Iklan Header

Lebih Baik Ganti LCD atau Beli HP Baru? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Lebih Baik Ganti LCD atau Beli HP Baru? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Seperti yang kita ketahui, perkembangan gadget sudah berjalan begitu pesat. Hal ini tidak heran karena kebutuhan masyarakat yang masih mengandalkan telefon genggam ini.

Banyak fungsi utama yang terdapat pada smartphone baik android ataupun iOS. Salah satunya yakni untuk alat komunikasi antar daerah, pulau, bahkan antar negara kalian bisa saling terhubung untuk mengirim kabar.

Selain untuk berkomunikasi, kalian juga bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat hanya melalui smartphone genggam tersebut. Tidak heran penggunaan smartphone hampir dimiliki oleh semua orang didunia karena beberapa fungsinya yang sangat baik tersebut.

Apalagi jika digabung dengan internet, maka kamu bahkan bisa melakukan segala hal seperti memesan tiken kendaraan jarak jauh maupun dekat, memesan hotel, memesan makanan, masuk kedalam mall, mengecek pembayaran pajak, membayar tagihan apapun seperti listrik dan tagihan lainnya.

Namun meskipun begitu, terkadang ada saja masalah yang dihadapi oleh pengguna seperti LCD yang bermasalah. Tentu ini akan membuat kita kesal karena kesulitan dalam menggunakan ponsel, kerusakan data, waktu yang terbuang, kehilangan produktivitas, dan kehilangan keamanan.

LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis layar yang digunakan dalam banyak jenis ponsel dan gadget elektronik. LCD memanfaatkan cahaya dan kristal cair untuk menampilkan gambar dan teks. 

Keuntungan utama dari LCD adalah ukurannya yang kecil dan bisa dibuat tipis sehingga cocok digunakan dalam perangkat mobile seperti smartphone. LCD juga menghasilkan warna yang tajam dan jelas, dan memiliki tingkat konsumsi daya yang rendah. 

Kerugian dari LCD adalah bahwa suhu dan kelembaban dapat mempengaruhi kinerjanya, dan layar bisa menjadi tidak terbaca jika terkena cahaya terang. Dalam hal ini, smartphone memiliki layar LCD yang memiliki tingkat kualitas yang baik, dengan resolusi tinggi dan tingkat kontras yang baik.

LCD pada smartphone juga dapat dikustomisasi dengan berbagai tipe panel seperti IPS (In-Plane Switching), OLED (Organic Light Emitting Diode) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. IPS memiliki tingkat kontras yang baik dan memiliki pandangan yang jelas dari sudut yang berbeda, OLED memiliki tingkat kontras yang sangat tinggi dan memberikan warna yang lebih hidup, sementara AMOLED memiliki tingkat kontras yang sangat tinggi dan memungkinkan setiap pixel untuk dinyalakan secara independen.

Tetapi terkadang ada juga pengguna yang masih bingung disaat hp miliknya rusak pada bagian LCD. Lalu muncul dibenaknya apa lebih baik ganti LCD atau mendingan beli hp baru ya? Nah beberapa pertanyaan berikut akan dibahas.

baca juga: Cara Mengatasi Layar HP Samsung Blank Hitam Tapi Hidup

Lebih Baik Ganti LCD atau Beli HP Baru? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Pertimbangan untuk memutuskan apakah lebih baik mengganti layar LCD pada ponsel atau membeli ponsel baru tergantung pada beberapa faktor, di antaranya adalah kondisi ponsel saat ini, harga layar LCD, dan harga ponsel baru.

Kondisi Ponsel


Jika ponsel Anda masih berfungsi dengan baik dan hanya layar LCD yang rusak, maka pilihan terbaik mungkin menggantinya. Namun, jika ponsel sudah mengalami masalah lain seperti baterai yang lemah atau performa yang buruk, maka lebih baik mempertimbangkan membeli ponsel baru.

Harga LCD


Harga kisaran LCD untuk ponsel Android dan iPhone bisa berbeda-beda tergantung pada merek, model, dan tingkat kesulitan perbaikan. Beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi harga LCD untuk ponsel Android dan iPhone meliputi kualitas layar, merek layar, dan ketersediaan bagian.

Untuk ponsel Android, harga kisaran LCD bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 atau lebih tergantung pada model dan merek ponsel.

Untuk iPhone, harga kisaran LCD bisa berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 8.000.000 atau lebih, tergantung pada model dan generasi iPhone. Harga untuk LCD iPhone bisa lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel Android karena biaya perbaikan untuk iPhone seringkali lebih tinggi dan bagian-bagian iPhone lebih sulit didapat.

Sebaiknya melakukan pengecekan dengan beberapa toko perbaikan ponsel atau Apple Store untuk mendapatkan harga yang lebih akurat.

Harga Ponsel Baru


Jika harga ponsel baru sangat murah dan memenuhi kebutuhan Anda, maka lebih baik membeli ponsel baru. Namun, jika ponsel baru sangat mahal dan Anda tidak membutuhkan fitur tambahan, maka lebih baik mempertimbangkan untuk mengganti layar LCD. Ini merupakan situasional tergantung kondisi pada separah apa permasalah HP kamu. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu pada tukang service yang bisa melayani.

Keamanan Data


Jika Anda memiliki informasi penting yang tersimpan pada ponsel Anda, maka lebih baik mempertimbangkan menggantinya agar data Anda tetap aman. Namun, jika data Anda dapat disimpan dengan aman di cloud atau media lain, maka membelikan ponsel baru mungkin menjadikan pilihan terbaik.

Performa dan Fitur


Ponsel baru pasti akan memiliki performa dan fitur yang lebih baik dibandingkan ponsel lama. Jika Anda membutuhkan performa dan fitur yang lebih baik, maka membeli ponsel baru adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda hanya menggunakan ponsel untuk tugas sederhana seperti telepon dan pesan teks, maka mengganti layar LCD mungkin sudah cukup.

Dalam hal ini, adalah penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan budget Anda saat memutuskan apakah lebih baik mengganti layar LCD atau membeli ponsel baru. Namun, pada dasarnya, jika ponsel Anda masih berfungsi dengan baik dan hanya layar LCD yang rusak, maka lebih baik menggantinya. Namun, jika ponsel sudah tidak memenuhi kebutuhan Anda, maka membeli ponsel baru mungkin menjadi pilihan terbaik.

Tips Mencegah Kerusakan Pada LCD 

  1. Gunakan pelindung layar

    Pelindung layar bisa membantu melindungi layar dari goresan dan benturan.

  2. Hindari menggunakan benda keras saat menyentuh layar

    Gunakan jari atau stylus untuk menyentuh layar dan hindari menggunakan benda keras seperti pen atau pulpen.

  3. Jauhi air dan kelembaban

    Jangan membiarkan smartphone terkena air atau kelembaban, karena hal ini bisa membuat komponen elektronik rusak.

  4. Jangan memegang smartphone saat jatuh

    Jika smartphone jatuh, usahakan untuk tidak memegangnya karena bisa membuat layar retak atau pecah.

  5. Hindari membawanya ke lingkungan ekstrim

    Jangan membawa smartphone ke lingkungan dengan suhu ekstrim, seperti di dalam mobil saat terik matahari atau di luar saat cuaca buruk.

  6. Gunakan casing

    Gunakan casing untuk melindungi smartphone dari benturan dan goresan.

  7. Jangan mengisi daya saat smartphone jatuh

    Jangan mengisi daya smartphone saat jatuh karena bisa membuat komponen elektronik rusak.

  8. Gunakan aplikasi anti-virus

    Instal aplikasi anti-virus untuk melindungi smartphone dari virus dan malware yang bisa merusak software.

  9. Jangan mengisi daya dengan adapter USB tidak resmi

    Gunakan adapter daya resmi untuk mengisi daya smartphone untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik.

  10. Jangan memaksakan aplikasi

    Jangan memaksakan aplikasi yang berat atau menjalankan aplikasi yang tidak diperlukan. Hal ini bisa membuat smartphone menjadi lelah dan mempercepat kerusakan pada komponen elektronik.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

2 Komentar untuk "Lebih Baik Ganti LCD atau Beli HP Baru? Ini Yang Harus Kamu Lakukan"

  1. Kebetulan saya lagi bingung, saya ada hp samsung seri S8, kebetulan baterai kembung. Ketika dibawa ke servis center, dibilang kemungkinan ada resiko pecah LCD pada saat dilakukan pembongkaran karena ada sedikit retak dipojok kanan atas layar. Sebaiknya gmn ya bang, ttp saya servis dgn resiko LCD kena atu ganti hp baru yang nilainya sama dgn harga LCD tsb, sama-sama 2-3 jt. Maksih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini termasuk seri TAB Galaxy S8 bukan? jika garansi masih tersedia, mengapa tidak. Beda cerita jika garansi sudah habis, kamu bisa tanya ditempat service yang lain, karena biasanya jika permasalahan hanya mengganti baterai harusnya tidak perlu sampai mengganti LCD. Tetapi jika tampilan kerusakan pada layar sudah sangat parah, hal ini juga tidak memungkinkan untuk mengganti part tersebut

      Hapus

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel