Iklan Header

Tutorial Cara Menjadi Seorang Vtuber (Virtual Youtuber) Lengkap

Tutorial Cara Menjadi Seorang Vtuber (Virtual Youtuber) Lengkap

Perkembangan teknologi sudah semakin pesat, hal itu juga dibarengi dengan perkembangan talent entertainment. Tidak hanya karakter figuran seperti manusia saja yang bisa menghibur kita, melainkan sebuah animasi.

Banyak sekali jenis animasi yang bisa kita tonton atau biasa disebut dengan anime. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan pembahasan mengenai anime ini.

Anime merupakan sebuah kumpulan animasi-animasi yang disusun menjadi sebuah animasi bergerak secara mulus yang disebut sebagai anime. Anime juga singkatan dari Animasi Jepang. 

Ini adalah genre animasi yang berasal dari Jepang yang telah menjadi populer di seluruh dunia. 

Anime terdiri dari animasi yang berfokus pada cerita, bagian cerita, gaya visual, dan jenis musik yang unik. Karakter anime menonjol dengan rambut yang tidak mungkin, tinggi tubuh yang diperbesar, mata yang sangat besar, dan wajah yang disederhanakan. Animasi Jepang umumnya menampilkan acara televisi, film, dan video game.

Cerita anime sangatlah beragam, dan berkisar dari komedi ke drama, dari fiksi ilmiah ke fantasi. Beberapa anime populer berasal dari serial manga Jepang, seperti Dragon Ball, Naruto, dan One Piece. 

Meskipun anime merujuk kepada animasi Jepang, jenis animasi yang diciptakan di luar Jepang juga bisa diklasifikasikan sebagai anime. Beberapa contoh anime Amerika terkenal termasuk Avatar: The Last Airbender, The Legend of Korra, dan Rick and Morty.

Nah sedangkan VTuber adalah sebutan untuk seorang YouTuber atau streamer yang menggunakan karakter virtual sebagai wajah mereka saat menyiarkan video atau streaming. 

Karakter virtual ini bisa berupa anime, game, atau apa pun yang mereka inginkan, dan biasanya ditampilkan di layar sebagai sebuah animasi atau gambar yang bergerak. 

VTuber sering digunakan untuk menciptakan karakter yang unik dan menarik, yang dapat membantu mereka menarik perhatian dan membangun basis pengikut yang setia.

Vtuber biasanya memulai melakukan streaming mereka di platform Youtube dan Twitch. Tampilan mereka nantinya mirip seperti anime yang pernah kamu tonton itu. Setiap dari mereka memiliki nama yang berbeda-beda, sifat yang berbeda-beda, konsep yang berbeda-beda, dan keunikan yang berbeda-beda. 

Dengan keunikannya masing-masing itulah kamu bisa menentukan yang mana untuk dijadikan penggemar untuk mengisi waktu luang. Saran dari kami jangan terlalu berlebihan untuk menjadi penggemarnya, sewajarnya saja.

baca juga: Vtuber Uruha Rushia Dipecat Dari Hololive, Resmi Graduate

Tutorial Cara Menjadi Seorang Vtuber (Virtual Youtuber) Lengkap

Untuk menjadi seorang VTuber (Virtual YouTuber), Anda perlu melakukan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkah cara menjadi seorang vtuber (Virtual Youtuber) :

  1. Tentukan konsep dan karakter VTuber yang ingin Anda buat. Ini bisa berupa desain visual, suara, dan karakteristik yang Anda inginkan untuk karakter VTuber Anda. Ini adalah langkah penting pertama kamu, karena ini nantinya menjadi akar untuk kreativitas kamu nanti.

  2. Buat akun YouTube dan mulai membuat konten untuk karakter VTuber Anda. Ini bisa berupa video vlog, game, atau apa pun yang Anda sukai dan inginkan untuk karakter VTuber Anda. Selain Youtube, kamu juga bisa mengandalkan platform Twitch.

    Untuk platform Twitch biasanya dipakai oleh talent vtuber bagian Eropa, berbeda dengan vtuber asal Jepang dan Indonesia yang hampir seluruhnya menggunakan platform Youtube.

  3. Gunakan perangkat lunak seperti OBS Studio atau Streamlabs OBS untuk merekam dan menyiarkan video Anda. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda menambahkan efek visual seperti animasi dan filter untuk membuat karakter VTuber Anda terlihat hidup.

  4. Selama Anda merekam dan menyiarkan video, pastikan untuk selalu menjaga interaksi dengan penonton Anda melalui fitur seperti chat dan komentar. Ini membantu Anda menjaga hubungan dengan penonton dan membangun basis pengikut yang setia.

    Kamu harus bisa menarik penonton untuk selalu hadir dalam acara streaming kamu. Tidak harus merilis merchandise, kamu juga bisa mengandalkan bakat-bakat seperti bermain game atau menggunakan bahasa luar negeri.

  5. Selalu berusaha meningkatkan kualitas konten dan interaksi Anda dengan penonton. Ini bisa berupa meningkatkan desain visual karakter VTuber Anda, menambahkan fitur baru ke dalam video, atau mencari tahu apa yang paling disukai oleh penonton Anda dan menyajikannya kepada mereka.

  6. Dengan melakukan langkah-langkah cara menjadi seorang vtuber di atas, Anda akan dapat menjadi seorang VTuber yang sukses dan memiliki banyak pengikut.

Alat-Alat atau Perlengkapan Yang Digunakan Untuk Bisa Menjadi Seorang Virtual Youtuber (Vtuber)

Lantas apa saja alat-alat atau perlengkapan yang digunakan untuk bisa menjadi seorang Virtual Youtuber (Vtuber). Jangan khawatir, berikut ini ada perlengkapan lengkap untuk menjadi seorang Vtuber.

Untuk menjadi seorang VTuber, Anda perlu memiliki beberapa peralatan. Berikut adalah 10 perlengkapan yang dibutuhkan menjadi VTuber:

  1. Komputer atau laptop dengan spesifikasi yang cukup untuk menjalankan perangkat lunak rekaman dan streaming.

  2. Kamera web atau kamera digital yang bisa dipakai untuk merekam wajah Anda.

  3. Mikrofon atau headset untuk merekam suara Anda dengan kualitas yang baik.

  4. Perangkat lunak seperti OBS Studio atau Streamlabs OBS untuk merekam dan menyiarkan video Anda.

  5. Gambar atau desain visual karakter VTuber Anda.

  6. Perangkat lunak editing video untuk mengedit dan menambahkan efek ke dalam video Anda.

  7. Perangkat lunak animasi atau motion graphics untuk membuat karakter VTuber Anda terlihat hidup.

  8. Perangkat lunak pengolah suara untuk meningkatkan kualitas suara Anda.

  9. Alat bantu seperti lighting atau green screen untuk membantu Anda menghasilkan video yang lebih profesional.

  10. Internet yang cepat dan stabil untuk menyiarkan video Anda secara online.

  11. Dengan memiliki perlengkapan tersebut, Anda akan dapat memulai karier sebagai seorang VTuber dan mulai membuat konten yang menarik dan unik.

Beberapa Channel Vtuber Yang Masih Aktif Saat Ini

Mungkin kamu bertanya-tanya, saat ini siapa saja yang masih aktif menjadi vtuber. Karena perlu kamu ketahui bahwa belakangan ini banyak sekali talent vtuber yang graduation atau lulus. 

Hal itu terjadi karena berbagai alasan, ada yang karena masalah kesehatan, melanggar hukum, dan keputusan sendiri yang mungkin karena bosan. Beberapa Channel Vtuber saat ini yang masih aktif untuk kamu tonton.

  • Kizuna AI
  • Mirai Akari
  • Mori Calliope
  • Nekomiya Hinata
  • Sakura Miko Shirakami Fubuki
  • Usada Pekora
  • Uniqua
  • Kiryu Coco
  • Iwai Kurenai
  • Mirai Akari
  •  Kuroha Shachi
  • Kitorune Ai
  • Hakamori Choco
  • Ai Kizuna
  • Kashima Yuu
  • Kiramune Sakurako
  • Kokubu Hiyori
  • Kururin Mirin
  • Onemu Kudo
  • Sachi Usui
  • Sakura Miko
  • Satsuki Ran
  • Yuki Mafu Mafu
  • Yuki Waki Waki
  • Uruha Rushia

Itu saja tadi tentang tutorial cara menjadi seorang vtuber (Virtual Youtuber) Lengkap yang kamu coba ikuti secara gratis.

Bagikan cara menjadi seorang vtuber diatas kepada teman, kerabat, dan saudara kamu yang penasaran dan ingin menjadi seorang vtuber.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Cara Menjadi Seorang Vtuber (Virtual Youtuber) Lengkap"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel