Iklan Header

Begini Cara Mengubah HP Jadi Remote TV dengan Aplikasi

Begini Cara Mengubah HP Jadi Remot TV dengan Aplikasi

Begini Cara Mengubah HP Jadi Remot TV dengan Aplikasi

Apakah kamu sering kesulitan saat mencari remot TV yang suka tiba-tiba hilang? Gunakan saja HP kamu dan ikuti cara HP jadi remot TV berikut!

Saat sedang menonton acara televisi, kita pasti sering menggunakan remote untuk mengubah channel tayangan tanpa harus beranjak dari kursi. Namun terkadang, remot TV menjadi salah satu piranti rumah yang suka tiba-tiba hilang saat sedang butuh-butuhnya. Kejadian tersebut memang cukup mengesalkan, tapi kamu juga bisa lho melakukan cara HP jadi remote TV dengan praktis dan super mudah.

Cara Mengubah HP Jadi Remot TV

Selama ini, umat manusia sudah banyak yang terbantu dengan hadirnya ponsel pintar untuk menunjang berbagai jenis keperluan. Dan kini, kamu juga perlu tahu bahwa smartphone yang selama ini kamu kenal sebagai alat komunikasi ternyata juga bisa jadi remote TV.

baca juga Cara Mudah Hard Reset Android Semua Jenis Tipe

Hanya dengan bantuan aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan jenis smartphone apa saja untuk mengubahnya menjadi remot TV. Bagaimana caranya agar ponsel jadi remot TV? Simak beberapa cara HP jadi remot TV berikut ini.

1. Android TV Remote Control

Cara mengubah HP jadi remot TV yang pertama adalah Android TV Remote Control yang merupakan aplikasi remot khusus untuk perangkat Android TV.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini memiliki tampilan interface yang sangat sederhana dan memudahkan pengguna dalam proses pengoperasiannya. Saat dibuka, aplikasi tersebut dapat langsung mendeteksi Android TV yang ada di sekitarnya secara otomatis.

Pengguna dapat menggunakan cara HP jadi remot secara manual dengan tombol D-Pad setelah ponselnya terkoneksi dengan Android TV. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur canggih yakni voice control yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengendalikan TV dengan perintah suara.

Adapun cara menyiapkan aplikasi ini agar dapat terpasang ke smartphone masing-masing adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Remote Control Android TV melalui Google Play Store atau App Store, lalu instal

  • Setelah itu, hubungkan smartphone kamu dengan Android TV menggunakan jaringan WiFi yang sama

  • Setelah tersambung, buka aplikasinya lalu pilih nama Android TV masing-masing

  • Kemudian akan muncul sebuah PIN di layar Android TV kamu

  • Masukkan PIN tersebut dalam aplikasi ponsel kamu, lalu klik ‘sambungkan’ agar ponsel jadi remot TV

  • Remot ponsel sudah bisa kamu gunakan

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android 4.3 keatas atau iOS 8.0 ke atas untuk perangkat iPhone dan iPad.

2. Universal TV Remote Control

Aplikasi cara mengubah HP jadi remot kali ini tergolong remot ponsel yang paling fleksibel dari jenis aplikasi lainnya. Karena aplikasi Universal TV Remote Control ini mampu mendeteksi smart TV, TV LED hingga TV LCD biasa.

Pengguna hanya perlu memilih opsi ‘IR TV Remotes’ untuk mengendalikan TV biasa, dan ‘Smart TV Remotes’ untuk TV pintar.

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk jenis perangkat Android maupun iOS. Dan kamu dapat mengunduhnya melalui Play Store dan App Store di ponsel masing-masing.

3. ZaZa Remote

Aplikasi cara HP jadi remot yang terakhir adalah ZaZa Remote. Kabar baiknya, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan menjadi remot AC, proyektor, kipas, DVD, dan jenis perangkat elektronik lainnya.

Untuk cara pengoperasiannya, kamu hanya perlu menekan tombol plus (+) untuk memilih jenis perangkat elektronik yang diinginkan. Tertarik mencoba? Silakan unduh ZaZa Remote melalui Google Play Store di ponsel kamu.

Cara HP Jadi Remote dengan Jenis Aplikasi Lainnya

Aplikasi lain agar ponsel jadi remot TV dapat kamu lihat kumpulan nama-nama berikut ini:

  • Google Home

  • Smart IR Remote

  • SURE

  • Unified

  • TV Remote Control for Samsung

  • Mi Remote

  • Asmart Remote IR

Kamu bisa lakukan cara mengubah HP jadi remote TV dengan salah satu aplikasi di atas.

Itu saja tentang Cara Mengubah HP Menjadi Remote TV dengan menggunakan Aplikasi. Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang mungkin habis kehilangan remote tv nya. Sehingga dia bisa mengubah hp nya menjadi remote tv.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Mengubah HP Jadi Remote TV dengan Aplikasi"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel