tidak dianjurkan karena akan merusak komponen di dalam baterainya tersebut sehingga mudah ngedrop saat baru digunakan.


  1. Cas Menggunakan Charger Desktop

Cara menghidupkan handphone kesayangan selanjutnya adalah dengan menggunakan charger desktop sebagai sarana untuk mengecas baterai. Sebab ada beberapa kasus yakni konektor cas micro usb pada hp mengalami kerusakan atau patah sehingga daya tidak bisa masuk.

Untuk menggunakan charger desktop ini juga sangatlah mudah sekali dilakukan. Pertama-tama lepas terlebih dahulu baterai hpnya. Kemudian taruh di charger desktopnya dan sesuaikan plus minusnya agar daya listriknya bisa masuk kedapan baterainya.


  1. Pasangkan Baterai Baru

Apabila suatu ketika mengalami masalah handphone tiba-tiba tidak bisa dihidupkan seperti biasanya, maka solusinya dengan membelikan baterai baru. Hal ini dilakukan jika smartphone pada waktu di cas tidak bisa memasukkan daya listrik kedalam baterainya tersebut.

Perlu diketahui juga bahwasanya banyak sekali penyebab baterai bisa rusak parah. Salah satunya adalah karena keseringan mainan HP sambil ngecas dalam jangka waktu berjam-jam. Hal semacam ini merupakan aktivitas buruk karena menyebabkan performa baterainya menurun.


  1. Melakukan Flashing Smartphone

Bilamana sudah melakukan pengetesan terhadap baterainya, sambungan konektor micro usb, membelikan baterai baru ternyata masih belum bisa hidup. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan flasing terhadap hp. Sebab bisa jadi kerusakan ada pada perangkat lunaknya.

  • Buka aplikasi Browser di HP.
  • Ketik tulisan cara flash HP (menyesuaikan merk HP).
  • Setelah itu, baca dan cermati langkahnya.
  • Selesai.
  1. Membawa HP Ke Tempat Servis Terpercaya

Perlu diketahui bahwasanya kejadian handphone mengalami mati total memang agak rumit untuk dibenahi. Oleh karena itu, jalan terakhir adalah dengan membawanya ke tempat servis terpercaya. Kebanyakan pengalaman terjadinya kerusakannya pada IC Powernya.

Kerusakan pada IC power ini memang sangat fatal sekali dan bahkan waktu perbaikan juga sangatlah lama. Selain itu, biaya servisnya terkadang bisa mencapai nominal yang sangat besar. Oleh karena itu, siapkan saja dana untuk memperbaiki hp kesayangan tersebut.

Penyebab HP Android Bisa Mati Total

Sebagai pengguna handphone tentunya akan merasakan kegelisahan dan panik ketika mengetahui hpnya tidak dapat dihidupkan. Sebenarnya ada beberapa permasalahan yang terjadi sehingga perlu juga untuk menjaga smartphone agar tidak kejadian seperti itu lagi.

Beberapa faktor penyebabnya adalah karena adanya bug di sistemnya. Kemudian penyebab yang paling sering terjadi adalah karena usia handphone yang sudah mencapai puluhan tahun sehingga performanya menurun.

Selain itu, terkadang permasalahan terjadi karena terjadinya panas berlebih atau overheat karena berjam-jam dimainkan dengan menancapkan casnya. Dengan demikian kondisi smartphone android seolah-olah lelah dan mematikan sistemnya sendiri.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menghidupkan HP Smartphone yang mati. Perlu diingat bahwa gunakanlah handphone sesuai dengan kebutuhan dan rawatlah dengan baik agar kejadian seperti ini tidak terjadi kembali.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Begini 5 Penyebab & Cara Menghidupkan Smartphone Android Yang Mati"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel