Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Belajar Online



Cara Mudah Menggunakan Google Classroom di Android Untuk Belajar Online - Belakangan ini aplikasi Google Classroom banyak dicari karena kita wajib melakukan sistem pertemuan secara online. Pandemi ini membuat kita harus bertatap muka jarak jauh. Mulai dari sekolah, kantor, sampai pemerintahan melakukan meeting secara online dan belajar secara online dirumah masing-masing. Setelah membahas 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti kali ini akan membahas mengenai tutorial cara menggunakan google classroom untuk belajar dan meeting dari rumah. Dilansir dari wikipedia, Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah maupun kantor, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama Google Classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa, sehingga memudahkan aktifitas secara daring.

3 Tutorial dan Tips Cara Menggunakan Google Classroom di Android :

1. Siapkan Aplikasi Google Classroom

Kalian bisa mendapatkan aplikasi Google Classroom di Play Store hp android kalian. Pembaruan terakhir pada 24 Agustus 2020, dan hanya memiliki ukuran sebesar 21 mb. Tak perlu khawatir, jika kalian mengunduh dari play store maka  itu sudah bersifat aman. Langkah selanjutnya ialah cara masuk video call grup google classroom.

2. Masuk Video Call Grup

Masuk dengan link atau code yang dibagikan oleh pengajar maupun bos kantor kalian untuk bisa melakukan video call grup bersama. Aktifkan kamera depan kamu sehingga layar hp android bisa menampilkan wajah kamu untuk belajar online ataupun meeting online. Kamu juga bisa melakukan kirim file maupun editing pada Google Classroom berlangsung. Google Classroom ini mempunyai fitur jika kalian tidak ingin mengambil video dan suara, kalian bisa menyilang gambar video dan mic.

3. Internet

Setelah semua dilakukan, siapkan koneksi internet yang stabil. Sehingga tidak terjadi gangguan saat melaksanakan pembelajaran online atau meeting secara online. Koneksi internet memiliki peran yang penting dalam menggunakan Google Classroom. Koneksi internet yang buruk saat menggunakan Google Classroom dapat menyebabkan freeze atau lagging. Freeze adalah kondisi dimana dalam keadaan beku atau 'tidak bergerak' karena koneksi yang buruk tersebut. Internet yang buruk saat menggunakan google classroom juga dapat membuat suara dari pengajar terputus-putus, sehingga kita kesulitan untuk mendengar penjelasan saat belajar online.

Manfaat Menggunakan Google Classroom
  • Mudah dan Simple - Pengajar dapat menambahkan siswa secara langsung atau dengan membagikan kode di kelasnya untuk bergabung mengikuti pembelajaran secara online (daring). Persiapan hanya memerlukan waktu beberapa menit.
  • Menghemat Waktu - Membuat kita dapat mengolah file secara langsung di dalam aplikasi Google Classroom.
  • Pengelola File Yang Baik - Siswa dapat melihat semua tugasnya di 1 halaman sekaligus tugas, dan semua materi kelas (seperti dokumen, foto, dan video) otomatis dimasukkan ke dalam folder di Google Drive kamu.
  • Mudah Berkomunikasi - Kelas memungkinkan pengajar untuk mengirimkan pengumuman dan memulai diskusi kelas dengan cepat. Siswa dapat berbagi materi satu sama lain atau menjawab pertanyaan melalui tempat diskusi online ini.
  • Tidak Ada Iklan - Aplikasi ini tidak memiliki iklan seperti aplikasi pendidikan lainnya.
Perizinan

Aplikasi ini memerlukan izin untuk mengakses kamera, penyimpanan, kelas, dan akun google. Itu saja mengenai Cara Menggunakan Google Classroom di Android Untuk Belajar Online. Semoga dengan artikel ini kamu jadi semakin mudah dalam proses meeting online dan pembelajaran online dirumah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Belajar Online"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel