Iklan Header

Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Browser

Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Browser

Perkembangan pada internet kini sudah sangat pesat. Maka dari itu tak heran jika kini sudah banyak alat teknologi yang hadir dengan fitur yang lengkap. Seperti laptop dan smartphone android yang kian hari memiliki spesifikasi tinggi.

Tidak hanya pada laptop dan smartphone, hal ini juga berlaku pada Browser. Jika kamu belum tau apa itu browser, merupakan sebuah program aplikasi yang digunakan untuk berseluncur di internet, pastikan kamu memiliki sebuah browser. Browser adalah software yang membantu kamu terhubung dengan internet.

Dalam arti jika kamu ingin berseluncur dengan internet, maka kamu harus menggunakan aplikasi penghubung atau yang biasa disebut sebagai browser.

Sebagai contoh ketika kamu ingin mencari "aplikasi resep makanan", maka kamu harus menulis pada google " aplikasi resep makanan" untuk mencari jawaban tersebut. Lalu dibutuhkanlah sebuah browser untuk kamu menulis kalimat tersebut.

Ada banyak jenis dan jumlah browser saat ini yang bisa digunakan baik pada PC komputer ataupun smartphone kita. Beberapa browser itu terdiri dari antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer, Opera, Tor Browser, Brave, Avast, Popularity Browser, dan browser lainnya. 

Namun kali ini kita akan membahas salah satu jenis browser yakni Internet Explorer. Ada yang sudah tau dan sudah pernah menggunakan browser satu ini? Mustahil jika kamu belum pernah menggunakan browser satu ini. 

Karena Browser Internet Explorer ini merupakan sebuah browser bawaan yang dimiliki oleh Komputer ataupun Laptop kamu.

Seperti contoh ketika kamu baru membeli komputer dan laptop baru, tentu kamu belum menemukana yang namanya Google Chrome dan Mozila Firefox. Kamu diwajibkan menginstall browsernya terlebih dahulu. 

Kalau sudah seperti ini, kamu bisa menggunakan browser bawaan Internet Explorer yang satu ini sementara sebelum kamu menginstall Google Chrome dan Firefox.

Perlu kamu ketahui, browser Internet Explorer ini berbeda dengan Google Chrome dan browser lainnya. Tentu ada alasan mengapa sebagian orang lebih memilih menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox daripada menggunakan Internet Explorer. 

Namun jangan khawatir, berikut ini ada penjelasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer sebagai Browser.


Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Browser

Beberapa kelebihan dan kekurangan pada internet explorer ini bisa kalian bandingkan dengan browser lainnya. Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Browser : 

1. Browsing Lebih Lambat


Kelemahan yang dimiliki browser Internet Explorer yang pertama datang dari Browsing Lebih Lambat. 

Disaat kamu ingin mengakses suatu website atau sedang mencari jawaban dari pertanyaan melalui google, tentu hal ini akan sangat menyebalkan terutama disaat sedang terburu-buru mencari jawaban.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang enggan untuk menggunakan browser Internet Explorer satu ini. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan browser ini ketika sangat kepepet atau darurat saja. Lalu segeralah menginstall aplikasi browser lainnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer, Opera, Tor Browser, Brave, Avast, Popularity Browser, dan browser lainnya. 

2. Pengunduhan Lambat


Yang kedua datang dari kelemahan pada browser Internet Explorer yaitu Pengunduhan yang sangat lambat. Tidak seperti Mozila Firefox yang dilengkapi dengan fitur Pengunduhan yang membuatnya tidak terlalu lelet seperti browser lainnya. 

Internet explorer tidak memiliki fitur tersebut, jadi bisa disebut ketika kamu browsing dan mengunduh file secara bersamaan itu akan menyebabkan browser ini menjadi sangat lambat bahkan not responding atau tidak merespon.

Meskipun kamu memiliki internet yang kencang sekalipun, jika masih mengandalkan browser satu ini, maka jangan harap kamu bisa mengunduh secara cepat. Saya sarankan untuk menginstall aplikasi yang membantu proses pengunduhan selain browser yaitu Internet Download Manager. 

Internet download manager menjadi aplikasi terpisah yang hanya bisa dipakai pada komputer. Namun aplikasi pembantu unduhan ini bisa digabung langsung bersamaan dengan Google Chrome sebagai ekstensi.

3. Pemutaran Video Yang Sulit


Yang ketiga datang dari kelemahan internet explorer yaitu Pemutaran Video Yang Sulit. Berbeda dengan browser Mozila Firefox dan Google Chrome yang sudah dilengkapi dengan Adobe Flash, internet explorer tidak memilikinya. 

Tentu ini akan membebankan browser internet explorer itu sendiri. Adobe Flash itu sendiri berfungsi untuk menampilkan video seperti cuplikan gambar, gif, ataupun animasi dalam sebuah website. Disinilah adobe flash berperan sangat penting, namun sayang browser Internet Explorer tidak memilikinya. Sehingga hal ini membuat salah satu kelemahan pada internet explorer yaitu Pemutaran Video Yang Sulit. 

4. Kinerja Yang Lamban


Selain browsing yang lambat, pengunduhan yang lambat, serta pemutaran video yang sulit, kamu juga akan merasakan kinerja yang lebih lamban dari browser lainnya. Tentu ini akan sangat mengganggu, disaat kita ingin melakukan browsing itu terjadi sangat lamban, lalu ketika kita pergi ke pengaturan pun akan sangat lambat untuk terbuka saja. 

Meskipun spesifikasi komputer atau laptop kamu sudah mumpuni atau terbilang tinggi, hal itu tidak akan berpengaruh besar pada browser satu ini. Bisa dibilang browser internet explorer ini sudah ketinggalan jaman.

5. Tidak Memiliki Ekstensi


Yang kelima datang dari kelemahan Internet Explorer yaitu tidak memiliki fitur ekstensi seperti browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Ekstensi merupakan sebuah program tambahan yang dibuat oleh para developer pengembang baik dari google itu sendiri maupun orang lain.

Tentu ini sangat berguna sekali, sebagai contoh yaitu ekstensi VPN. Kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi-aplikasi yang akan memakan penyimpanan. 

Kalian cukup menambahkan ekstensi VPN pada browser google chrome, lalu Proxy sudah aktif dan bisa langsung digunakan seperti mengakses ilmu pengetahuan reddit dan mencari jurnal-jurnal lainnya di situs yang dilarang sebelumnya. Gunakan selalu proxy ekstensi dengan sebaiak-baiknya.

6. Ukuran Aplikasi Yang Kecil


Yang keenam ada kelebihan dari internet explorer yaitu Ukuran aplikasi yang kecil dan ringan membuat browser ini tidak memakan penggunaan RAM. Tidak seperti browser Google Chrome yang terkenal memakan penyimpanan RAM dengan sangat besar, justru internet explorer tidak memakan banyak ruang pada RAM. Tentu ini menjadi kelebihan pertama yang dimiliki oleh Internet Explorer. 

Kesimpulan

Untuk memilih browser yang pas, kamu bisa menyesuaikan dengan spesifikasi atau kebutuhan yang kamu perlukan. Jika kamu ingin banyak mengunduh file, maka kamu bisa mengandalkan browser Mozilla Firefox. 

Jika kamu ingin menonton video seperti animasi apapun kamu bisa menggunakan Google Chrome. Sedangkan jika kamu hanya ingin browsing saja untuk mengakses media sosial maka kamu bisa menggunakan browser Micrsoft Edge. Dan masih banyak browser lainnya yang bisa kamu sesuaikana tergantung kebutuhan.

Itu saja tadi tentang kelebihan dan kekurangan internet explorer sebagai browser yang bisa kalian pahami. Bagikan juga informasi diatas kepada teman atau saudara kamu yang masih bertanya-tanya tentang kelebihan kekurangan internet explorer.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Sebagai Browser"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel