Iklan Header

Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023

Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023

Perkembangan era digital saat ini sangat mempermudah pekerjaan kita. Sudah banyak hadir belakangan ini aplikasi populer seperti mengubah kita menjadi animasi secara instan, menjernihkan foto yang buram, hingga aplikasi terminal yang bisa digunakan pada smartphone android. Nah kali ini yang akan kita bahas yakni salah satu terminal yang cukup populer untuk digunakan di Android.

Terminal adalah program yang memungkinkan Anda mengakses sistem operasi dengan menggunakan perintah teks. Terminal menyediakan akses langsung ke sistem operasi yang memungkinkan Anda menjalankan perintah, mengakses file, dan melakukan banyak tindakan lainnya dengan menggunakan perintah teks.

Di sistem operasi seperti Linux, terminal merupakan bagian dari lingkungan antarmuka pengguna yang memungkinkan Anda mengakses sistem operasi dengan menggunakan perintah teks. Terminal juga tersedia di sistem operasi lain, seperti macOS dan Windows.

Anda dapat menggunakan terminal untuk melakukan banyak tindakan, seperti menjalankan perintah sistem, mengedit file, mengakses jaringan, dan banyak lagi. Terminal juga dapat digunakan untuk menjalankan skrip atau program yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti Bash, Python, atau Java.

Sudah banyak aplikasi terminal yang tidak hanya bisa digunakan pada pc saja, melainkan di system android. Nah salah satu yang kitan bahas yakni aplikasi terminal bernama termux. Ada yang sudah tau apa itu termux? Jika tidak, berikut ini ada penjelasan lengkapnya.

Termux adalah sebuah aplikasi terminal dan lingkungan pengembangan terpadu (IDE) yang berjalan di sistem operasi Android. Aplikasi ini menyediakan terminal yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah-perintah Linux, serta menyediakan paket-paket dan alat-alat pengembangan yang bisa digunakan untuk menulis, menguji, dan membangun aplikasi.

Dengan Termux, Anda bisa mengakses dan mengelola file di perangkat Android Anda, menjalankan perintah-perintah bash dan shell script, menginstall dan menjalankan aplikasi Linux, serta menggunakan aplikasi dan alat pengembangan untuk menulis dan menguji aplikasi.

Termux juga menyediakan paket manajer yang bisa digunakan untuk mencari, menginstall, dan memperbarui paket-paket yang dibutuhkan. Dengan paket manajer ini, Anda bisa dengan mudah menginstall aplikasi tambahan, bibliotek, dan alat-alat pengembangan yang dibutuhkan untuk proyek Anda.

Overall, Termux adalah aplikasi yang sangat berguna bagi para pengembang dan pengguna yang ingin mengakses dan mengelola sistem operasi Android mereka melalui terminal. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan beragam tugas seperti menjalankan perintah-perintah Linux, menulis dan menguji aplikasi, serta mengelola file dan folder di perangkat Android Anda.

Setelah mengetahui pengertian terminal dan aplikasi terminal termux, dibawah ini ada seluruh perintah yang tersedia pada aplikasi terminal. Peran perintah-perintah ini sangat penting untuk bisa kamu ingat dan gunakan dalam mengoperasikan terminal di android ini.

baca juga: Mengenal Cara dan Fungsi Github, Cara Daftar Github Lengkap

Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023

Untuk bisa mengoperasikan aplikasi terminal termux, dibutuhkan beberapa perintah atau command yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan aplikasi termux. 

Berikut adalah daftar perintah-perintah yang tersedia di Termux:

  1. pkg update - Memperbarui daftar paket yang tersedia
  2. pkg upgrade - Memperbarui paket yang telah terinstall
  3. pkg search <nama paket> - Mencari paket di repositori
  4. pkg install <nama paket> - Meninstall paket baru
  5. pkg uninstall <nama paket> - Menghapus paket yang telah terinstall
  6. pkg list-all - Menampilkan daftar semua paket yang tersedia di repositori
  7. ls - Menampilkan daftar file dan folder dalam direktori yang sedang dibuka
  8. cd <nama folder> - Masuk ke folder yang dituju
  9. cd .. - Kembali ke folder sebelumnya
  10. pwd - Menampilkan lokasi folder yang sedang dibuka
  11. mkdir <nama folder> - Membuat folder baru
  12. cp <nama file> <tujuan> - Menyalin file ke lokasi yang dituju
  13. mv <nama file> <tujuan> - Memindahkan file ke lokasi yang dituju
  14. rm <nama file> - Menghapus file
  15. rm -rf <nama folder> - Menghapus folder dan semua isi didalamnya
  16. touch <nama file> - Membuat file baru
  17. clear - Membersihkan layar terminal
  18. cat <nama file> - Menampilkan isi file
  19. echo "<teks>" > <nama file> - Membuat atau menimpa file dengan isi yang ditentukan
  20. nano <nama file> - Membuka editor teks sederhana untuk mengedit file
  21. man <nama perintah> - Menampilkan manual perintah yang ditentukan
  22. history - Menampilkan sejarah perintah yang telah dijalankan
  23. exit - Keluar dari Termux

Ini hanya beberapa perintah yang tersedia di Termux. Selain itu, ada banyak perintah yang bisa digunakan untuk melakukan beragam tugas, tergantung pada aplikasi yang telah diinstall di Termux. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang perintah-perintah yang tersedia di Termux, Anda bisa menggunakan perintah man atau --help setelah nama perintah untuk menampilkan manual atau bantuan perintah tersebut yang bisa kamu baca untuk mendapatkan segala masalah seperti error yang terjadi saat perintah berlangsung.

Setelah mengetahui Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023, kamu sudah pasti mengerti cara menggunakannya bukan? sangat mudah memang. Namun jika aplikasi termux tidak bisa kamu install, maka jangan khawatir. Karena berikut ini ada beberapa aplikasi terminal yang fungsi dan penggunannya mirip sekali dengan termux.

Beberapa Aplikasi Yang Mirip Dengan Termux Untuk Anda Coba Adalah:

Beberapa aplikasi yang mirip dengan termux ini bisa kamu gunakan ketika termux itu sendiri tidak bisa diinstall.

GnuRoot Debian: aplikasi ini menyediakan lingkungan Linux Debian yang dapat dijalankan di Android.

Kali Linux Nethunter: aplikasi ini adalah distribusi Linux yang didesain khusus untuk pentesting (tes keamanan) yang dapat dijalankan di Android.

AndroLinux: aplikasi ini menyediakan lingkungan Linux yang dapat dijalankan di Android, dengan beberapa distribusi seperti Arch Linux, Kali Linux, dan Ubuntu yang tersedia.

UserLAnd: aplikasi ini memungkinkan Anda menjalankan distribusi Linux pada Android dengan mudah, termasuk distribusi seperti Ubuntu, Debian, dan Fedora.

AnLinux: aplikasi ini menyediakan lingkungan terminal Linux yang dapat dijalankan di Android, dengan beberapa distribusi seperti Arch Linux, CentOS, dan Fedora yang tersedia.

Semua aplikasi ini memungkinkan Anda menjalankan perintah Linux dan mengakses fitur yang sama seperti yang Anda temukan di Termux. Namun, mungkin ada perbedaan dalam tingkat kemudahan penggunaan dan kompatibilitas dengan perintah dan paket yang tersedia.

Itu saja tadi tentang Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023 yang bisa kamu ketahui untuk mengoperasikan terminal di android yaitu termux.

Bagikan informasi diatas kepada teman, kerabat, atau saudara kamu yang ingin menjalankan terminal di android karena tidak sempat membuka pc laptop.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Command atau Perintah Termux Lengkap 2023"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel