Iklan Header

Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect

Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect

Perkembangan era digital pada smartphone berdampak begitu besar, ditambah sudah banyak aplikasi-aplikasi yang membantu aktivitas kita hadir.

Dengan beragam aplikasi yang hadir ini tentu akan membantu para pengguna ponsel smartphone. Seperti aplikasi mengelola berkas, aplikasi memesan kendaraan jarak jauh, aplikasi memesan makanan, aplikasi penjernih foto buram, aplikasi edit foto dan video, aplikasi memperbesar suara hp, aplikasi mengubah hp menjadi speaker, aplikasi bayar tagihan listrik dan air, dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kamu install pada smartphone android kamu.

Untuk menginstall aplikasi-aplikasi diatas kamu bisa langsung mengunjungi playstore pada smartphone android kamu. Google Play Store adalah platform aplikasi resmi untuk perangkat Android yang dikelola oleh Google. 

Play Store menyediakan berbagai macam aplikasi, game, buku, musik, dan film yang dapat diunduh dan dipasang pada perangkat Android. Play Store juga menyediakan berbagai layanan dan fitur seperti pengaturan keamanan, pembaruan aplikasi, dan pengaturan akun Google. 

Play Store sangat penting bagi pengguna Android karena menyediakan akses mudah dan aman untuk mengunduh dan memperbarui aplikasi dan layanan yang diperlukan pada perangkat mereka.

Meskipun begitu, terkadang ada saja pengguna yang kerap mengalami masalah saat ingin menginstall aplikasi pada google play store. Banyak ermasalahan yang dialami kepada para pengguna saat mengunduh aplikasi melalui playstore seperti salah satunya download tertunda diverifikasi oleh play protect. 

Namun jangan khawatir, karena berikut ini ada cara mengatasi download tertunda diverifikasi oleh play protect yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect 

Seperti yang kita ketahui, playstore merupakan sarangnya banyak aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis. Mulai dari jenis-jenis permainan, aplikasi serbaguna, dan lain sebagainya. 

Namun terkadang unduhan yang terjadi pada playstore bisa mengalami masalah seperti download tertunda diverifikasi oleh play protect. Play Protect adalah layanan keamanan bawaan pada perangkat Android yang dibuat oleh Google. Layanan ini dirancang untuk melindungi perangkat dan data pengguna dari serangan malware dan program jahat lainnya. 

Layanan Play Protect bekerja dengan memindai aplikasi dan game yang diunduh dari Google Play Store dan juga aplikasi yang terpasang di perangkat Anda secara otomatis, untuk memastikan bahwa mereka aman dan bebas dari virus atau malware.

Saat Anda mengunduh atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store, Play Protect akan melakukan pemeriksaan untuk memverifikasi aplikasi tersebut. Jika Play Protect mendeteksi adanya ancaman keamanan pada aplikasi yang akan diinstal, maka akan memberikan peringatan dan meminta konfirmasi dari pengguna sebelum memungkinkan aplikasi tersebut diinstal.

Play Protect juga bekerja di latar belakang untuk memindai aplikasi dan game yang diunduh dari sumber lain, misalnya APK yang diunduh dari situs web pihak ketiga. Jika Play Protect menemukan adanya ancaman keamanan pada aplikasi yang diunduh, maka akan memberikan peringatan dan menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi tersebut.

Anda dapat memeriksa status Play Protect pada perangkat Android Anda dengan membuka aplikasi Google Play Store, kemudian masuk ke "Play Protect" pada menu "Pengaturan". 

Disana Anda dapat melihat apakah perangkat Anda terlindungi oleh Play Protect atau tidak. Jika Play Protect menemukan ancaman keamanan pada perangkat Anda, maka akan memberikan peringatan dan menyarankan tindakan yang harus diambil.

Setelah mengetahui penjelasan lebih tentang fitur play protect, berikut ini cara mengatasi download tertunda yang diverifikasi oleh play protect.

Pesan "Download tertunda diverifikasi oleh Play Protect" muncul ketika Play Protect, layanan keamanan bawaan Android, mendeteksi sesuatu yang mencurigakan dalam file yang ingin Anda unduh. Ini adalah tindakan pencegahan untuk memastikan keamanan perangkat Android Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba beberapa solusi berikut:

Matikan Play Protect:

  • Buka aplikasi Google Play Store, kemudian ketuk opsi tiga baris di bagian atas kiri layar
  • Pilih "Play Protect"
  • Matikan opsi "Scan perangkat dengan Play Protect"
  • Catatan: Cara ini akan menonaktifkan pengamanan bawaan Android, yang dapat meningkatkan risiko keamanan perangkat Anda.

Hapus data dan cache Google Play Store:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda
  • Gulir ke bawah dan pilih "Aplikasi"
  • Temukan "Google Play Store" dan ketuk untuk membukanya
  • Pilih opsi "Hapus data" dan "Hapus cache"
  • Setelah itu, coba unduh ulang aplikasi atau file yang sebelumnya Anda coba unduh.
Gunakan sumber unduhan yang tepercaya:
  • Pastikan Anda mengunduh file dari situs web atau toko aplikasi yang terpercaya
  • Jangan unduh file dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.
Tunggu beberapa saat:
  • Beberapa kali, unduhan tertunda karena proses verifikasi Play Protect membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Anda dapat menunggu beberapa saat dan mencoba lagi nanti.
Semoga salah satu dari solusi di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah "Download tertunda diverifikasi oleh Play Protect".

Namun jika cara diatas tidak berhasil kamu lakukan, maka kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan opsi kedua yakni mengunduh aplikasi selain dari playstore. 

Berikut ini akan dilampirkan alternative download aplikasi selain Google Play Store yang bisa kamu gunakan.

Alternative Pengganti Mengunduh Aplikasi Selain Google Playstore

Ada beberapa alternatif lain yang dapat Anda gunakan jika ingin mencari aplikasi atau game yang tidak tersedia di Play Store atau ingin mencoba platform yang berbeda.

Berikut adalah beberapa alternative mirip Play Store yang dapat Anda coba:

  1. Amazon Appstore: Amazon Appstore adalah toko aplikasi resmi Amazon yang tersedia untuk perangkat Android dan Fire. Appstore memiliki antarmuka pengguna yang mirip dengan Play Store dan menyediakan ribuan aplikasi dan game gratis maupun berbayar.

  2. Aptoide: Aptoide adalah toko aplikasi alternatif untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah aplikasi dan game mereka sendiri. Dalam Aptoide, Anda dapat mencari dan menemukan aplikasi dan game yang mungkin tidak tersedia di Play Store.

  3. F-Droid: F-Droid adalah toko aplikasi yang berfokus pada aplikasi dan game sumber terbuka untuk perangkat Android. F-Droid menyediakan aplikasi yang terbuka untuk umum dan gratis untuk diunduh, tanpa perlu mendaftar atau membayar.

  4. APKPure: APKPure adalah platform unduhan aplikasi dan game yang menyediakan unduhan file APK langsung. APKPure memiliki antarmuka yang mirip dengan Play Store dan menyediakan ribuan aplikasi dan game gratis maupun berbayar.

  5. GetJar: GetJar adalah toko aplikasi alternatif untuk perangkat Android yang menyediakan ribuan aplikasi dan game gratis dan berbayar. GetJar juga memiliki fitur-fitur seperti "Gold Apps" yang memberikan akses ke aplikasi premium secara gratis.

Dalam memilih alternative yang tepat, pastikan Anda memilih platform yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, serta pastikan juga aplikasi yang diunduh aman dan bebas dari malware. Selalu hati-hati saat mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Download Tertunda Diverifikasi Oleh Play Protect "

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel