Gunung Berapi Selandia Baru : Lima Orang Tewas Setelah Letusan White Island


Gunung berapi Selandia Baru: lima mati setelah letusan White Island

Tidak ada yang selamat yang tersisa di pulau itu, kata polisi setelah bencana terjadi yang meninggalkan dua lusin orang hilang.

White Island: lima orang tewas dan lebih banyak korban jiwa kemungkinan - terbaru

Senin 9 Des 2019 11.59 GMT Pertama diterbitkan pada Senin 9 Des 2019 03.06 GMT
Gunung berapi Selandia Baru: letusan fatal terjadi di White Island - laporan video
Polisi di Selandia Baru mengatakan mereka tidak berharap menemukan korban selamat lagi dari letusan gunung berapi di White Island yang menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai 20 lainnya.

"Tidak ada tanda-tanda kehidupan telah terlihat di titik mana pun," kata polisi setelah helikopter penyelamat dan pesawat lain melakukan sejumlah penerbangan pengintaian udara di pulau itu setelah letusan pada Senin sore. "Polisi percaya bahwa siapa pun yang bisa diambil dari pulau hidup-hidup diselamatkan pada saat evakuasi."

Hingga dua lusin orang masih belum ditemukan, dan para petugas “dengan segera” bekerja untuk mengkonfirmasi jumlah pasti dari mereka yang telah meninggal, kata sebuah pernyataan polisi.

Kondisi yang tidak stabil, gas beracun dan jatuhnya abu mencegah tim penyelamat untuk mencari di pulau itu - yang terletak 30 mil dari pantai timur Pulau Utara Selandia Baru, di Teluk Plenty - dengan berjalan kaki.

Gunung berapi kerucut paling aktif di negara itu meletus pada pukul 2.11 siang pada hari Senin, mengirimkan segumpal besar abu yang terlihat dari Pulau Utara.

Polisi mengatakan sekitar 50 orang berada di pulau itu pada saat itu, lebih dari 20 di antaranya adalah wisatawan Australia. Dua puluh tiga orang telah diselamatkan. Semua yang diselamatkan menderita luka-luka, sebagian besar luka bakar, kata polisi, dan tujuh orang yang berada dalam kondisi kritis telah diterbangkan ke rumah sakit di Tauranga dan Auckland.

Perdana menteri, Jacinda Ardern, yang mengunjungi kota Whakatāne di dekat pantai pada Senin malam, mengatakan situasinya “signifikan dan berkembang”.

John Tims, wakil komisaris polisi operasi distrik, mengatakan sedikitnya dua lusin orang masih berada di pulau itu, tetapi ia tidak dapat memastikan jumlah pastinya. "Lingkungan fisik tidak aman bagi kita untuk kembali ke pulau itu," katanya.

Ardern mengatakan dia berhubungan erat dengan Kementerian Luar Negeri, dan polisi mengkonfirmasi bahwa mereka yang hilang di pulau itu adalah warga Selandia Baru dan warga negara asing.

Perdana menteri Australia, Scott Morrison, membenarkan bahwa warga Australia telah "terperangkap" dalam letusan itu dan menawarkan bantuan darurat.

Kevin O'Sullivan, chief executive officer dari New Zealand Cruise Association, mengatakan bahwa sebuah pesta tur yang terdiri dari 30 hingga 38 orang dari Ovation of the Seas telah mengadakan tur di White Island ketika letusan terjadi, dan pesta belum kembali. Nama dan kebangsaan mereka diberikan kepada polisi, katanya. Kapal akan tetap di pelabuhan Tauranga setidaknya dalam semalam.

Iklan

Royal Caribbean, yang memiliki Ovation of the Seas, meminta doa untuk semua yang terlibat.

Ardern mengatakan polisi tidak dapat mendarat di pulau itu karena bahaya erupsi lain dan kondisi tanah yang tidak stabil dan stabil.


Helen Clark

@HelenClarkNZ
Tragedi mengerikan di White Island, gunung berapi aktif 🌋 di lepas pantai Selandia Baru. Pikiranku bersama keluarga almarhum & semua terluka & trauma oleh letusan tiba-tiba. Setelah berjalan ke kawah di pulau itu, saya bisa membayangkan teror apa yang terjadi. http://nzh.tw/12244504


Letusan Pulau Putih menutup satu dekade drama di gunung berapi yang marah
Ledakan hari ini terjadi setelah satu dekade drama di White Island - gunung berapi paling marah di NZ.

Info Iklan Twitter dan privasi 116 orang membicarakan ini.
Michael Schade, seorang turis Amerika, baru saja kembali dari kawah ke kapal wisata bersama orang tuanya ketika gunung berapi meletus. Ketika kapal mereka kembali untuk menjemput orang yang selamat, beberapa di antaranya shock, dan yang lain terbakar "hingga tingkat keparahan yang berbeda", katanya.

"Kami semua sibuk sepanjang waktu, hanya berusaha untuk menghindari orang-orang yang tahu apa yang mereka lakukan dan juga hanya untuk membantu di mana pun kami bisa," katanya tentang perjalanan pulang.

Penumpang menyerahkan jaket dan kemeja, tetes mata dan air, dan rantai manusia dibentuk untuk mengisi ulang botol-botol sehingga yang terluka bisa menuangkannya ke luka bakar mereka.


Dr Ken Glairdhill, dari GNS Science, mengatakan gunung berapi itu tidak dapat diprediksi.
"Itu bukan letusan yang sangat besar," katanya. “Itu hampir seperti letusan yang membersihkan tenggorokan.

"Itu menunjukkan peningkatan aktivitas selama beberapa minggu terakhir, jadi kami meningkatkan tingkat siaga."

Peringatan tingkat empat dikeluarkan untuk gunung berapi itu, juga dikenal dengan nama Māori-nya Whakaari, yang mengindikasikan bahwa "letusan gunung berapi moderat" mungkin terjadi, menurut lembaga sains GeoNet. Skala berjalan dari nol hingga lima - letusan besar.

St John Ambulance merawat setidaknya 20 orang yang terluka, dengan petugas ambulans bepergian ke pulau dengan penjaga pantai dan tujuh helikopter, yang telah dikirim dengan paramedis di atas kapal.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai Gunung berapi Aktif Selandia Baru : Lima Orang Tewas Setelah Letusan White Island,Duka telah terjadi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gunung Berapi Selandia Baru : Lima Orang Tewas Setelah Letusan White Island"

Post a Comment

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel