Iklan Header

Kelebihan dan Kekurangan Mini PC daripada Komputer PC

Kelebihan dan Kekurangan Mini PC daripada Komputer PC

Mungkin kamu saat ini berpikiran untuk membeli atau merakit mini PC daripada komputer. Jika benar, maka kamu berada di penjelasan yang tepat. 

Pada saat ini teknologi semakin maju, semua dilakukan menggunakan komputer. Mulai dari mendaftar sekolah, membeli paket data hingga kuota listrik, dan membeli segala kebutuhan elektronik secara online dengan mudah.

Segalanya saat ini bisa dilakukan hanya dengan bermodal perangkat device ditambah internet. Maka kamu bisa melakukan semua aktivitas pembelian secara online hanya dengan pc komputer.

Namun untuk kamu yang tidak memiliki komputer, maka kamu bisa membeli mini pc sebagai alternative. Karena mini pc tidak membutuhkan banyak perangkat apalagi tempat.

Sebelum membeli mini pc, alangkah baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli mini PC daripada Komputer berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mini PC daripada Komputer PC

Sebelum memutuskan untuk membeli mini pc sebagai pengganti komputer, alangkah baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kelemahan daripada komputer.

Kelebihan Mini PC

1. Mini PC Tidak Makan Tempat


Seperti yang kita ketahui, mini PC tidak memiliki dimensi yang besar untuk memakan tempat. Mini pc memiliki ukuran yang sangat kecil. 

Meskipun ukurannya yang kecil, kalian tidak boleh menganggap remeh performa dari mini pc ini. Mini pc meskipun kecil, kamu bisa menggunakan selayaknya komputer dan laptop. Maka tidak heran jika mini pc bisa menjadi pilihan semua orang sebagai pengganti komputer.


2. Komputer Kecil


Meskipun memiliki komponen part yang sangat kecil, mini pc bisa digunakan selayaknya komputer pada umumnya. Perlu kamu ketahui bahwa mini pc ukurannya 1/4 dari PCU komputer, sangat kecil tentunya.

Komponen mini pc tidak selengkap komputer pada umumnya. Meskipun begitu, mini pc layak kamu coba untuk merasakan sensasi mengoperasikan komputer.

Mini pc pada dasarnya digunakan oleh perkantoran sektor kecil untuk mengolah data-data dengan kegiatan yang ringan. Untuk disekolah, mini pc digunakan untuk pembelajaran ringan seperti menulis di microsoft word, office, dan excel.

3. Hemat Listrik Hanya 9 Watt

Kelebihan mini PC yang ketiga ada dari hemat listrik. Yap, mini pc tidak memakan listrik yang sangat banyak seperti layaknya komputer. 

Komputer membutuhkan listrik sebesar 250 watt untuk yang spesifikasi standar. Sedangkan untuk mini PC hanya membutuhkan 9-11 watt saja. Namun jika komputer kamu memiliki spesifikasi untuk bermain game atau PC Gaming, maka membutuhkan sekitar 450-500 watt. 

Tentu sangat besar sekali listrik yang diperlukan untuk sebuah komputer. Mini pc bisa menjadi andalan kalian jika memiliki daya watt listrik yang tidak begitu besar.

Berikut kekurangan dari Mini PC :

1. Harga Lebih Mahal

Kekurangan pada mini PC pertama yaitu pada segi harga. Harga mini pc biasanya lebih mahal ketimbangt komputer 1 set. Padahal spesifikasi yang didapat cukup sangat standar bahkan lebih kecil dari komputer tukang fotokopi.

Kisaran harga dari mini PC ini antara 850ribu - 2.5juta rupiah dan harga tersebut belum termasuk monitor. Seperti yang kita ketahui, monitor merupakan komponen penting yang berfungsi menampilkan layar dari CPU komputer ini.

Jika kamu mengeluarkan 1juta rupiah untuk membeli komputer, maka ini akan sangat worth it untuk digunakan. Dengan harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan spesifikasi standar yang melebihi dari mini PC tersebut.

2. Tidak Kuat Menjalankan Aplikasi Berat

Berbeda dengan komputer yang bisa menjalankan aplikasi berat seperti game online. Mini pc tidak kuat untuk menjalankan hal tersebut. Contoh game online nya yaitu Point Blank, namun jika ingin menjalankan game offline ringan seperti Zuma mungkin bisa.
 
Perlu diketahui bahwa mini pc hadir bukan untuk bermain game. Jika kamu ingin bermain game, alangkah baiknya untuk merakit komputer saja daripada mini pc. 

Atau kamu juga bisa membeli laptop meskipun laptop bekas yang penting kondisi nya masih bagus dan memiliki spesifikasi yang tinggi untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat.

KESIMPULAN

Perlu kamu ketahui bahwa mini PC tidak digunakan untuk hal-hal yang berat. Biasanya mini pc dicari untuk sektor mengelola data ringan-ringan saja seperti disekolah yang hanya menggunakan Microsoft Word, Office, ataupun Excel.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Mini PC daripada Komputer PC"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel