Iklan Header

Review Game Harvest Moon : The Winds of Anthos Terbaru Yang Akan Rilis

Review Game Harvest Moon : The Winds of Anthos Terbaru Yang Akan Rilis

Dalam seminggu terakhir, menjelang debut perilisan Harvest Moon: The Winds of Anthos, Natsume selaku publisher dari game terbarunya tersebut mengundang beberapa akun kreator untuk mencoba preview dan memberikan early access untuk dapat mencoba dan merasakan gameplay perdana dari karya terbaru Natsume tersebut.

Setidaknya terdapat 5 konten kreator seperti Cherubae, NintenTalk, EliTheGaymer, Payton's Corner hingga Josh Gaming Garden yang sudah menjelajahi dunia Anthos tersebut. 

baca juga: Begini Cara Bermain Harvest Moon Back to Nature di Android

Review Game Harvest Moon : The Winds of Anthos Terbaru Yang Akan Rilis

Dari preview yang mereka berikan, setidaknya kami merangkum 30 hal yang mungkin dapat kalian pertimbangkan terlepas entah itu bersifat baik atau buruk bagi kalian sebelum membeli Harvest Moon: The Winds of Anthos, diantaranya :

1. Memiliki dunia open world yang sangat luas, dengan jumlah lima wilayah yang berbeda-beda.

2. Dari kelima wilayah tersebut, dibagi menjadi sekitar 50 bagian area yang dapat kalian eksplorasi. Setiap area memiliki cuaca, medan, dan berbagai satwa yang unik.

3. Beberapa area diblokir oleh Harvest Sprite atau jembatan yang rusak sehingga kalian tidak dapat mengakses area tersebut secara langsung dari awal game hingga menyelesaikan beberapa quest terlebih dahulu.

4. Beberapa area peta masih memiliki bagian yang terlihat kosong dan tidak berpenghuni.

5. Beberapa area memiliki lingkungan yang ekstrem seperti suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, pemain diminta untuk mempersiapkan diri dengan memakan atau memakai pakaian khusus (mirip dengan mekanisme kostum di Zelda Breath of The Wild yang dapat menurunkan suhu badan dengan memakai pakaian tebal).

6. Terdapat sistem teleportasi menggunakan salah satu patung Harvest Goddess yang tersedia di setiap kota.

7. Masih memiliki fitur alat yang dapat memindahkan lahan pertanian ke lokasi manapun sehingga dapat mengelola tanaman, terutama tanaman hybrid, dengan lebih baik, mirip dengan Harvest Moon sebelumnya.

8. Meskipun ini game open world, namun berbeda dari game open world pada umumnya seperti Skyrim atau Zelda. Kalian tidak dapat pergi ke suatu tempat melalui jalan pintas, seperti memanjat. Kalian harus tetap mengikuti jalur yang telah disediakan.

9. Mempunyai hewan yang unik seperti kuda, beruang, harimau, serigala, ferret, dan bahkan dinosaurus yang dapat kalian rawat dan jadikan tunggangan, bahkan hewan seperti dinosaurus dapat ikut serta dalam lomba balap kuda. 

Untuk hewan seperti domba, kalian dapat menghemat uang dengan menggosok gosok hewan liar tersebut untuk dapat dijadikan peliharan alih alih membeli secara langsung ( mekanisme yang mirip dengan Harvest Moon One World atau Rune Factory )

10. Setiap mount memiliki keahlian dan kekurangan masing-masing, berbeda medan yang dilewati membutuhkan tunggangan yang berbeda pula.

11. Mekanisme untuk mendapatkan bibit masih menggunakan mekanisme Harvest Wisp yang membuat kalian menjelajahi dunia Anthos untuk mendapatkan bibit tanaman yang beragam.

12. Terdapat 3 jenis Harvest Wisps: pertama adalah Wisps umum berwarna ungu untuk mendapatkan 1-2 biji item, rare wisp berwarna biru yang harus kalian dapatkan dengan cepat sebelum dia lari dan memberikan 3-5 biji item, dan yang terakhir adalah Power Wisps yang akan memberikan Harvest Wisps Fruit.

13. Harvest Wisps Fruit dapat ditukar untuk mendapatkan stamina heart dan upgrade slot tas pada patung Harvest Goddess, mekanismenya mirip dengan Korok Seeds pada Zelda Breath of The Wild.

14. Terdapat fitur Item Search untuk memudahkan kalian menemukan berbagai item spesifik mulai dari Harvest Wisp, Item liar, Ikan, hingga hewan melalui DocPad, bahkan pada area yang belum dibuka atau terkunci.

15. Memiliki karakter NPC yang bergerak dan berjalan kesana kemari di sekitar kota (tidak lagi berteleport) dan masing-masing memiliki nama unik tersendiri yang membuat NPC tersebut lebih hidup dibandingkan judul Harvest Moon sebelumnya.

16. Masih memiliki sistem stamina layaknya di Harvest Moon sebelumnya yang dapat membuat pemain merasa dibatasi, berujung frustasi karena setiap aktivitas pemain di game yang cukup luas ini mulai dari berlari, bertani hingga memancing memerlukan stamina, terutama di early game.

17. Mempunyai berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan pemain, termasuk bertani, mengoleksi tanaman hybrid, memancing, menjelajahi, memasak, menyelesaikan berbagai quest, dan tentu saja bersosialisasi.

18. Memiliki format mekanik kontrol kamera bebas yang dapat membuat kalian memiliki kendali bebas dalam melihat model pemain di dalam game. Selain itu terdapat kamera yang dapat digunakan untuk selfie dan menyelesaikan beberapa quest dalam memoto item dalam game.

19. Memiliki berbagai mini game yang interaktif seperti memancing yang memiliki mekanisme yang lebih dalam, tidak hanya sekedar menunggu ikan terpancing.

20. Waktu in-game yang terasa terlalu singkat. Untuk menjelajahi wilayah Anthos yang luas, pemain hanya diberikan waktu sekitar 8-10 menit, membuat pemain merasa terburu-buru untuk menyelesaikan aktivitas harian di game tersebut.

21. Memiliki kustomisasi pemain yang melimpah mulai dari dapat mengubah warna rambut, mata, kulit, pakaian, hingga mendesain rumah sendiri.

22. Banyak detail kecil lucu seperti animasi angin yang bertiup, awan-awan yang bergerak ke sana kemari, hingga adanya shooting star di malam hari.

23. Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 25 jam untuk menyelesaikan story utama pada game ini.

24. Meskipun story utama telah selesai, kalian masih dapat melanjutkan gamenya tanpa batas waktu.

25. Kalian tidak dapat menikah sampai story utama game tersebut diselesaikan, terdapat 10 kandidat yang dapat kalian nikahi, 5 laki - laki dan 5 perempuan.

26. Dapat memiliki anak yang dapat tumbuh menjadi balita, sayangnya anak tersebut sudah memiliki desainnya sendiri dan tidak memiliki desain bawaan dari pasangan yang pemain nikahi seperti yang ada pada judul Harvest Moon sebelumnya.

27. Judul Harvest Moon pertama buatan Natsume yang mendukung pernikahan sesama jenis.

28. Setelah The Winds of Anthos dirilis, judul game tersebut dikabarkan tetap akan mendapatkan update dan DLC baru pasca rilis.

29. Meskipun game ini dibuat dengan pemikiran awal untuk Nintendo Switch agar dapat dijalankan dengan lancar di handheld tersebut, tapi jika kalian ingin memainkan judul game ini dengan frame rate 60 FPS secara stabil, disarankan untuk memainkannya di platform lain seperti PS5, Xbox atau PC.

30. Meskipun belum dikonfirmasi secara resmi, laman Steam dari Harvest Moon: The Winds of Anthos menampilkan peringatan bahwa game ini memerlukan kontroler tambahan karena tidak mendukung keyboard dan mouse secara langsung.

Bagaimana? Dari 30 hal tersebut adakah yang membuat kalian semakin tertarik untuk memainkan game ini atau justru sebaliknya ? tentu mungkin masih ada banyak hal yang tidak sengaja kami terlewati, kalian bisa melihat preview selengkapnya pada youtube channel yang sudah diberi akses awal untuk memainkan game Harvest Moon : The Winds of Anthos terbaru tersebut.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Review Game Harvest Moon : The Winds of Anthos Terbaru Yang Akan Rilis"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel