Iklan Header

8 Hal Penting Yang diPerhatikan Ketika Ingin Membeli HP Baru

8 Hal Penting Yang diPerhatikan Ketika Ingin Membeli HP Baru

Smartphone android kini menjadi alat elektronik yang penting untuk kita miliki saat ini. Semua dapat dilakukan dengan handphone genggam tersebut.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan telepon genggam seperti komunikasi jarak jauh, saling melakukan video call, mendapatkan informasi secara cepat seperti berita terkini.

Disetiap smartphone android memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu harus mempersiapkan banyak hal seperti aktivitas yang kamu butuhkan. Apakah kamu hobi bermain game, hobi melakukan foto shoot, hobi multitasking untuk buka banyak aplikasi sekaligus.

Tentu disetiap aktivitas diatas memiliki spesifikasi yang berbeda. Misalnya jika kalian memilih hp smartphone yang kuat main game, maka pasti kualitas kamera nya akan menurun. 

Sebaliknya juga yaitu saat memilih kualitas kamera yang bagus, maka performa dalam bermain game tidak semulus yang kalian bayangkan. Namun jika kamu ingin multitasking untuk buka banyak aplikasi sekaligus, kamu bisa memilih spesifikasi hp android yang sama dengan performa game.

Ada banyak tips penting yang perlu kamu ketahui sebelum membeli hp. Daripada menyesal setelah membeli, lebih baik kalian memahami jenis hp yang akan kalian gunakan.

Namun jangan khawatir, berikut ini ada 8 Hal Penting Ketika Ingin Membeli HP Baru.

baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bergerak Dengan Sendirinya

8 Hal Penting Ketika Ingin Membeli HP Baru

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencari ponsel yang akan dibeli, termasuk:

1. Budget

Hal pertama ketika ingin membeli hp baru ialah Budget. Apa itu budget? Budget bisa dibilang berapa banyak uang yang akan kamu keluarkan secara maksimal.

Tentukan dulu berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk membeli ponsel, agar Anda bisa memilih ponsel yang sesuai dengan budget Anda.

2. Layar

Hal kedua saat ingin membeli hp baru yaitu jenis layar smartphone android. Pastikan untuk memilih ponsel yang memiliki layar yang cukup besar dan memiliki resolusi yang tinggi, agar Anda bisa menikmati pengalaman menonton video atau bermain game yang lebih baik.

Terkadang ada beberapa jenis layar android yang berwarna rada kuning seperti varian Realme dan Infinix. Lebar dari masing-masing smartphone android itu berbeda, maka kalian tentukan sendiri sesuai kebutuhan.

3. Kamera 

Tips ketiga ketika ingin beli hp baru yaitu Kamera. Jika Anda menyukai fotografi, pastikan untuk memilih ponsel yang memiliki kamera yang bagus, baik untuk foto maupun video.

Hal ini tentu menjadi sangat penting jika kamu memiliki aktivitas memotret segala hal seperti makanan, tempat wisata, dan lain sebagainya. Hp dengan kualitas kamera yang bagus saat ini sudah banyak. Seperti seri Oppo dengan fitur mempercantik saat selfie atau Samsung dengan super zoom nya yang membuat saat di zoom gambar tidak pecah meskipun berjarak sangat jauh.

4. Baterai

Tips penting lainnya yaitu Baterai, Jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas baterai ponsel yang akan Anda beli, agar Anda bisa menggunakannya selama lebih lama tanpa harus terus-terusan mengisi ulang.

Apalagi jika kapasitas baterai yang sangat sedikit, tentu kamu akan ribet sendiri untuk selalu menyediakan powerbank.

Untuk mendapatkan ponsel dengan baterai yang tahan lama selama seharian, maka kamu bisa mencari kapasitas baterai sebesar 5000 mAH seperti produk Infinix s11. Namun biasanya hp dengan kapasitas baterai seperti ini harganya melebihi 1,7 juta rupiah. 

Sehingga kamu bisa memilih kapasitas baterai 3500 sampai 4500 untuk mendapatkan sedikit perubahan harga yang jauh lebih terjangkau.

5. Fitur tambahan

Hal penting kelima terletak pada fitur tambahan, Jika Anda memiliki kebutuhan tertentu, seperti hp yang memiliki fitur waterproof atau fitur pemindai sidik jari, pastikan untuk memilih ponsel yang memiliki fitur tersebut.

Karena tidak semua smartphone android memiliki fitur istimewa tersebut. Untuk fitur wateproof atau tahan terhadap air bisa kamu temukan pada produk Samsung keluaran jenis baru (bukan paling terbaru). 

Fitur ini tentu akan membantu kamu jika terjadi celaka hp android nyemplung kedalam air seperti bak mandi, selokan, ataupun sungai. Hp tidak akan mati atau merusak sistem karena hp yang sudah dirancang dengan hampir tidak ada celah sedikitpun untuk masuknya air kedalam hp.

Selanjutnya untuk fitur tambahan seperti pemindai sidik jari, kamu tidak perlu khawatir karena smartphone android yang diproduksi diatas tahun 2019 semua sudah menggunakan fitur sidik jari. Fitur sidik jari berfungsi untuk membuat kamu tidak ribet saat mengoperasikan hp android. 

Kamu bisa langsung menempelkan sidik jari untuk membuka password hp, membuka kunci wallet penyimpan uang seperti mbanking (jika tersedia), dan tentunya membuat smartphone android kamu menjadi lebih aman.

6. Dukungan Pembaruan

Tips penting nomer enam yakni Dukungan Pembaruan. Pastikan untuk memilih ponsel yang akan mendapatkan pembaruan secara rutin dari produsen atau developer pembuat hp, agar Anda bisa menikmati fitur terbaru dan keamanan yang terbaik.

Selain menikmati fitur pembaruan, kamu juga akan mendapatkan interface UI yang lebih baik dari sebelumnya. Fitur dukungan pembaruan seperti ini memperbaiki bug atau error yang sebelumnya kalian temukan pada ponsel kalian. Seperti misalnya akan terjadi force close ketika akan mengatur alarm, nanti hal ini akan segera di perbaiki dengan pembaharuan. 

Bagaimana cara kita mendapatkan pembaruan? jangan khawatir, notifikasi pembaruan akan muncul pada layar utama sehingga kamu akan melihatnya.

7. Ulasan 

Hal ketujuh yaitu ulasan, baca ulasan ponsel yang ingin Anda beli, baik dari pengguna lain maupun dari situs web yang mengulas ponsel, agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang ponsel tersebut.

Kamu juga bisa mengunjungi grup-grup facebook yang biasanya membahas merk tertentu. Misalnya kalian bergabung grup Komunitas Oppo Indonesia untuk mencari tau tentang ponsel yang berfokus kepada kamera. Atau kalian bisa gabung ke grup lain seperti Samsung, Xiaomi, maupun iPhone.

Saran dari kami, kamu bisa masuk ke grup yang menyeluruh seperti Komunitas Android Indonesia, jadi kamu tidak perlu gabung ke merk hp tertentu. Kamu bisa langsung tanyakan ke grup mengenai semua merk android tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menanyakan jika merasa kesulitan mengoperasikan hp android kamu. Seperti terjadi error lalu kamu ingin memperbaikinya sendiri.

8. Dukungan Garansi

Pastikan untuk memilih produsen yang menawarkan dukungan Garansi yang baik, agar Anda bisa mendapatkan bantuan jika terjadi masalah dengan ponsel Anda. 

Jika kamu memiliki masa aktif garansi yang sedang berlangsung pada hp android kamu, maka kamu tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada ponsel. 

Kamu juga tidak perlu mengeluakan biaya sepeserpun dalam arti bahwa garansi kamu masih hidup. Garansi menjadi aset yang sangat penting dimiliki oleh sebuah hp.

Akan tetapi, garansi tidaklah bertahan selamanya. Biasanya garansi paling cepat pada ponsel yang baru dibeli berkisar 1 tahun dan paling lama bisa selama 3 tahun tergantung merk hp yang kamu beli.

Itu saja tadi tentang 8 Hal penting yang diperhatikan ketika ingin membeli hp baru yang bisa kamu praktekkan.

Bagikan juga informasi diatas kepada teman, kerabat, atau saudara kamu yang ingin membeli hp baru.

Dapatkan informasi artikel terbaru Jelajah Android yang akan kami kirim via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Hal Penting Yang diPerhatikan Ketika Ingin Membeli HP Baru"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan serta santun, Terima kasih dan silahkan berkomentar..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel