Iklan Header

Cara Menurunkan Tingkat Turnitin Menjadi Rendah

Cara Menurunkan Tingkat Turnitin Menjadi Rendah

Turnitin adalah software yang digunakan untuk mendeteksi plagiat dalam karya tulis. Turnitin mengecek dokumen yang diunggah melalui sistem perbandingan teks yang canggih untuk menentukan seberapa banyak teks yang sama dengan sumber yang tercatat dalam database Turnitin.

Turnitin digunakan oleh sekolah, universitas, dan perusahaan untuk mengecek tugas, esai, tesis, dan lainnya untuk mengidentifikasi plagiat.

Software ini mengumpulkan dan menyimpan karya tulis yang diunggah dalam database mereka. Setiap dokumen yang diunggah ke sistem akan dibandingkan dengan sumber-sumber yang tersimpan di dalam database mereka, termasuk:

  • Karya tulis yang sudah diunggah sebelumnya oleh pengguna lain
  • Situs web dan jurnal online
  • Buku-buku yang diterbitkan

Hasil analisis yang dikembalikan oleh Turnitin akan menunjukkan seberapa banyak teks yang sama dengan sumber-sumber yang tersimpan dalam database Turnitin. Ini disajikan dalam bentuk laporan plagiat, yang menunjukkan tingkat persamaan dengan sumber-sumber yang tercatat dan juga menunjukkan bagian-bagian teks yang cocok dengan sumber-sumber tersebut.

Penting untuk diingat bahwa alat ini hanya memberikan indikasi saja, tidak memberikan kesimpulan mutlak tentang plagiat. Kecuali dalam kasus yang sangat jelas, sangat penting bagi pengajar untuk melakukan investigasi independen untuk memverifikasi plagiat.

Turnitin adalah perusahaan teknologi yang didirikan pada tahun 1998 oleh Joshua Abram dan John Barrie di Berkeley, California. Awalnya, perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk menyediakan alat pengendali plagiat untuk universitas dan sekolah.

Perusahaan ini didirikan setelah Joshua Abram, salah satu pendiri, merasa frustrasi karena harus menghadapi masalah plagiat dalam tugas-tugas yang dia terima sebagai dosen di Universitas California, Berkeley. Dia dan John Barrie bekerja sama untuk menciptakan alat yang dapat membantu dosen dan pengajar untuk mendeteksi plagiat dalam karya tulis mahasiswa dengan mudah dan efektif.

Pada tahun 1999, Turnitin meluncurkan produk pertamanya, yaitu sistem perbandingan teks yang digunakan untuk mengecek plagiat dalam karya tulis. Sistem ini memungkinkan dosen dan pengajar untuk mengunggah karya tulis mahasiswa dan membandingkannya dengan sumber-sumber yang tersimpan dalam database Turnitin untuk menentukan tingkat persamaan dengan sumber-sumber tersebut.

Sistem ini sangat populer dan digunakan oleh berbagai universitas dan sekolah di seluruh dunia. Seiring waktu, Turnitin meluncurkan produk-produk baru dan mengembangkan alat-alat yang lebih canggih untuk mengecek plagiat, termasuk alat pemeriksaan kesalahan gramatikal dan alat-alat untuk membantu dalam proses penulisan.

saat ini turnitin sudah digunakan di sekolah, universitas, dan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. banyak institusi pendidikan yang menggunakan turnitin sebagai sarana untuk mendeteksi plagiat dan membantu para siswa dan mahasiswa untuk menghindari plagiat dalam karya tulis mereka.

baca juga: Cara Menurunkan Hasil Plagiarisme Dengan Mudah

Cara Menurunkan Tingkat Turnitin Menjadi Rendah

Turnitin adalah software yang digunakan untuk mendeteksi plagiat dalam karya tulis. Beberapa cara untuk menurunkan skor plagiat dalam Turnitin antara lain:

  1. Menulis karya tulis sendiri dan tidak menyalin dari sumber lain tanpa memberikan kredit yang sesuai.

  2. Menulis karya tulis dengan bahasa sendiri dan menghindari penggunaan bahasa yang sama dengan sumber yang digunakan.

  3. Mencantumkan daftar referensi yang lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan.

  4. Mengecek karya tulis dengan alat plagiat sebelum diajukan untuk ditinjau oleh Turnitin.

  5. Mengutip sumber secara benar dengan menggunakan tanda kutip dan memberikan kredit yang sesuai.

Ingat bahwa plagiat merupakan pelanggaran yang serius dan dapat mengakibatkan sanksi yang berat.

Faktor Penyebab Score Turnitin Rendah

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan skor plagiat dalam Turnitin rendah antara lain :

  1. Penggunaan kutipan yang benar.

    Kutipan yang benar dan memberikan kredit yang sesuai dapat menurunkan skor plagiat dalam Turnitin.

  2. Menulis karya tulis sendiri.

    Menulis karya tulis sendiri tanpa menyalin dari sumber lain pasti akan mengurangi skor plagiat dalam Turnitin.

  3. Menghindari penggunaan bahasa yang sama dengan sumber yang digunakan.

    Menulis karya tulis dengan bahasa sendiri dan menghindari penggunaan bahasa yang sama dengan sumber yang digunakan dapat menurunkan skor plagiat dalam Turnitin.

  4. Mencantumkan daftar referensi yang lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan.

    Mencantumkan daftar referensi yang lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan dapat menurunkan skor plagiat dalam Turnitin.

  5. Mengecek karya tulis dengan alat plagiat sebelum diajukan.

    Mengecek karya tulis dengan alat plagiat seperti Grammarly atau Small SEO Tools sebelum diajukan untuk ditinjau oleh Turnitin dapat membantu mengurangi skor plagiat.

  6. Penggunaan database yang berbeda.

    Turnitin hanya dapat membandingkan dengan sumber yang ada dalam databasenya, sehingga jika anda menggunakan sumber yang tidak terdapat dalam databasenya, maka skor plagiat anda rendah.

  7. Kurangnya referensi.

    Jika anda tidak memberikan referensi yang cukup dari sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan, maka skor plagiat anda akan tinggi.

  8. Penggunaan metode paraphrasing yang buruk.

    Paraphrasing dengan hanya mengubah kata-kata saja dari sumber asli dapat dikenali oleh Turnitin sebagai plagiat

Secara umum, cara untuk menurunkan skor plagiat dalam Turnitin adalah dengan menulis karya tulis sendiri dan tidak menyalin dari sumber lain tanpa memberikan kredit yang sesuai, mencantumkan daftar referensi yang lengkap dan sesuai dengan format yang ditentukan, dan mengecek karya tulis dengan alat plagiat sebelum diajukan untuk ditinjau oleh Turnitin.

Namun jika kamu tidak ingin menggunakan Turnitin sebagai pendeteksi plagiarisme, maka kamu bisa mengandalkan website atau aplikasi lain yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan Turnitin.

Alternative Turnitin Sebagai Cek Tingkat Plagiasi

Berikut ini ada alternative Turnitin yang bisa kamu gunakan ketika dalam keadaan genting Turnitin tidak bisa diakses maka kamu bisa mengandalkan aplikasi berikut.

  1. Grammarly: Grammarly adalah alat pemeriksaan kesalahan gramatikal dan pengoreksian yang populer. Selain mengecek kesalahan gramatikal, Grammarly juga dapat digunakan untuk mendeteksi plagiat dengan membandingkan karya tulis dengan jutaan dokumen yang tercatat dalam database mereka. Grammarly juga memiliki fitur-fitur seperti pemeriksaan kesalahan tata bahasa, kesalahan penggunaan kata, dan pemeriksaan tingkat readability.

  2. Copyscape: Copyscape adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi plagiat di internet. Ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan URL atau teks dan memeriksa apakah ada duplikat dari konten tersebut di internet. Copyscape juga memiliki versi premium yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa dokumen yang diunggah dalam format file.

  3. Small SEO Tools: Small SEO Tools adalah situs web yang menyediakan berbagai alat seo dan produktivitas gratis. Salah satu fiturnya yaitu Plagiarism Checker, memungkinkan anda untuk mengecek plagiat dengan meng-upload dokumen atau dengan memasukkan teks, dan dalam waktu singkat akan diberikan hasil dari persentase plagiat dari teks tersebut.

  4. PlagScan: PlagScan adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi plagiat dalam karya tulis. Selain mendeteksi plagiat dalam karya tulis yang diunggah, PlagScan juga dapat digunakan untuk mengecek plagiat dalam dokumen yang diunggah dalam format file seperti Word, PDF, dan lainnya.

  5. Quetext: Quetext adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi plagiat dalam karya tulis. Quetext menggunakan algoritma yang canggih untuk mengecek plagiat dengan mengecek karya tulis yang diunggah dengan sumber-sumber yang tersimpan dalam database mereka. Quetext juga memiliki fitur-fitur seperti pemeriksaan kesalahan gramatikal dan analisis tingkat readability.
Itu saja tadi tentang cara menurunkan tingkat turnitin menjadi rendah yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan turnitin.

Bagikan juga informasi diatas kepada kerabat, teman, dan saudara kamu yang ingin menurunkan tingkan turnitin sehingga menjadi rendah.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menurunkan Tingkat Turnitin Menjadi Rendah"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel